PROJECT PROGRAM SEKOLAH UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI LITERASI KEWIRAUSAHAAN DI SDN 29 KOTA SELATAN

Authors

  • Hamida Ombili Universitas Negeri Gorontalo
  • Mutiara Damayanti Doloan Universitas Negeri Gorontalo
  • Sunarti Rauf Universitas Negeri Gorontalo
  • Abdul Rahmat Universitas Negeri Gorontalo
  • Rusmin Husain Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i3.377

Keywords:

Profil pelajar pancasila , Literasi kewirausahaan

Abstract

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Dimensi-dimensi tersebut menunjukkan bahwa profil pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif.Penerapan profil pelajara pancasila melalui literasi kewirausahaan dengan memanfaatkan boto aqua bekas menjadi tabungan target.Literasi kewirausahaan merupakan pemahaman seseorang terhadap wirausaha dengan berbagai karakter positif, kreatif, dan inovatif.

References

Abdul Rahmat, M. M. . G. U. N. G. (2019). Model Partisipasi Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. 62–71.

Aiman Faiz, Muhamad Parhan, dan Rizki Ananda 2022. Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. Link : https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410

Alfiyan, A. R., M.Qomaruddin, & Alamsyah, D. P. 2019. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Kajian Ilmiah. Vol. 19, No. 2. Hal: 175-181

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. 2017. Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). Journal of Innovation Dan Entrepreneurship. Vol. 02, No. 03. Hal: 291–314.

Ismail Marzuki, M. Lutfi Oktarianto 2022. Di, P., Sd, U. P. T., & Gresik, N. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat BARU BAGI SEKOLAH PENGGERAK TERKAIT ASESMEN JURNAL CEMERLANG : Pengabdian pada Masyarakat. 4(2), 300–309. Link : https://doi.org/10.31540/jpm.v4i2.1632

LINDA RACHMONA ZULATSARI, M., & SOESATYO, Y. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3), 157–160.

Melyana, I. P., Rusdarti, & Pujiati, A. 2015. Pengaruh Sikap dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Melalui Self-Efficacy. Journal Of Economic Education. Vol. 4, No. 1. Hal: 8–13.

Ningrum .M.A. Suryanti& Wiryanto.(2022). Penerapan sistem zonasi kebijakan baru berdasarkan perspektif orang tua sebagai upaya pemerataan pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. 8(3),932-940. Link :https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2661

Putri, R. D., Megasari, R., Rachmawati, D., & Inayati, R. (2021). Literasi Kewirausahaan Dan Munculnya Wirausaha Mahasiswa: Apakah Ada Hubungan? Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 17(3), 251–259. https://doi.org/10.31940/jbk.v17i3.251-259

Puspitaningsih, F. 2014. Pengaruh Efikasi Diri dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Melalui Motivasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan. Vol. 2, No. 2. Hal: 224–236.

Nursito, S., & Nugroho, A. J. S. 2013. Analisis Pengaruh Interaksi Pengetahuan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Intensi Kewirausahaan. Jurnal Kiat Bisnis. Vol. 5, No. 3. Hal: 201–211.

T.Amiruddin. (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.

Trisnawati, N. 2014. Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Dukungan Sosial Keluarga pada Minat Berwirausaha Siswa SMK NEGERI 1 PAMEKASAN. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 2, No. 1. Hal: 57– 71.

Tursunbaevich, B. B., & Rahmat, A. (2021). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 161 The Impact of The Pandemic on The Economy of The Republic of Uzbekistan. 01, 161–168

Published

2022-12-11

How to Cite

Hamida Ombili, Mutiara Damayanti Doloan, Sunarti Rauf, Abdul Rahmat, & Rusmin Husain. (2022). PROJECT PROGRAM SEKOLAH UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI LITERASI KEWIRAUSAHAAN DI SDN 29 KOTA SELATAN. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 75–79. https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i3.377

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.