MENGEMBANGKAN KREATIVITAS KEPEMIMPINAN SISWA DENGAN MENGANYAM BERBAHAN BARANG BEKAS DI SDN 22 DUNGINGI
DOI:
https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i3.378Keywords:
Kepemimpinan, Kreativitas, MengayamAbstract
Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dalam hal ini para bawahan sedemikian rupa sehingga orang lain mau melakukan kehendak Pemimpin meskipun secara pribadi hal ini mungkin tidak disenangi. Dalam penelitian ini kami dapat mengetahui perkembangan kreativitas kepemimpinan siswa dengan menganyam berbahan barang bekas pada siswa kelas V di SDN 22 Dungingi. untuk peneliti sendiri dapat mengetahui perkembangan yang terjadi setelah menerapkan program yang telah dibuat dan mengetahui potensi kepemimpinan yang dimiliki siswa. Metode yang kami gunakan dalam proyek ini adalah metode pengamatan observasi, dengan disertai pencatatan-pencatatan terhadap keadaan atau prilaku objek sasaran, mengolah data dan membuat kesimpulan dari kegiatan yang dilaksanakan. Hasil dari proyek yang kami jalankan di SDN 22 Dungingi Kota Gorontalo adalah anyaman dari plastik bekas yang menjadi tas. Berdasarkan hasil di lapangan dengan pengamatan dan observasi menunjukkan bahwa di kelas V SDN 22 Dungingi masih ada beberapa siswa yang kurang kreatif dan kurangnya kebersamaan.
References
Abdul Rahmat, M. M. . G. U. N. G. (2019). Model Partisipasi Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. 62–71. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Adinugraha, H. H. et al. (2020). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa Sebagai Sarana Pengembangan Bakat Kepemimpinan Siswa. Jurnal Pengabdian …, 5(4), 1–7. http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/653%0Ahttp://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/download/653/371
Agustina, R., Sunarso, A., & Artikel, I. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Peningkatan Kreativitas Pada Mata Pelajaran Sbk. Joyful Learning Journal, 7(3), 75–79.
Bulturbayevich, M. B., Rahmat, A., & Murodullayevich, M. N. (2021). Improving Teacher-Student Collaboration And Educational Effectiveness By Overcoming Learning Challenges. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 153. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.153-160.2021
Harahap, S. (2017). Pengaruh kepemimpinan islami dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Syariah Mandiri, Tbk Kantor Cabang Pembantu Sukaramai Medan. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(2), 253-270.
Oktafia, C., Sari, R. P., Ariska, A., & Yusniar, S. D. (2022). Pendidikan jiwa kepemimpinan di sekolah. 1(7), 517–522.
Pujiyanto, H. (2021). Metode Observasi Lingkungan dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa MTs. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 749–754. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.143
Putra, N. L. J. 2018. "Upaya Pembentukan Jiwa Kepemimpinan Peserta Didik melalui Kegiatan Paskib.” Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 10(1), 32–50.
Raihan, R. (2015). Konsep kepemimpinan di dalam masyarakat Islam. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 21(1), 13-26
Sucihatingsih. 2007. Jantung kreatifitas guru dalam menyongsong program sertifikasi dan pendidikan profesi. Jurnal pendidikan ekonomi.2(2). 26- 257