PENGARUH KUALITAS PRODUK, GAYA HIDUP, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Authors

  • Shiffa Rizky Aulia Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta
  • Krisna Mutiara Wati Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1610

Keywords:

Citra Merek, Gaya Hidup, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

Abstract

Persaingan ketat di pasar ponsel pintar menuntut perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. iPhone sebagai produk teknologi tinggi, dihadapkan pada tantangan untuk mempertahankan daya tariknya di tengah meningkatnya ekspektasi konsumen. Kualitas produk, gaya hidup, dan citra merek menjadi elemen penting yang diyakini berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana ketiga faktor tersebut mempengaruhi keputusan pembelian iPhone di Daerah Isimewa Yogyakarta. Dengan harapan dapat memberikan wawasan bagi perusahaan dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif. Metode analisis penelitian menggunakan sumber data primer dengan jenis penelitian diskriptif kuantitatif menggunakan alat bantu pengujian SPSS 27. Uji yang dilakukan meliputi uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi. Data yang digunakan diperoleh menggunakan kuesioner penelitian kepada 162 orang responden secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, gaya hidup, dan citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian iPhone di Daerah Istimewa Yogyakarta.

References

A Parasuraman, Zeithaml Valarie A, & Berry Leonard. (1988). Servqual: AMultiple-Item Scale For Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing.

Abdullah. (2022). WhatsApp will no longer work on these smartphones - full list [update]. https://www.gizchina.com/2022/12/25/whatsapp-will-no-longer-work-on-these-smartphones/

Aeker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name.

Aina, O. :, Alfazirah, R., Rachma, N., & Budi Primanto, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB Unisma Angkatan 2018). www.fe.unisma.ac.id

Alkemega, S., & Ramadhan, M. F. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Iphone (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bandar Lampung). Jurnal EMT KITA, 7(2), 462–472. https://doi.org/10.35870/emt.v7i2.1113

Amstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2015). Principles Of Marketing (6th ed.).

Annur Cindi Mutiara. (2022). Apa yang Membuat Konsumen Setia Pakai iPhone? Ini Surveinya. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/26/apa-yang-membuat-konsumen-setia-pakai-iphone-ini-surveinya

APJII. (2024). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://survei.apjii.or.id/tentang

Ardiatama, E., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualiyas Produk, Promosi, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Eiger.

Arif, M., & Khairi Siregar, I. (2020). Purchase Decision Affects, Price, Product Quality and Word Of Mouth. International Journal of Economic, 2.

Arini, A. T. (2012). Persepsi Risiko di Indonesia: Tinjauan Kualitatif Sistematik. 20(2), 66–81.

Aurelia, J., Bagus, G., & Wriyakusuma, Y. (2022a). Pengaruh kualitas produk, gaya hidup, dan citra merek terhadap keputusan pembelian iPhone di kota Surabaya.

Aurelia, J., Bagus, G., & Wriyakusuma, Y. (2022b). Pengaruh kualitas produk, gaya hidup, dan citra merek terhadap keputusan pembelian iPhone di kota Surabaya.

Ayuk, K., Oktavenia, R., Gusti, I., Ketut, A., & Ardani, S. (2019). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone Nokia dengan citra merek sebagai pemediasi. 8(3), 1374–1400. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i3.p8

B Darma. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2).

Belk, R. W. (1988). Possessions and the Extended Self. http://jcr.oxfordjournals.org/

Bilson, & Simamora. (2011). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel (Bilson & Simamora, Eds.). PT. Gramedia.

[BPS], B. P. S. (2022). Telecommunication Statistics in Indonesia (Statistik Telekomunikasi Indonesia) 2019. BPS-Statistics Indonesia, 1, 359p. https://www.bps.go.id/id/publication/2023/08/31/131385d0253c6aae7c7a59fa/statistik-telekomunikasi-indonesia-2022.html

Dembo, T. (1976). The dynamics of anger. In Field theory as human-science. Dembo, T. 1976. The Dynamics of Anger. In Field Theory as Human-Science, Ed. J. De Rivera, 324–422. New York: Gardner Press. (Original Work Published 1931).

Dewi Wayan Weda Asmara. (2022). Teori Perilaku Konsumen. UB Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=RbyfEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=teori+Gender+dan+Perilaku+Konsumen+&ots=-VHobIz4tU&sig=Ni37ZPndSvVaHsuvZDEtzj8Slvk&redir_esc=y#v=onepage&q=teori%20Gender%20dan%20Perilaku%20Konsumen&f=false

Dudovskiy John. (2023). Apple Segmentation, Targeting and Positioning - Research-Methodology. https://research-methodology.net/apple-segmentation-targeting-and-positioning/#google_vignette

Evelina, N., Dw, H., Listyorini, S., Administrasi, J., & Fakultas, B. (2012). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus).

Evy Widiastuti, I., Manar Barmawi, M., Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, S., & -Indonesia, Y. (2020). CAKRAWANGSA BISNIS Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone pada Mahasiswa STIM YKPN Yogyakarta. 1(1). http://journal.stimykpn.ac.id/index.php/cb

Fan Qingji. (2019). Relationship among China’s country image, corporate image and brand image: A Korean consumer perspective.

Febrianty, E., Pudjoprastyono, H., & Ariescy, R. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone: Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2870–2881. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.4227

Galloway, S. (2017). DNA tersembunyi Amazon, Apple, Facebook, dan Google.

Ghozali, & Imam. (2018). Aplikasi analisis multivariatedengan program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.

Hair, J. F., Black Barry J Babin, W. C., & Anderson, R. E. (2010). Overview of Multivariate Methods.

Hardesty, D. M., & Bearden, W. O. (2009). Consumer Behavior and Retailing.

Hawari, M. T. (2022). Premium on a Budget: Second-hand iPhones in Indonesia. International Journal of Current Science Research and Review, 05(02). https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V5-i2-10

Herlambang, A. S. D., Komara, E., Produk, K., Pelayanan…, K., & Sulistyo Herlambang, A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan).

Hofstede, G. (1984). Cultures’s Consequences: Internasional Differences in Work Related Values.

John Dudovskiy. (2023). Apple Segmentation, Targeting and Positioning - Research-Methodology. https://research-methodology.net/apple-segmentation-targeting-and-positioning/#google_vignette

Kaharuddin, E. K., Haeruddin Muh. Ikhwan Maulana, & Musa, M. I. (2023). Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian iPhone (studi kasus pada mahasiswa program studi manajemen fakultas ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Khairunnisa Rahmah, & Luh Made Wisnu Satyaninggrat. (2023). The The Effect of Consumer Characteristics and Lifestyle toward Purchase Decision. Journal of Consumer Sciences, 8(3), 395–413. https://doi.org/10.29244/jcs.8.3.395-413

Kiki Eka Setyawati, Oktori Kiswati, & Yuary Farradia. (2021). Pengaruh citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian motor honda vario (Studi kasus pada CV kirana motorindo jaya).

Kotler, P. & A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Bob Sabran, Ed.; 12th ed., Vol. 1). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management.

Kotler Philip, & Keller Kevin Lane. (2016). Marketing Management.

Krypton, A. (2020). Pengaruh asosiasi merek terhadap keputusan pembelian konsumen iPhone (STUDI KASUS MAHASISWA/I PROGRAM PENDIDIKAN VOKASI UI). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 3(1).

Kumbara Vicky Brama. (2021). Determinasi nilai pelanggan dan keputusan pembelian: analisis kualitas produk, desain produk dan endorse.

M Everrett, Rogers, Singhal Arvind, M Margaret, & Quinlan. (2008). An Integrated Approach to Communication Theory and Research.

Mah Kimberly. (2024). Sumber: Percakapan dengan First Officer, 16 Juni 2024 (1) Sejarah Apple Inc. - Wikipedia. https: //en.wikipedia.org/wiki/History_of_Apple_Inc. . - Search. https://www.bing.com/search?pglt=41&q=Sumber%3A+Percakapan+dengan+First+Officer%2C+16+Juni+2024+(1)+Sejarah+Apple+Inc.+-+Wikipedia.+https%3A+%2F%2Fen.wikipedia.org%2Fwiki%2FHistory_of_Apple_Inc.+.&cvid=54db40debc514309b6cb27c1685f7659&gs_lcrp=EgZjaHJvbWUyBggAEEUYOTIGCAEQRRg60gEIMTM5NWowajGoAgiwAgE&FORM=ANNTA1&PC=LCTS

Mardiatmoko, G. (2020). Pentinnya uji asumsi klasik pada analisis regresi sederhana. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333–342. https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss3pp333-342

Miftahul Janna, N. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas menggunakan SPSS.

Monica Wolff, Willem J. F. A. Tumbuan, & Debry Ch. A Lintong. (2021). Pengaruh gaya hidup, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk smartphone merek iPhone pada kaum perempuan milenial di kecamatan Tahuna.

Muniz, A. M., & O’Guinn, T. C. (2001). Brand community. Journal of Consumer Research, 27(4), 412–432. https://doi.org/10.1086/319618

Ni’matul Rihhadatil Aisy. (2023). Baru Saja Rilis, iPhone 15 Sudah Memiliki Sederet Masalah Ini! - Teknologi. https://teknologi.id/apple/baru-saja-rilis-iphone-15-sudah-memiliki-sederet-masalah-ini

Norbaiti dan Rahmi, W. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap keputusan Pembelian Smartphone Iphone di Banjarmasin.

Ollver, R. L. (1980). A Cognitive Model of the Antecedents and Consequences of Satisfaction Decisions.

Pitoyo Agus Joko. (2007). Dinamika Sektor Informal di Indonesia Prospek, Perkembangan, dan Kedudukannya dalam Sistem Ekonomi Makro.

Pramesty, D. W., & Simanjuntak, M. (2020). Intergerational Self Concept, Life Style, Marketing Strategy, and Impulsive Buying. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1), 87–98. https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.87

Putra Satria, A., & Anggrainie, N. (2023). Pengaruh store atmosphere, citra merek, kualitas produk, persepsi harga, gaya hidup dan promosi terhadap keputusan pembelian produk kosmetik halal (Vol. 1, Issue 1). http://jurnal.kolibi.org/index.php/

Riska Anggraini, T. (2022). CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen pengaruh gaya hidup dan brand awarenessterhadap minat beli peserta dampaknya pada keputusan pembelian produk emina (Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2018-2019 Universitas Mulawarman). https://doi.org/10.25273/The

Ritchie Rene. (2018). Sejarah iPhone: Dari Revolusi hingga Hal Besar Berikutnya . https://www.imore.com/history-iphone

Santika Erlina F. (2024). Meski Turun, Nilai Perusahaan Apple Tetap Terbesar Kedua Global per April 2024. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/04/18/meski-turun-nilai-perusahaan-apple-tetap-terbesar-kedua-global-per-april-2024

Saputra, D. A., Marcelina, S., Sari, R. R., Amalia, D. R., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., & Sungkono, U. M. (2023). Pengaruh word of Mouth dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone merek iPhone pada mahasiswa di universitas Mayjen sungkono kota Mojokerto. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v7i2.3951

Sellers Dennis. (2023). Apple iPhone sales up in Indonesia as popularity of higher-priced smartphone. https://www.mactech.com/2023/05/31/apple-iphone-sales-up-in-indonesia-as-popularity-of-higher-priced-smartphones-grows/

Shafira Atilla, B., Retnowati, W., & Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Pemasaran, H. (2024). Pengaruh country of origin dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi. www.id.techinasia.com

Siahaan Mona. (2024). Indonesia: smartphone brands market share 2024 | Statista. https://www.statista.com/statistics/937100/indonesia-market-share-of-leading-mobile-brands/

Somantri, B., & Afrianka, R. (2020). Pengaruh gaya hidup dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk iPhone (Studi Kasus pada Siswa dan Siswi SMAN 3 Kota Sukabumi). 3(1).

Stampfl Ronald W. (1978). The Jounal of Consumer Affairs.

Suci, E., & Wati, K. M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kemudahan Penggunaan, dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pengguna Go Food. In Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis (Vol. 2, Issue 2).

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif.

Suhada, K., Amalia Putri, A., & Samsul Bakhri, A. (2024). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Brand Awareness Grand Sentraland Karawang Dengan Metode Eksplanatori. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 18(4), 32–41. https://doi.org/10.35969/interkom.v18i4.328

Sunarto. (2009). Efektivitas Organisasi.

Surya Pratama, I. (2023). Pengaruh harga, citra merek dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone iPhone Sugiono sekolah tinggi ilmu ekonomi indonesia (STIESIA) Surabaya.

Suwu, C. Y., Tumbel, A. L., Roring, F., Christovel, O. :, Suwu, Y., Tumbel, A. L., Roring, F., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2024). Pembelian iPhone (studi kasus pada Apple store Manado town square) the effect of advertising attarctiveness and brand image on iPhone purchase decision (CASE STUDY AT THE APPLE STORE MANADO TOWN SQUARE).

Swarjana Ketut. (2022). Populasi-sampel, Teknik sampel & bias dalam penelitian - I Ketut Swarjana, S.K.M., M.P.H., Dr.PH - Google Buku. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=87J3EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=+sampel+penelitian&ots=LOEEy52JEw&sig=B3VF3sWshxvcxrf85PgC4NH594w&redir_esc=y#v=onepage&q=sampel%20penelitian&f=false

Tjiptono, F. (2013). Strategi Pemasaran (2nd ed.).

Trends Google. (2024a). beli iphone - Pelajari - Google Trends. https://trends.google.com/trends/explore?date=now%201-d&geo=ID&q=beli%20iphone&hl=id

Trends Google. (2024b). Perbandingan pengguna iPhone dan minat pembelian iPhone. Https://Trends.Google.Com/Trends/Explore?Date=today%201-M&geo=ID&q=pengguna%20iphone,Beli%20iphone&hl=id. https://trends.google.com/trends/explore?date=today%201-m&geo=ID&q=pengguna%20iphone,beli%20iphone&hl=id

Utami, M., Zalianti, R., Kardella Utami, P., & Adha, M. A. (2022). Pengaruh kualitas produk, desain produk, dan harga produk terhadap keputusan pembelian konsumen brand Apple iPhone (Vol. 2). www.merdeka.com

Widya, U., Surabaya, K., & Poerwanto, F. V. (2023). Seminar Nasional Ilmu Terapan (SNITER) ANALISA MINAT BELI YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MEMBELI BARANG BEKAS OLX.

Wikipedia. (2024). iPhone - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/IPhone

Yonatan Agnes Z. (2024). 10 Smartphone Paling Laku di 2024, iPhone Nomor Satu! Goodstats. https://goodstats.id/article/10-smartphone-paling-laku-di-2024-iphone-nomor-satu-3LNMW

Yudishtira. (2023). 10 Kelebihan dan Kekurangan iPhone dibanding Android. https://www.bhinneka.com/blog/kelebihan-dan-kekurangan-iphone/

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Shiffa Rizky Aulia, & Krisna Mutiara Wati. (2024). PENGARUH KUALITAS PRODUK, GAYA HIDUP, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IPHONE DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(2), 84–96. https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1610

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.