PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING, PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP

Authors

  • Sri Nawangsari Universitas Gunadarma
  • Regita Dwi Putri Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v4i2.2093

Keywords:

Live Streaming Shopping, Promo Gratis Ongkos Kirim, Harga, Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis dan ekonomi di era teknologi saat ini mengalami pertumbuhan dan persaingan sangat ketat. Hal ini dikarenakan akses informasi yang menjadi sangat mudah dengan adanya internet. Besarnya jumlah pengguna internet membuat segala aktivitas dapat dilakukan secara online, tidak terkecuali berbelanja. Belanja online merupakan salah satu bagian dari e-commerce. TikTok Shop adalah fitur perdagangan sosial yang memungkinkan pengguna dan pencipta untuk mengiklankan dan menjual produk mereka melalui TikTok. Dimana pengguna dapat berinteraksi langsung dengan penjual sekaligus berselancar di media sosial tanpa harus pindah aplikasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh Live Streaming Shopping, Promo Gratis Ongkos Kirim, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce TikTok Shop secara parsial dan simultan. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah menggunakan data primer yang didapatkan melalui kuesioner yang dikumpulkan dari 100 responden, tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji t, uji f dan uji koefisiensi determinasi (R2). Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS.Hasil penelitian menujukan bahwa secara parsial variabel live streaming shopping, promo gratis ongkos kirim, kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan secara simultan, variabel live streaming shopping, promo gratis ongkos kirim, harga dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

References

Adriana S. Lahus, A. F. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Social Media Marketing. Vol. 2 No. 2 (2023), 2, 107-118.

Ahmadi, F., Sunyoto, S., & Ardiansari, A. (2018). Pengaruh perdagangan online terhadap perilaku masyarakat kota semarang. Jurnal Riptek, 12(2), 107-118.

Alda Octavia Lestari, Sri Nawangsari (2023). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Keragaman Produk Dan Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Make Over (Studi Kasus Pada Konsumen Wanita Di Jabodetabek). Jurnal Jaman Vol 3 No. 2 Agustus 2023.

Andrian, Putra, C. I. W., Jumawan, & Nursal, M. F. (2022). Perilaku Konsumen. Rena Cipta Mandiri.

Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press. Bahri, S. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.

Ayu Dia Puspitasari, D. W. (2023). Pengaruh Media Promosi Tiktok Shop Terhadap Minat Beli Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Uin Suska Riau. Vol 2 No 12 Tahun 2023, 2, 1-14.

Barefoot, D., & Szabo, J. (2010). Friends with benefits: A social media-marketing handbook. No Starch Press.

Belanger, F., Hiller, J. S., & Smith, W. J. (2002). Trustworthiness in electronic commerce : the role of privacy , security , and site attributes. 11, 245–270.

Beneke, J. (2010). Consumer perception of private label brands within the retail grocery sector of South Africa. African Journal of Business Management, 4, 203–220.

Bening, B., & Kurniawati, L. (2019). The Influence of content Marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta. Internasional Conference Technology, Education and Sciences.

D' Gloria Wu, & Laurence Chalip. 2013. Expected Price and User image For Branded and Co Branded. Sport Marketing Quartely, 138-151.

Dewi, S. R., Andari, A., Rahmawati Masitoh, M., & Octaviani, S. (2021). Financial Book Keeping, And Online Marketing Training For Micro, Small And Medium Enterprises. Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 79–86.

Diwyarthi, N. D. M. S., Anggara, F. S. A., Trinanda, O., & Gemilang, F. A. (2022). Perilaku Konsumen.

Get Press. Fitriani, R. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Expreriential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pelaku Usaha di Kecamatan Medan Tembung). Universitas Medan Area.

Febyola Nada, A. R. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Live Shopping Terhadap. Volume 1 Nomor 1 2023, 1, 9-16.

Fitriani, Dian Wulan, Achmad Fauzi DH, and Edy Yulianto. 2017. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Faktor Psikologis Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012/2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Yang Membeli Dan Menggunakan

Galih Ginanjar Saputra, F. (2022). Pengaruh Live Streaming Shopping Instagram Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Vol 4, No 2, November 2022, Hal 442−452, 4, 442-452.

Helina Ananda Putri, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan TikTok Shop Terhadap Loyalitas Konsumen. Vol. 3, tidak. 3 Maret 2024, 3, 195-206.

Keller, & Kotler. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Keller, Kevin L. 2008. Strategic Brand Management Third Edition. New Jersey: Pearson Education International

Marlien, N. I. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga. Volume 5 Issue 1 (2022) Pages 51 - 66, 5, 51-66.

Reza Alfarozi Ritonga, T. R. (2023). Pengaruh Free Ongkir Kirim Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan. Vol.2, No.1 Maret 2023, 2, 73-91.

sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif . In 2017 .

Wijaya, S. F. N. (2022). Pengaruh Live Shopping dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan)

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Sri Nawangsari, & Regita Dwi Putri. (2025). PENGARUH LIVE STREAMING SHOPPING, PROMO GRATIS ONGKOS KIRIM, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TIKTOK SHOP. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 4(2), 51–58. https://doi.org/10.56127/jekma.v4i2.2093

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.