ANALISIS KUALITAS APLIKASI E-LEARNING INFRASTRUKTUR BERBASIS MASYARAKAT BERBASIS WEB MENGGUNAKAN STANDAR ISO 25010
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.506Abstract
Penggunaan aplikasi e-learning tidak hanya dalam sektor pendidikan saja, aplikasi e-learning juga digunakan pada sektor perkantoran, salah satu penggunaanya sebagai media tes online pada kegiatan seleksi dan rekrutmen tenaga kerja. Untuk mengetahui kualitas aplikasi e-learning yang digunakan sebagai media tes online pada pelaksanaan kegiatan rekrutmen dan seleksi tenaga kerja. Maka dilakukan penelitian analisis kualitas aplikasi e-learning berbasis web dengan menggunakan standar ISO 25010. Standar ISO 25010 meliputi 7 aspek yang digunakan, diantaranya functional suitability, reliability, performance efficiency, compatibility, security, portability, dan maintainability. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah aplikasi e-learning berbasis web pada satker Infrastruktur Berbasis Masyarakat). Aplikasi e-learning IBM adalah aplikasi yang digunakan sebagai media tes online pada saat kegiatan rekrutmen dan seleksi tenaga fasilitator lapangan yang diselenggarakan pada tahun 2021. Untuk subjek dari penelitian ini adalah tim pelaksana kegiatan rekrutmen dan seleksi tenaga fasilitator. Analisis kualitas aplikasi dilakukan dengan melakukan wawancara kepada beberapa tim pelaksana kegiatan. Hasil yang didapat dari penelitian tersebut adalah aplikasi memiliki kinerja yang baik berdasarkan aspek security, functional suitability, portability dan maintainability. Sedangkan berdasarkan aspek reliability, performance efficiency dan compatibility kualitas sistem kurang baik dan perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut untuk memaksimalkan kualitas aplikasi.
References
Wirman Syafri, Alwi. 2014. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jawa Barat: IPDN PRESS
Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, Nur Hikmatul Auliya. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif”. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu
Lidia Simanihuruk, Janner Simarmata, Acai Sudirman, M.Said Hasibuan, Meilani Safitri, Oris Krianto Sulaiman,
Rahmi Ramadhani, Syafrida, Hafni Sahir. 2019. “E-Learning: Implementasi, Strategi dan Inovasinya”. Indonesia: Yayasan Kita Menulis
Ajeng Savitri Puspaningrum. 2017. “Pengukuran Kesesuaian Fungsional dengan Pendekatan Berorientasi Tujuan Pada Sistem Informasi Akademik (SIA) Berdasarkan Model Kualitas ISO 25010/IEC 25010”. Tesis Pascasarjana pada Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
Galuh Thirta Al Athur. 2019. “Analisis dan Rekomendasi Sistem E-Tilang SITS Dishub Kota Surabaya Menggunakan Framework ISO 25010”. Skripsi pada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Irfan Alfian. 2017. “Ánalisis Kualitas Sistem Aplikasi M-Library di Perpustakaan Universitas Gadjah Mada”. IR-Perpustakaan Universitas Airlangga.
Muhamad Harum. 2018. “Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak dengan ISO 25010/IEC 25010:2011 (Study Kasus: Aplikasi First AID pada Platform Android)”. Yayasan Akbar Pekanbaru, Jurnal Akrab Juara, Volume 3 Nomor 3.
Agung Kurniawan, Deni Arifianto, Lutfi Ali Muharom. 2018 “Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Mobile Menggunakan ISO 25010 (Studi Kasus: Universitas Muhammadiyah Jember)”. Universitas Muhammadiyah Jember.
Mustari S. Lamada, Alimuddin Sa’ban Miru, Riski Amalia. 2020. “Pengujian Aplikasi Sistem Monitoring Perkuliahan Menggunakan Standar ISO 25010” Jurnal Media TIK: Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Vol.3 No.3
Anugrah Septianto, Kemal Ade Sekarwati. 2019. “The Analysis Of Academic Information System in The Aerospace Air Marshal Suryadarma University Using ISO 25010/IEC 25010”. Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi, Angkasa, Volume XI, Nomor 2.
Handaru Jati. 2016. “Pengembangan dan Analisis Kualitas Aplikasi Penilaian E-Learning SMK Berbasis ISO 19796-1 di Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 6, No 1.