PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN SHOPEE

Authors

  • Nurul Hidayah
  • Dwi Indah ADMI

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.621

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui pengaruh promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee baik secara parsial maupun simultan.  Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui google form kemudian dilakukan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.  Dari pengujian tersebut didapatkan hasil bahwa promosi penjualan dan motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee baik secara parsial maupun simultan.

References

Afif, M., & Purwanto. (2020). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee ID. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, 2, 34- 50.

Agung, H., Marta, R. F., & Christanti. (2021). Dampak Strategi Pemasaran Digital Shopee Terhadap Pembelian Impulsif Produk Kesehatan Selama Pandemi di Indonesia. Jurnal Communication, 12, 122-131.

Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arij, F. N. (2021). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis terhadap Pembelian Impulsif pada Shopee.co.id. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1-16.

Effendi, S., Faruqi, F., Mustika, M., & Salim, R. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Electronic Word Of Mouth dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Pembelian Impulsif pada Aplikasi Shopee. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 17, 22-26.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. Kotler, P., & Keller, K. (2009). Manajemen Pemasaran (Ke13 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kurohman, F. D., & Riva'i, A. R. (2022). Pengaruh Motivasi Hedonis dan Gaya Hidup Berbelanja terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Marketplace Shopee. Manajemen, Universitas Stikubank Semarang, 465-473.

Mowen, J., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga. Purwohedi, U. (2022). Metode Penelitian. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Saragih, C. M., & Pusvitasari, P. (2022). Kecemasan Dengan Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna E-Commerce Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Psikologi, 10, 608-619.

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: FKIP UHAMKA.

Sulistyowati, E., Paningrum, D., & Kusumastuti, A. D. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan dan Motivasi Belanja Hedonik terhadap Impulse Buying di Era Pandemi. Jurakunman, 15, 210-222.

Tumanggor, S., Hadi, P., & Sembiring, R. (2022). Pembelian Impulsif pada E- Commerce Shopee (studi pada konsumen Shopee di Jakarta Selatan). Journal of Business and Banking, 11, 251-270.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Hidayah, N., & Indah, D. (2023). PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN MOTIVASI BELANJA HEDONIS TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN SHOPEE. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.621

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.