PENGARUH HARGA, MEREK, DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK INDOMIE GORENG DI KALANGAN MASYARAKAT DESA GADEL, KECAMATAN TUKDANA, KABUPATEN INDRAMAYU
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.827Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, merek, dan label halal terhadap minat beli produk indomie goreng dengan objek penelitian desa gadel, kecamatan tukdana, kabupaten indramayu. Informasi dan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan 100 responden. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Data diolah dengan software SPSS 25. Hasil uji regresi linier berganda dengan software SPSS 25 mendapatkan hasil bahwa harga memiliki pengaruh yang negatif terhadap minat beli sebesar -0,003 sedangkan untuk merek dan label halal mempunyai pengaruh positif dengan nilai 0,004 dan 0,306. Berdasarkan uji f variabel harga, merek dan label halal berpengaruh signifikan bersama-sama terhadap minat beli dengan nilai f hitung > f tabel 3,378 > 2,70. Minat beli masyarakat akan menurun sebesar -0,003 apabila harga indomie mengalami kenaikan.
References
Ali, A., Xiaoling, G., Sherwani, M., & Hussain, S. (2018). Expanding the theory of planned behaviour to predict Chinese Muslims halal meat purchase intention. British Food Journal, 120(1), 1–17.
Ambali, A. R., & Bakar, A. N. (2013). Ḥalāl food and products in Malaysia: People’s awareness and policy implications. Intellectual Discourse, 21(1).
Chi, H., Yeh, H., & Chien, S. (2011). Applying Theory of Reasoned Action and Technology Acceptande Model to Investigate Purchase Behavior on Smartphone. Journal of International Management Studies, 6(3), 1–11.
Fandos, C., & Flavian, C. (2006). Intrinsic and Extrinsic Quality Attributes, Loyalty and Buying Intention: an Analysis for a PDO Product. British Food Journal, 108(8), 646–662.
Julianti, L. N. (2014). Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) terhadap Minat Beli Konsumen pada Toserba Nusa Permai di Kecamatan Nnusa Padina. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.
Lada, S., Tanakinjal, G., & Amin, H. (2009). Predicting Intention to Choose Halal Products Using Theory of Reasoned Action. International Journal of Islamic and Middle Eastern Finance and Management, 2(1), 66–67.
Listyoningrum, A. (2012). ANALISIS MINAT BELI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP PRODUK YANG TIDAK DIPERPANJANG SERTIFIKAT HALALNYA. 2(1), 40–51.
Rajagopal, S., Ramanan, S., Visvanathan, R., & Satapathy, S. (2011). Halal certification: Implication for marketers in UAE. Journal of Islamic Marketing, 2(2), 138–153.