FAKTOR DETERMINAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE TOKOPEDIA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA KARAWACI
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.828Abstract
Tujuan riset ini adalah menganalisis pengaruh harga, promosi, ulasan produk, dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian. Data yang digunakan dalam riset ini merupakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online dengan memakai google form yang yang dilaksanakan pada 1- 15 Agustus 2022. Jumlah responden 359 orang dengan menggunakan proportional random sampling. Variabel dalam riset ini harga, promosi, ulasan produk, serta gratis ongkos kirim, serta keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan SMARTPLS 3. 0. Hasil riset menunjukkan variabel harga serta promosi mempengaruhi secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia, sebaliknya ulasan produk serta gratis ongkos kirim tidak mempengaruhi secara parsial terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia.
References
Abdilah, M., & Husni, E. (2018). Pengaruh Persepsi Harga Dan Purchase Intention Terhadap Purchase Decision Konsumen Di Babershop ‘X’ Kota Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.
Amalia, R. D., & Wibowo, S. (2019). Analisis Siaran Iklan Dan Gratis Ongkos Kirim Sebagai Tipu Muslihat Di Youtube Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Pada E-Commerce Shopee ) Universitas Telkom. E-Proceeding of Applied Science, 5(2), 571–579.
Arif, D., & Pramestie, D. A. (2021). Pengaruh Promosi Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Di Umaha. Ecopreneur.12, 4(2), 172.
Febriani, N.S. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Universitas Diponegoro.
Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Berbasis Social Media Marketing. PT. Inovasi Pratama Internasional.
Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.
Kotler, P., & Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT. Indeks.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2017). E-commerce 2017. Business, Technology, Society. England: Pearson.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Themba, O. S. (2021). Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Melalui Harga, Diskon, Promo Ongkos Kirim Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi, 5(3), 925–932.
Ariska, Y. I., Yustanti, N. V., & Ervina, R. (2022). Dampak Tagline “Gratis Ongkos Kirim” dan Program Flash Sale pada Marketplace Shoppe untuk Mendorong Impulsive Buying secara Online. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(S1), 109–120.
Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Maker: Jurnal Manajemen, 6(1), 31–42.
Najib, A. G., & Andriana, A. N. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Syntax Fusion, 2(01).
Pramono, A., Eldine, A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan, Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(3), 421.
Balhmar, M. A. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia) Surabaya. Jurnal Riset Dan Manajemen.
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh Harga , Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Jbe, 1(1), 1–10.
Putra, E. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Mahasiswa STIE Pasaman ). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 467–474. https://doi.org/10.31846/jae.v8i3.298