PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN: STUDI EMPIRIS PADA PELANGGAN SCARLETT WHITENING DI WILAYAH BEKASI

Authors

  • Martani Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v2i3.1001

Keywords:

Citra Merek, Kepercayaan Merek, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi

Abstract

Produk skincare saat ini merupakan salah satu produk yang wajib digunakan oleh para wanita untuk mempercantik pada diri mereka. Banyak wanita sekarang yang kurang percaya diri pada kecantikan yang mereka miliki dan pada akhirnya mereka memutuskan untuk perawatan diri supaya mendapatkan penampilan yang sempurna. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan merek, persepsi harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pengguna scarlett whitening di wilayah Bekasi. Sampel yang digunakan sebanyak 115 responden pengguna produk scarlett whitening. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan menggunakan data primer. Tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, citra merek, kepercayaan merek, persepsi harga dan promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variabel kualitas produk, citra merek, kepercayaan merek, persepsi harga dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening.

References

Artika dan Sasi. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol.5, No 7 (Juli).

Astutik, V. P., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Ms. Glow (Studi Kasus pada konsumen produk Skincare MS. GLOW di Kota Semarang). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 7(2), 1065-1069.

Brahim, M. N. E. (2019). Akuntansi dan Keuangan Lembaga (V. Anantya, Ed.; Revisi 2019). Penerbit Andi.

Feny, W. R., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Skincare MS Glow Beautyhome di Demak). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 168-181.

Ghozali, Iman (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1).

Kotler, and Keller. (2017). Marketing Manajement, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc

Lamasi, W. I., & Santoso, S. (2022). The influence of promotion, product quality and brand image towards customer purchase decisions of Wardah cosmetic products. International Journal of Research in Business and Social Science (2147-4478), 11(2), 67-73.

Laraswanti, N., & Setyawati, H. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust dan Variety of Selection Terhadap Minat Beli Body Lotion Scarlett Whitening: Studi Kabupaten Kebumen. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(1), 97-111.

Nitisusastro, (2013). Perilaku Konsumen dalam perspektif kewirausahaan. Alfabeta: Bandung.

Rahmani, R. G. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi pada Somethinc by Irene Ursula) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).

Shinta, A., & Hadisuwarno, H. (2023). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Scarrlet. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 53-67.

Sudaryono. (2014). Budaya dan Perilaku Organisasi. Jakarta : Lentera Ilmu Cendekia

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Sukmawati, D. A. R., Mathori, M., & Marzuki, A. (2022). PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE SOMETHINC: (Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 579-599.

Tjiptono, Fandy. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi

Wardani, K., & Susanto, A. (2020). The impact of brand image and perceived priceon imported halal skincare purchase decision: study on Safi’s consumers in Central Java, Indonesia. International Journal of Science and Business, 4(10), 108-120.

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

Martani. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN: STUDI EMPIRIS PADA PELANGGAN SCARLETT WHITENING DI WILAYAH BEKASI. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 181–188. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i3.1001

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.