PENGARUH BRAND AMBASSADOR, AWARENESS DAN IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI WILAYAH JABODETABEK

Authors

  • Desy Hertinsyana Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v3i1.1224

Keywords:

Brand Ambassador, Brand Awareness, Brand Image dan Keputusan Pembelian

Abstract

Perkembangnya teknologi internet tidak hanya berfungsi sebagai media informasi dan media komunikasi saja, namun juga sebagai tempat jual beli online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh variabel brand ambassador, brand awareness dan brand image baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian pada pengguna e-commerce shopee. Sampel yang dipilih yaitu pengguna yang menggunakan e-commerce shopee di wilayah Jabodetabek. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dengan menyebar kuesioner yang berisi 20 pertanyaan kepada 100 responden. Pengujian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa brand ambassadors secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna e-commerce shopee, brand awareness secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna e-commerce shopee dan brand image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna e-commerce shopee, sedangkan hasil penelitian uji f menunjukkan bahwa brand ambassador, brand awareness dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada pengguna e-commerce shopee.

References

Amanda, N. F., Nst, R. A., & Manurung, E. R. (2021). Analisis Konsep Pemasaran Yang Digunakan Oleh Para Pedagang. Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam, 1(3).

Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 1-14.

Anggraini, C. A., Perbawasari, S., & Budiana, H. R. (2018). Cyberbranding Sebagai Upaya Membangun Brand Awareness Shopee Indonesia: Chindy Ayu Anggraini, Susie Perbawasari, Heru Ryanto Budiana. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(2), 72-86.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39-50.

Aziky, A., & Masreviastuti, M. (2018). Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee. co. id. Jurnal Aplikasi Bisnis, 4(1), 193-196.

Brestilliani, L., & Suhermin, S. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassadors, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(2).

Budi, F. S., & Khuzaini, K. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Brand Ambassadors Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger (Pada Mahasiswa Stiesia Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 8(9).

Faradasya, C. I., & Trianasari, N. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Kpop Stray Kids Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (studi Kasus E-commerce Shopee). eProceedings of Management, 8(2).

Freddy Rangkuti, The Power of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka.

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/01/07/sengitnya-perebutan-takhta-penguasa-e-commerce-di-tanah-air. (Diakses pada tanggal 22 Oktober 2021)

Khotimah, H., & Suryadi, S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Promotion Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi E-commerce Shopee). Jurnal Manajemen Diversifikasi, 1(4), 963-970.

Kotler, P., dan Armstrong, G. 2014. Principle of Marketing. England: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedua belas. Jakarta: ErlanggaR.

Mahisa, R. K., Permadi, L. A., & Darwini, S. (2019). Analisis Pengaruh Tagline dan Brand Ambassadors Terhadap Brand Awareness Telepon Seluler Merek Oppo (Studi Pada Pekerja Kantoran Di Kota Mataram). Jurnal Riset Manajemen, 19(2), 86-97.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71-83.

Nasir, M., & Kusuma, A. H. P. (2019). Kegiatan E-Marketing Sebagai Bentuk Kewiraushaan Dini Bagi Pelajar. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 01-08.

Ridwan, M.B.A, Akdon. 2013. Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta

Ruhamak, M. D., & Husniati, E. (2018). Pengaruh Word Of Mouth, Minat Konsumen Dan Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Pada Pelajar Lembaga Kursus Di Area Kampung Inggris Pare Kediri). EKONIKA: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 3(2), 118-135.

Sriyanto, A., & Kuncoro, A. W. (2019). Pengaruh brand ambassador, minat beli, dan testimoni terhadap keputusan pembelian (studi pada situs jual beli online shop shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur periode februari–april 2018). Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 8(1), 21-34.

Sterie, W. G., Massie, J., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo SHOP Sebagai Distributor Utama Telkomsel di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal bisnis dan manajemen, 4(1).

Susilawati, A. D., Hanfan, A., & Anugrah, F. H. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Ambassador, Word Of Mouth dan Testimony In Social Media terhadap Keputusan Pembelian Hijab Sulthanah di Kota Tegal. DIALEKTIKA: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial, 6(1).

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Desy Hertinsyana. (2024). PENGARUH BRAND AMBASSADOR, AWARENESS DAN IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI WILAYAH JABODETABEK. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 32–43. https://doi.org/10.56127/jekma.v3i1.1224

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.