ANALISIS SWOT MENJADI SEBUAH ALAT STRATEGIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING ORGANISASI: STUDI UMKM RUMAH MAKAN PONDOK RUMBIO

Authors

  • Putri Dita Universitas Bangka Belitung
  • Sari Safitri Universitas Bangka Belitung
  • Indah Noviyanti Universitas Bangka Belitung

Keywords:

Analisis SWOT, Daya Saing Organisasi, Strategi Bisnis, Perencanaan Strategis, Lingkungan Bisnis

Abstract

Dalam lingkungan bisnis semakin ketat, analisis SWOT terbukti berfungsi sebagai alat strategi yang efektif bagi organisasi yang ingin meningkatkan daya saing. Studi ini melihat analisis bagaimana SWOT berfungsi untuk menentukan komponen internal (seperti kekuatan dan kelemahan) dan eksternal (seperti peluang dan ancaman) yang berpotensi mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan. Hasil analisis tersebut, perusahaan dapat mengembangkan strategi yang memanfaatkan sumber daya dan waktu (SO), memanfaatkan waktu untuk memitigasi kelemahan (WO), memanfaatkan sumber daya untuk mencegah ancaman (ST), atau mengembangkan strategi yang tepat, misalnya untuk memitigasi kelemahan dan ancaman (WT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bisnis dapat menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi indikator kinerja utama secara sistematis, serta menyusun strategi yang selaras dengan kondisi lingkungan bisnis untuk meningkatkan daya saing secara berkelanjutan. Meskipun demikian, itu harus dipahami bahwa analisis SWOT hanyalah salah satu aspek dari proses perencanaan strategi yang lebih besar, sehingga integrasi dengan metode analisis lainnya dapat memberikan hasil yang lebih holistik dan mendalam.

References

Ahmad Fitrah Darmawan, & Made Pramono. (2017). 230790167. Ahmad Fitrah Darmawan,.

Christina, M. (2018). Pengambilan Keputusan dalam Menetapkan Strategi Persaingan Usaha Laundry di Dukuh Kupang Surabaya dengan Menggunakan Analisa SWOT.

Delia, Sandy, M., Dwina Sefira, R., & Yulianto, A. (2021). ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING : (STUDY KASUS PADA TOSERBA BORMA MAJALAYA). E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 6(2), 28–38. https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/103

Elyarni, R. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. In Jurnal Metris (Vol. 17).

Fredy Salis Musta Ani, H., Srengseng Sawah, J., & Selatan, J. (2014). GOVERNANCE DALAM PERSPEKTIF AUDITOR INTERNAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMUNGKINAN KEBANGKRUTAN PERUSAHAAN. In Jurnal Liquidity (Vol. 3, Issue 1).

Hasbullah, H., Haekal, J., Prayogi, P. R., Eko, D., Prasetio, A., Buana, M., Meruya, J., No, S., Selatan, M., Kembangan, M., & Sel, J. (2021). BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY USING SWOT ANALYSIS METHOD IN CULINARY INDUSTRY. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(3). https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i3

Haseeb, M., Hussain, H. I., Ślusarczyk, B., & Jermsittiparsert, K. (2019). Industry 4.0: A solution towards technology challenges of sustainable business performance. Social Sciences, 8(5). https://doi.org/10.3390/socsci8050154

Ibarra, D., Bigdeli, A. Z., Igartua, J. I., & Ganzarain, J. (2020). Business model innovation in established SMEs: A configurational approach. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 6(3). https://doi.org/10.3390/JOITMC6030076

Kaleka, A., & Morgan, N. A. (2019). How marketing capabilities and current performance drive strategic intentions in international markets. Industrial Marketing Management, 78, 108–121. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2017.02.001

Maymanah, S. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM PENGELOLAAN DAN PENGEMBANGAN USAHA TOKO AL AZQIA. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(6), 857–866. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.101

Mislan Sihite, & Arifin Saleh. (2019). artikel-4-29-44-peran-kepemimpinan-dalam-meningkatkan-daya-saing-perguruan-tinggi-tinjauan-konseptual.

Mubarok, A., Faturochman, E., Dedy, A., Noor, C. M., & Wiguna, W. (2024). PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP DAYA SAING PADA BANDUNG WALLPAPER. In Jurnal Sains Manajemen (Vol. 6, Issue 1). https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jsm/index

NARYONO, E. (2018). ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING PADA ANUGRAH HOTEL SUKABUMI. www.stiepasim.ac.id

Phadermrod, B., Crowder, R. M., & Wills, G. B. (2019). Importance-Performance Analysis based SWOT analysis.

Prihandono, G., & Amir, M. T. (2024). Implementasi Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi Organisasi dan Daya Saing Perusahaan.

Winarti, E., Purnomo, D., & Akhmad, J. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pulogadung Jakarta Timur. JURNAL LENTERA BISNIS, 8, 38. https://doi.org/10.34127/jrlab.v8i2.319

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Putri Dita, Sari Safitri, & Indah Noviyanti. (2024). ANALISIS SWOT MENJADI SEBUAH ALAT STRATEGIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING ORGANISASI: STUDI UMKM RUMAH MAKAN PONDOK RUMBIO. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 01–10. Retrieved from https://journal.admi.or.id/index.php/JEKMA/article/view/1333

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.