DIGITALISASI DAN PROSES TRANSFORMASI PERUSAHAAN DALAM MENJALANKAN BISNIS DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN SYSTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMEN
Keywords:
Digitalisasi, Kinerja, Otomasi, Pemasaran, Penjualan, SistemAbstract
Pada masa sebelum era 4.0 kebanyakan Perusahaan menjalankan bisnisnya dengan menggunakan pendekatan person to person, dimana interaksi antar manusia mengambil porsi yang sangat besar jika tidak ingin dikatakan merupakan keseluruhan proses pemasran dan penjualan produk barang atau jasa. Proses pemasaran yang dikembangkan dan dilaksanakan mengandalkan pendekatan pribadi antara agen/karyawan Perusahaan secara face-to-face. Hal ini tentu membutuhkan proses yang memakan waktu dan biaya yang tinggi mengingat dalam melaksanakan setiap pertemuan untuk proses pemasaran maupun penjualan produk usaha diperlukan interaksi masnusia yang cukup tinggi agar terjadi pertukaran barang dan jasa yang dibutuhkan pelanggan. Ketika memasuki era 4.0 maka pada era Industri 4.0 yang mulai diperkenalkan sejak 2011 dimaksudkan untuk memodernisasi proses bisnis, terutama pada industri manufaktur. Tidak mau ketinggalan maka perusahaan-perusahaan jasa juga kemudian mulai memikirkan untuk memakai teknoloi digital dalam menjalankan usahanya. Hal ini tentu tidak terlepas dari tujuan dari setiap perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Penggunaan system Customer Management System / CRM merupakan bagian dari perubahan dunia usaha dalam me ingkatkan persaingan untuk tetap dapat mempertahankan dan meningkatkan keuntungan saat ini dan dimasa yang akan datang. Bagaiman pemanfaatan CRM, keunggulan fungsi-fungsinya, hasil yang dapat dicapai dalam implementasinya, kelemahan dan masih banyak lagi hal-hal lain yang dapat dikaji akan dibahas lebih dalam pada tulisan ini.
References
Baharudin, A., Firdaus, K., Kodarudin, A., & Saifudin, A. (2023). Analisis dan perancangan aplikasi Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management) berbasis web di Fresh Market dan Food Plaza PIK dengan menggunakan Metode Spiral. JRIIN: Jurnal Riset Informatika Dan Inovasi, 1(7), 1008–1014.
Chen, I. J., & Popovich, K. (2003). Understanding customer relationship management (CRM): People, process and technology. Business Process Management Journal, 9(5), 672–688.
Ferrer-Estévez, M., & Chalmeta, R. (2023). Sustainable customer relationship management. Marketing Intelligence & Planning, 41(2), 244–262.
Fraihat, B., Abozraiq, A., Ababneh, A., Khraiwish, A., Almasarweh, M., & AlGhasawneh, Y. (2023). The effect of customer relationship management (CRM) on business profitability in Jordanian logistics industries: The mediating role of customer satisfaction. Decision Science Letters, 12(4), 783–794.
Iftika, M. V. P. (2023). ANALISIS CUSTOMER RELANTIONSHIP MANAGEMENT (CRM). Jurnal Pusdansi, 2(4).
Rozi, M. F. (2023). Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Pada PT. Utomo International. OKTAL: Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 2(05), 1355–1363.
Walenta, A. S., Kuswinardi, J. W., Wardani, A. N. K., Efendi, B., & Zulfikhar, R. (2023). Aplikasi Manajemen Hubungan Pelanggan (Customer Relationship Management CRM) dalam Era Digital: Analisis Literatur tentang Keuntungan dan Implementasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22008–22013.
Wardati, N. K., Al Faruq, H. A., Kholidah, A. N., & Andriyanti, F. (2024). Korelasi Customer Relationship Management (CRM) dan Media Sosial pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM). JUSTINDO (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi Indonesia), 9(1), 17–26.
Wilson, H., Daniel, E., & McDonald, M. (2002). Factors for success in customer relationship management (CRM) systems. Journal of Marketing Management, 18(1–2), 193–219.