PENGARUH LIFESTYLE, SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION PRODUK POINT COFFEE DI KOTA SAMARINDA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman)

Authors

  • Ahmad Yunus Universitas Mulawarman
  • Ana Noor Andriana Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v3i3.1636

Keywords:

Lifestyle, Service Quality, Sales Promotion, Repurchase Intention

Abstract

Persaingan industri kedai kopi di indonesia semakin ketat, point coffee perlu mendorong dalam hal mengembangkan strategi yang efisien untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari lifestyle, service quality dan sales promotion terhadap repurchase intention. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif melalui metode asosiatif
dengan menggunakan skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik nonprobability sampling dengan sampel sebanyak 100 responden dari konsumen produk point coffee dikota samarinda Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan Statistical Program for Social Science (SPSS Versi 29) untuk menguji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh signifikan pada lifestyle dan sales promotion terhadap repurchase intention, sedangkan service quality tidak dapat berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Tetapi, secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Penelitian ini membuktikan bahwa konsumen produk point coffee kota samarinda pada mahasiswa Universitas Mulawarman menunjukkan bahwa lifestyle dan sales promotion merupakan faktor penting yang mendorong konsumen untuk membeli kembali produk point coffee.

References

Andriana, A. N., Fourqoniah, F., & Hetami, A. A. (2022). Strategi Mempertahankan Eksistensi Usaha Dalam Menghadapi Perubahan Pola Konsumsi Dan Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 601. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6540

Andriana, A. N., Hijrah, L., Putri, D. A., Putri, W. U., Fauziah, S., & Darus, C. O. (2022). Pelatihan Strategi Social Media Marketing Menggunakan Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(2), 1477. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.7336

Hanaysha. (2018). An Examination Of The Factors Affecting Consumer’s Purchase Decision In The Malaysian Retail Market. Psu Research Review, 2(1), 7–23.

Hasan, A. (2016). Marketing. MEDPress.

Hermawan, S. (2018). Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang. Doctoral Dissertation, Faculty of Social and Political Sciences.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Boletin Cultural e Informativo - Consejo General de Colegios Medicos de España, 22.

Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Marketing Management (Global Edi). Publishing as Prentice Hall.

Kotler, Philip, K. K. (2016). Marketing Management (15th editi). Essex Pearson Education.

kotler, philip. kartajaya, hermawan. hooi den huan. (2017). Marketing For Competitiveness. Penerbit Bentang.

Masitoh, M. R., Prihatma, G. T., & Alfianto, A. (2022). Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Browsing, dan Impulse Buying Tendency terhadap Impulse Buying Pelanggan E-Commerce Shopee. Sains Manajemen, 8(2), 88–104. https://doi.org/10.30656/sm.v8i2.5307

Panuju, R. (2019). Komunikasi Pemasaran. Kencana.

Peburiyanti, D., & Sabran, S. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Indonesia, 20(1), 29–39.

Sangun Subarman, P., & Dunan, H. (2022). Pengaruh Faktor Sosial, Gaya Hidup, Dan Karakteristik Produk Terhadap Keputusan Pembelian. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 405–424. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.279

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumarwan. (2015). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran Edisi Kedua. Penerbit Ghalia Indonesia.

Sundalangi, Marchelyno., Mandey, Silvya L. dan Jorie, R. J. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen, Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset.

Tujiono, O. K. (2017). Pengaruh Sales Promotiondanservice Qualityterhadap Minat Beli Konsumen Fast Food (Kasus Penjualan Produk KFCPada KFC Metropolitan City Pekanbaru). 4, 1–12.

Downloads

Published

2024-10-01

How to Cite

Yunus, A., & Ana Noor Andriana. (2024). PENGARUH LIFESTYLE, SERVICE QUALITY DAN SALES PROMOTION TERHADAP REPURCHASE INTENTION PRODUK POINT COFFEE DI KOTA SAMARINDA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(3), 10–19. https://doi.org/10.56127/jekma.v3i3.1636