ANALISIS PENENTUAN HARGA JUAL SOTO MIE BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE COST PLUS PRICING MELALUI PENDEKATAN FULL COSTING PADA UD. SOTO MIE BOGOR KANG ODING
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v1i2.234Keywords:
Harga Jual, Cost Plus Pricing, Full CostingAbstract
Banyak diantara perusahaan kecil seperti Usaha Kecil Menengah (UKM) yang tidak memahami secara benar mengenai penentuan harga pokok produksi. Harga pokok produksi berpengaruh terhadap penentuan harga jual. Harga jual yang ditentukan harus dapat menutupi biaya produksi yang dikeluarkan perusahaan agar perusahaan dapat memperoleh laba sesuai dengan yang diharapkan dan jauh dari ancaman kerugian bahkan kebangkrutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penentuan harga jual soto mie bogor pada UD. Soto Mie Bogor Kang Oding, untuk mengetahui penentuan harga jual soto mie bogor menurut cost plus pricing dengan pendekatan full costing, dan juga untuk mengetahui perbandingan harga jual antar keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode cost plus pricing dengan pendekatan full costing. Analisis metode cost plus pricing digunakan untuk menentukan harga jual suatu produk. Harga jual berdasarkan cost plus pricing ditentukan dengan menambah masa biaya yang akan datang dengan suatu persentase markup yang dihitung dengan rumus tertentu. Hasil dari penelitian ini adalah harga jual menurut UD. Soto Mie Bogor Kang Oding adalah sebesar Rp 15.000,- mangkok/bungkus sedangkan harga jual menurut metode cost plus pricing melalui pendekatan full costing sebesar Rp 15.500,- mangkok/bungkus. Harga jual dalam perhitungan cost plus pricing menjadi lebih tinggi dibandingkan menurut UD. Soto Mie Bogor Kang Oding karena dalam perhitungannya memasukan seluruh unsur-unsur biaya sehingga menghasilkan laba yang sesungguhnya didapatkan oleh perusahaan.
References
Hasmi, N. (2020). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing dan Variable Costing Pada Pembuatan Abon Ikan. AkMen Jurnal Ilmiah, Vo.17(No.2), Hal. 256. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/akmen/article/view/893
Lasena, S. R. (2013). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Pada PT. Dimembe Nyiur Agripro. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol. 1(No.3), Hal. 586. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.1864
Lestari, W., Permana, & Bagus, D. (2017). Akuntansi Biaya Dalam Perspektif Manajerial. Depok:PT Raja Grafindo Persada.
Meroekh, H. M. A., De Rozari, P. E., & Foenay, C. C. (2018). Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menentukan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing (Studi Kasus Pada Pbrik Tahu Pink Jaya Oebufu di Kupang). Journal of Management, Vol. 7(No. 2), Hal. 181. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/jom.v7i2.1212
Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya (Edisi Ke-5). Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Sahla, W. A. (2020). Akuntansi Biaya Panduan Perhitungan Harga Pokok Produk. Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Akuntansi_Biaya_Panduan_Perhitungan_Harg/SsQZEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Sari, Y., & Nasution, L. K. (2018). Analisis Penentuan Harga Jual Dengan Metode Cost Plus Pricing dan Pengaruhnya Terhadap Laba yang Dihasilkan Pada UD Maju. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, Vol.4, Hal. 87. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jab.v4i1.1549
Sujarweni, W. V. (2015). Akuntansi Biaya: Teori dan Penerapannya (Cetakan Ke).Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Taroreh, B. F. W., Pangemanan, S. D., & Suwetja, I. G. (2021). Analisis Penentuan Harga Jual Menggunakan Metode Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing Pada CV. Verel Tri Putra Mandiri. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol. 9(No. 3), Hal. 607-618.
