PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KEMASAN TEH BOTOL SOSRO
Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek, Keputusan PembelianAbstract
Persaingan yang begitu ketat terlihat dari banyaknya teh dalam kemasan botol yang
beredar di pasaran. Pada Top Brand Index periode 2017-2020 terjadi penurunan persentase
yang dialami oleh produk Teh Botol Sosro sebesar 14.5%. Tujuan penelitian ini adalah
menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan
pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro.
Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji
yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda,
uji t, uji f dan koefisien determinasi. Data dalam penelitian ini menggunakan instrumen
kuesioner, dan data yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode
pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probabilitiy sampling dengan teknik
purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan promosi
berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol
Sosro. Sedangkan citra merek tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan
pembelian. Seacara simultan kualitas produk, harga, promosi dan citra merek berpengaruh
terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro.