THE IMPACT OF PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE, AND PRICE PERCEPTION ON BOTTLED MINERAL WATER (BMW) PURCHASING DECISION IN JABODETABEK

Authors

  • Herry Sussanto Universitas Gunadarma
  • Muhammad Rafli Alfarizi Universitas Gunadarma

Keywords:

Kualitas Produk, Citra Merek, Keputusan Pembelian, Persepsi Harga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian air mineral dalam kemasan merek Aqua. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer, tahap uji yang dilakukan adalah : uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 orang responden yang di ambil adalah konsumen air mineral dalam kemasan merek Aqua yang pernah membeli. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga berpengaruh secara simultan dan secara parsial terhadap keputusan pembelian air mineral dalam kemasan merek Aqua. serta variabel yang memiliki pengaruh paling besar (dominan) terhadap keputusan pembelian air mineral dalam kemasan merek Aqua adalah variabel Kualitas Produk.

References

Andini, D. T. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Merek Cleo di Kota Praya. Jurnal Solid ASM Mataram, Vol. 11 No.2.

Arasy, A. (2021, Januari). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Repository STIE Indonesia (STEI) Jakarta.

Dita Alamanda Putri, R. J. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi, dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Sijiro di Samarinda. Ekonomia, Vol. 11 No.1.

Firanazulah, V. D. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Air Mineral Aqua. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, Vol. 18 No.1.

Hasyyati, R. D. (2019, Septermber 24). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Toko Sepatu Bata Dengan Minat Beli Sebagai Mediasi. eprints.undip.

Hayuningtias, N. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang. Jurnal Mirai Manajemen, Vol 6, No.2, 250-256.

Hermansyah. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Dalam Kemasan. Fokus, Vol. 15 No.1.

Jilhansyah Ani, B. L. (2022, Januari 18). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol. 10 No.1.

Levania V. Y. Reppi, S. M. (2021, September). Bauran Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Grabfood (Studi pada Penggunaan Jasa Grabfood Di Kota Manado Pada Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9 No.3 (2021) : JE. Vol 9No 3 (2021).

Mulyono. (2019, Desember 2). Retrieved from https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analisis-uji-asumsi-klasik/#:~:text=Menurut%20Ghozali%20(2016)%20pada%20pengujian,menyebabkan%20tingginya%20variabel%20pada%20sampel

Primadia, A. (n.d.). Sejarah Berdirinya Aqua. Sejarah Lengkap.com. Retrieved from https://sejarahlengkap.com/indonesia/sejarah-berdirinya-aqua

Purbiyanto, E. (2021, April 1). Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Air Minum Syekher Water. Journal of Applied, Social and Education Studies, 2.

Roos Nana Sucihati, D. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek Semongkat. Jurnal Riset dan Kajian Manajemen, Vol. 1 NO.3.

Ruslan, A. W. (2019, Januari 31). Pengaruh Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Pada Merek Raja Irodi Makassar. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, Vol. 8 No.1.

Setiawan, M. D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Aqua. Jurnal Cafetaria, Vol. 3 No.2.

Suhairi, A. F. (2022, Desember 2). Analisis Strategi Mutu Produk Indomie Untuk Memenuhi Standarisasi Pasar Global. Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EMBA), Volume 3 Nomor 2.

Suroso, J. S. (2020, Oktober 24). Retrieved from https://mmsi.binus.ac.id/2020/10/24/hipotesis-jarot-s-suroso/

Wiwin Andriani, A. d. (2019, Juli 12). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma. Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Zufar Rafif Effendi, E. S. (2022, Maret). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Seikou Coffe Depok. Jurnal IKRAITH-Ekonomika, Vol 5 Nomor 1.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Herry Sussanto, & Muhammad Rafli Alfarizi. (2024). THE IMPACT OF PRODUCT QUALITY, BRAND IMAGE, AND PRICE PERCEPTION ON BOTTLED MINERAL WATER (BMW) PURCHASING DECISION IN JABODETABEK. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 175–183. Retrieved from https://journal.admi.or.id/index.php/JEKMA/article/view/1499

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.