PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN BERKELANJUTAN YANG DI MEDIASI OLEH SIKAP PENGGUNAAN PADA APLIKASI DOMPET DIGITAL OVO DAN DANA (STUDI KOMPARASI DI KOTA PONTIANAK)
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.671Keywords:
Technology Aceptance Model, Persepsi kegunaan, Persepsi risiko, Minat menggunakan berkelanjutanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari persepsi kegunaan dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan berkelanjutan yang di mediasi oleh sikap penggunaan pada aplikasi dompet digital OVO dan Dana dengan studi komparasi di kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang berdomisili dikota Pontianak dan memilki aplikasi OVO dan Dana serta pernah menggunakan aplikasi tersebut dalam pembayaran. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan cara penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan tanggapan persepsi Kegunaan, persepsi risiko, sikap penggunaan dan minat menggunakan berkelanjutan antara kelompok responden OVO dengan kelompok responden Dana, dan terdapat hasil pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi kegunaan, persepsi risiko terhadap sikap penggunaan dan pengaruh yang signifikan pula antara variabel persepsi kegunaan, persepsi risiko dan sikap penggunaan terhadap minat menggunakan berkelanjutan.
References
Adhiputra, M. W. (2015). Aplikasi Technology Acceptance Model Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 2(1), 52–63.
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1980). Understanding attitude and predicting social behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Akiyama, M. J., Muller, A., Huang, O., Lizcano, J., Nyakowa, M., Riback, L., and Kurth, A. (2021). Hepatitis C-related knowledge, attitudes and perceived risk behaviours among people who inject drugs in Kenya: A qualitative study. Global Public Health, 3(2), 1–13.
Al-Fahim, N. H., Jusoh, W. J. W., & Abideen, A. (2016). Factors Affecting the Adoption of Internet Banking Services Among Small and Medium Enterprises in Yemen. Global Advanced Research Journal of Management and Business Studies, 3(9). 432-330.
Amaro, S., & Duarte, P. (2015). An integrative model of consumers’ intentions to purchase travel online. Tourism Management, 46, 64–79.
Bertea, P. E. (2011). Perceived Risk and Online Shopping Behaviour - A Marketing Perspective. SSRN Electronic Journal.
Cham, T. H., Lim, Y. M., Cheng, B. L., & Lee, T. H. (2016). An Empirical Study on the Determinants of Knowledge Management Systems Success - Evidence from the Banking Industry of Malaysia. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, 46(1), 2–20.
Chang, Chia Chin, Hung, SW, Cheng, MJ, & Wu, CY (2015). Exploring the intention to continue using social networking sites: The case of Facebook. Technological Forecasting and Social Change, 95, 48–56. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2014.03.012
Chuang, L.-M., Liu, C.-C., & Kao, H.-K. (2016). The Adoption of Fintech Service: TAM perspective. International Journal of Management and Administrative Sciences (IJMAS), 3(07), 1–15.
Davis, D. F. (1986). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New End-User Information Systems: Theory and Results (Doctoral dissertation). Massachusets Institute of Technology, Cambridge, Massachusetts, United States.
Davis, F. D., Bagozzi, R. P., & Warshaw, P. R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35(8), 982–1003.
Dzandu, Michael D., Charles Hanu, and Hayford Amegbe. 2022. Gamification of mobile money payment for generating customer value in emerging economies: The social impact theory perspective. Technological Forecasting and Social Change 185: 122049.
Elkaseh, A. M., Wong, K. W., & Fung, C. C. (2016). Perceived Ease of Use and Perceived Usefulness of Social Media for e-Learning in Libyan Higher Education: A Structural Equation Modeling Analysis. International Journal of Information and Education Technology, 6(3), 192–199.
Fathema, N., Shannon, D., & Ross, M. (2015). Expanding The Technology Acceptance Model (TAM) to Examine Faculty Use of Learning Management Systems (LMSs) In Higher Education Institutions. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 210–232.
Fuad, S., Sangen, M., & Albushari, S. A. (2018). Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) dan Perceived Risk Untuk Mengidentifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Belanja Online di Kalimantan. Jurnal Wawasan Manajemen, 6(3).
Hadikusuma, S., & Jaolis, F. (2019). Pengaruh Social Influence, Perceived Usefulness, Dan Perceived Security Terhadap Continue Use Intention Aplikasi Mobile Payment Ovo Melalui Attitude Towards Using Mobile Payment Sebagai Variabel Intervening Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Bisnis Dan Ekonom. Agora, 7(2), 287242.
Handayani, W. P. P., & Harsono, M. (2016). Aplikasi technology acceptance model (TAM) pada komputerisasi kegiatan pertanahan. Jurnal Economia, 12(1), 13-22. DOI: https://doi.org/10.21831/economia.v12i1.8415
Hasan, Rashedul, Muhammad Ashfaq, and Lingli Shao. 2021. Evaluating Drivers of Fintech Adoption in the Netherlands. Global Business Review.
Hendra, J., & Iskandar, A. (2016). Aplikasi Model TAM Terhadap Pengguna Layanan Internet Banking di Kantor Bank Jatim Cabang Situbondo. Jurnal Ecobuss, 4(1), 40–48.
Hodula, Martin. 2023. Fintech credit, big tech credit and income inequality. Finance Research Letters 51: 103387
Istiarni, P. R. D., & Hadiprajitno, P. B. (2014). INTERNET BANKING DENGAN SIKAP PENGGUNAAN SEBAGAI VARIABEL ( Studi Empiris : Nasabah Layanan Internet Banking di Indonesia ). Diponegoro Journal of Accounting, 3(2), 1–10.
Izzo, Filomena, Viktoriia Tomnyuk, and Rosaria Lombardo. 2022. 4.0 digital transition and human capital: Evidence from the Italian Fintech market. International Journal of Manpower 434: 910–25.
Juhri, K., & Kusuma Dewi, C. (2017). Kepercayaan dan Penerimaan Layanan Mobile Money T-Cash di Bandung Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Pro Bisnis, 36-51.
Juniwati. (2014). Influence of Perceived Usefulness, Ease of Use, Risk on Attitude and Intention to Shop Online. European Journal of Business and Management, Vol. 6, No. 27, 218-228.
Joan, L., & Sitinjak, T. (2019). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital Go-Pay. Jurnal Manajemen, 8(2), 27–39.
Kassim, Normalini Md., Ramayah, T. (2015). Perceived Risk Factors Influence on Intention to Continue Using Internet Banking among Malaysians. Global Business Review, 16(3), 393–414.
Karim, Sitara, Farah Naz, Muhammad Abubakr Naeem, and Samuel A. Vigne. 2022. Is FinTech providing effective solutions to Small and Medium Enterprises SMEs in ASEAN countries? Economic Analysis and Policy 75: 335–44.
Khoiriyah, k., & Arifin. (2018, Juli). Pengaruh Trust Dan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Situs Jual Beli Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Muhammadiyah Pringsewu). Ilmiah Ekonomi Manajemen, 9, 64-76.
Martins, C., Oliveira, T., & Popovič, A. (2014). Understanding the internet banking adoption: A unified theory of acceptance and use of technology and perceived risk application. International Journal of Information Management, 34(1), 1–13.
Martono Samuel, (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Fintech Lending. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan (JEBIK) 2021, Vol. 10, No. 3, 246-262. DOI : http://dx.doi.org/10.26418/jebik.v10i3.45827
Monica, Cindy dan Vita Briliana. (2019). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Continuance Intention Pengguna Go-Food di Jakarta. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil: JWEM ISSN 2622-6421 Volume 9, Nomor 02, Oktober 2019.
Nurdiansyah, E., Dhita, A. N., & Pratita, D. (2019). Analisis pemanfaatan jurnal elektronik oleh mahasiswa menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 175–182. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.27515
Nyoman, N., Linda, S., Ayu, I. G., & Giantari, K. (2016). Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh Perceived Usefulness Terhadap Niat Menggunakan Internet Banking Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(3), 1513–1541.
Oentario, Y., Harianto, A., & Irawati, J. (2017). Pengaruh Usefulness, Ease of Use, Risk Terhadap Intentionto Buy Onlinepatisserie Melalui Consumer Attitude Berbasis Media Sosial Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(1), 26-31.
Park, N., Rhoads, M., Hou, J., & Lee, K. M. (2014). Understanding the acceptance of teleconferencing systems among employees: An extension of the technology acceptance model. Computers in Human Behavior, 39, 118–127.