PERMODELAN MANAJEMEN ENERGI KENDARAN ELEKTRIK HIBRID PADA BATERAI ELEKTRIK DENGAN KONFIGURASI PEMASANGAN TRANSMISI SECARA SISTEM PARALEL MENGGUNAKAN PERHITUNGAN SIMULINK
DOI:
https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.28Keywords:
Daya, Manajemen Energi, Torque, Brushless Motor, Daya BateraiAbstract
Manajemen energi yang terpasang pada system kendaraan hibrida elektrik sangat sering sekali dimodelkan menggunakan program computer dan computer berbasis manufaktur (CAM), setiap desain yang dimodelkan terkadang memiliki hasilnya tersendiri berdasarkan metode yang dipakai, untuk permodelan ini kendaraan elektrik hibrida menggunakan pemrograman pada simulink dengan menjelaskan manajemen data pemakaian daya baterai pada kendaraan elektrik hibrida tersebut. Data masukan penggunaan baterai adalah menggunakan variable data dari mesin motor bakar sebagai data masukan pada generator dan variable penggunaan motor DC sebagai data masukan pada pnggunaan baterai. Baterai yang dipakai memiliki kapasitas 100 Ah dengan tegangan eletrik DC sebesar 144 V.
References
Allam, Essam. M. (2015). Study Power Management of Hybrid Electrical Vehicle Using Battery Model Simulation. Advances in Powertrains and Automotive.: Vol 1. No 1. hlm 1 – 11.
AISI Material Handbook (2003b edition), looked at sciencedirect.com, topic about :Automotive Body Structure
Baruah, Ankur; Tanuja Sheorey; and Vijay Kumar Gupta. (2015). Model Based Design of Parallel HEV. 2ND International Conference Multidisciplinary Research and Practice: Page 59 – 65.
Borthakur, Swagata and Shankar C Subramanian. (2015). Design and Optimization of a Modified Series Hybrid Electrical Vehicle Powertrain. SAGE
Cerofolini, A. (2014). Optimal Supervisory Control of Hybrid Vehicle. University of Bologna Italy.
Dentler, John. (1985). Characteristic of Electric Motor. America Navy Academy.
Enang, Wisdom; Christ Bannister; Chris Brace; Chris Vagg. (2017). Modelling and Heuristic of a Parallel Hybrid Electrical Vehicle. University of Bath Journal. UK.
Israel, Owe. (2018). Study on Modeling and Simulation of HEV for Optimal Fuel Economy. International Journal of Innovative Technology and Interdisciplinary Science.
Mangun, Muhammad. Firdase; Moumen Idres; and Kassim Abdulah. (2014). Power Management Controller for Hybrid Electric Vehicle using Fuzzy Logic. International Islamic University Malaysia.
MatWorks, (2006). matlab library, The Matworks.Inc,.
Tipler, Paul, (2007). Physics: For Sciences and Engineering 8th Edition. USA.
Standard-wire.com/cable_design_formulas.html
Varma, Dheeraj; Rajeshwar Vaishnava; and Arvind Mittal. (2015). A Review of Energy Source and Power Converters for Electrical Vehicles, International Journal of Renewable Energy and Environmental Engineering ISSN 2348-0157, Vol. 03, No 01. Journal of Automobile: Institution of Mechanical Engineering.