DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MARKETPLACE SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.100Keywords:
Brand Ambassador, Brand Awareness, Citra Merek, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra merek, brand awareness, brand ambassador, harga dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada konsumen yang menggunakan Marketplace Shopee. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah : Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Uji Confirmatory Factor Analysis (CFA), Uji Kesesuaian Model dan Uji Hipotesis. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 250 responden. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen pengguna Marketplace Shopee. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah Amos 24 dengan metode analisis data yaitu Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel citra merek, brand awareness, brand ambassador berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Marketplace Shopee. Sedangkan variabel harga dan kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Marketplace Shopee.
References
Arner, D. W., Barberis, J. N., & Buckley, R. P., (2015). The Evolution of Fintech: A New Post-Crisis Paradigm? Available at SSRN 2676553.
Amin dan Fitri Yanti. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-wom, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. Invest: Jurnal inovasi bisnis dan akuntansi Vol. 2 No. 1.
Andita, Astrid Chintya. (2017). Pengaruh Iklan, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus pada Mahasiswa Konsumen Isoplus di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Andrianto, Hendra Noky. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Jenis MPV Merek Toyota Kijang Inova di Semarang.
Aziky dan Masreviastuti. (2018). Pengaruh Periklanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee.co.id. Jurnal : Jurnal aplikasi bisnis Vol. 4 No. 1.
Brestiliani dan Suhermin. (2020). Pengaruh Brand Awareness, Brand Ambassador dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada MarketPlace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Stiesia). Jurnal ilmu dan riset manajemen Vol. 9 No. 2.
Dewi, Andri dan Yonaldi. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand And Body Lotion di Kota Padang (Studi Kasus di PT. Unilever Cabang Padang). Universitas Tamansiwa Padang.
Erdawati. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Iklan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Shopee. E-jurnal apresiasi ekonomi Vol. 8 No. 3.
Fahrevi dan Satrio. (2018). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online di Shopee.co.id. Jurnal ilmu dan riset manajemen : Vol. 7 No. 3.
Firmansyah, Anang. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran).Penerbit Deepublish Publisher.
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). Penerbit Qiara Media.
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Penerbit Qiara Media.
Ghozali, Imam. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24, Edisi 7. Penerbit Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendayana dan Afifah. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Korean Wave Terhadap Minat Belanja Online Melalui MarketPlace Tokopedia. Kinerja jurnal ekonomi bisnis Vol. 3 No.1.
Imantoro, F., Suharyono dan Sunarti. (2018). Pengaruh Citra Merek, Iklan dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Mi Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al- Hamam Riyadh. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 57 No. 1.
Istiqomah, Hidayat dan Jariah. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Iklan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di situs Shopee di Kota Lumajang. Vol. 2 No. 1.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2016). Marketing Management. England: Pearson Educational Limited.
Laliya, Nisfatul. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. E-journal Vol. 2 No. 2.
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif.Penerbit Zifatama Publisher.
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap KeputusanPembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jurnal JBMA. Vol.IV. No. 2.
Prayudha dan Suwitho. (2020). Pengaruh Kemudahan, Resiko dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Tokopedia.com. Jurnal ilmu dan riset manajemen Vol. 8 No. 8.
Rahmawati dan Nikmah. (2019). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Shopee. Jurnal : jurnal aplikasi bisnis Vol. 5 No. 1.
Riyanto dan Hatmawan. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Penerbit Deepublish.
Samosir, Putri dan Nurfebiaraning. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung. Jurnal sosioteknologi Vol. 15 No. 2.
Setiadi, Nugroho. (2015). Perilaku Konsumen. Penerbit Kencana PrenadaMedia Group.
Setiadi, Nugroho J. (2019). Perilaku Konsumen (Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen). Penerbit PrenadaMedia Group.
Setiaman, Deni. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Layanan dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Online Shopee.co.id. Jurnal ilmu dan riset manajemen Vol. 8 No. 3.
Setyarko, Yugi. (2016). Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online.
Setyawan, Stephanus Irfan. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Aplikasi, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Gojek (Studi pada Konsumen Go-Jek di Yogyakarta). Universitas Sanata Dharma.
Siyoto dan Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Penerbit Literasi Media Publishing.
Suryani, Tatik. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global. Penerbit Prenadamedia Group.
Ustman dan Wahyuati. (2020). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Tokopedia. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 9 No. 6.
Wardhani, Novella Kusuma. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Ekspedisi JNE Dengan Adanya Pandemi Covid-19. Skripsi. Universitas Gunadarma.
Warnadi dan Triyono. (2019). Manajemen Pemasaran. Deepulisher Publisher.
Widyawati, Rini. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Wardah. Universitas Muhammadiyah Malang.
Wirapraja, Alexander, et al. (2021). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Wulandari, Citra. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo F3 di Samarinda.https://www.topbrand-award.com (Diakses pada 9 Mei 2021, pukul 10.30)
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Shopee (Diakses pada 28 Mei 2021, pukul 20.00)
https://www.iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ (Diakses pada 10 Juni 2021, pukul 19.15)