ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN BEBEK KALEYO CABANG GRAND WISATA, TAMBUN SELATAN, BEKASI

Authors

  • Nonik Universitas Gunadarma
  • Alika Tiray Maharani Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.104

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Promosi

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian di Restoran Bebek Kaleyo Cabang Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan data perolehan langsung melalui pengisisan kuesioner oleh responden. Tahap uji yang dilakukan adalah uji validasi, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji hipotesis (uji t dan uji f). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresinya adalah Y = 3.817 + 0.152 X1 + 0.190 X2 + 0.522 X3 + e. Angka R Square menunjukkan bahwa 52,4% keputusan pembelian dipengaruhi oleh harga, kualitas produk, promosi dan sisanya 47,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa variabel independen yaitu Harga (X1), kualitas produk (X2) dan promosi (X3) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian (Y) secara parsial. Kemudian melalui Uji F diketahui juga bahwa variabel harga (X1), kualitas produk (X2) dan promosi (X3) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y).

References

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran Cetakan II. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ghozali, Imam. 2006. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2013. AplikasiAnalisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan PenerbitUniversitas Diponegoro.

Jhon W, Mullins. dkk. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisike 12. Jakarta: Erlangga.

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: MitraWacana Media.

Siregar,Syofian.2014. Statistik Parameirik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi DenganPerhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: BumiAksara.

Suharyadi, & Purwanto. 2013. Statistika Untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Tjiptono, Fandy. 2008. StrategiPemasaranEdisiKetiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV. ANDI.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Nonik, & Alika Tiray Maharani. (2022). ANALISIS PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN BEBEK KALEYO CABANG GRAND WISATA, TAMBUN SELATAN, BEKASI. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), 45–52. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i03.104

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.