ANALISIS PENGARUH PEMAHAMAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENJADI PESERTA ASURANSI SYARIAH SERTA PERSEPSI MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI MASYARAKAT JABODETABEK)
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1132Keywords:
Asuransi Syariah, Kepercayaan, Minat, Pemahaman, PersepsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemahaman dan keyakinan mempengaruhi minat masyarakat terhadap asuransi syariah, dan bagaimana persepsi masyarakat dalam hal ini berperan sebagai variabel yang memediasi hubungan antara pemahaman, keyakinan dan minat. Penelitian ini dilakukan dengan fokus pada masyarakat di wilayah Jabodetabek. Metode analisis penelitian ini menggunakan data kuantitatif primer, dengan tahapan pengujian yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji r-square, dan uji hipotesis. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, data yang valid terkumpul sebanyak 121 responden. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan teknik slovin. Alat uji yang digunakan adalah SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam konteks asuransi syariah, pemahaman tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi masyarakat. Namun, pemahaman berpengaruh terhadap minat masyarakat terhadap asuransi syariah. Selanjutnya, kepercayaan mempengaruhi persepsi masyarakat dan berperan penting dalam membentuk minat masyarakat terhadap asuransi syariah. Selain itu, persepsi masyarakat memiliki pengaruh langsung terhadap minat masyarakat terhadap asuransi syariah. Namun, variabel pemahaman tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat melalui persepsi. Sebaliknya, kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat masyarakat melalui persepsi.
References
(OJK), O. J. K. (2023). Prospek Insurtech di Indonesia. https://www.ojk.go.id/ojk-institute/id/capacitybuilding/upcoming/1381/prospek-insurtech-di-indonesia
Buchori, A., Nurhayati, N., & W, R. W. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Produk Asuransi di Kalangan Mahasiswa. Ecosains: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembangunan, 11(2), 80–89. https://doi.org/10.24036/ecosains.12070757.00
Dwinanda Delanuari, M. N., & Srikartikowati, R. (2020). Pengaruh Kesadaran, Norma Subyektif dan Kepercayaan Terhadap Intensi Menggunakan Produk Asuransi Syariah dengan Pengetahuan Sebagai Variabel Moderasi di Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, XII(1), 86–105. https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/download/7854/6785
Handayani, T., & Fathoni, M. A. (2019). Persepsi masyarakat terhadap asuransi syariah. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding, 2, 127–132. https://www.prosesbayar.com/asuransi-syariah-terbaik/
Handayani, T., Yetty, F., & Priyatno, P. D. (2020). Apa Pertimbangan Masyarakat Berasuransi Syariah di JABODETABEK. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 8(1), 39–54. https://journal.sebi.ac.id/index.php/jaki/article/view/104
Hasibuan, S. K., & Nurbaiti. (2023). Pengaruh Tingkat Kepercayaan, Literasi Keuangan Syariah, dan Lokasi Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syari’ah dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Sosa). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 275–292.
Imsar, I., Nasution, J., & Hafni, L. (2022). Pengaruh Perceived Value dan Trust terhadap Loyalitas Nasabah Asuransi Syariah Prudential. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 2(3), 226–235. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v2i3.1815
Khumaini, S., & Husein, M. T. (2020). Persepsi Dan Minat Masyarakat Terhadap Asuransi Syariah Di Kabupaten Tangerang. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), IX(2), 86–93. https://doi.org/10.21927/jesi.2019.9(2).86-93
KNEKS. (2020). Optimisme Asuransi Syariah Capai Pertumbuhan Produktif 2020. INSIGHT Buletin Ekonomi Syariah, 9, 3–5.
Leliya, & Kurniasar, M. (2004). Minat Masyarakat Berasuransi Syariah di Asuransi Prudential. 1–16.
Lumenpouw, K. K., Mananeke, L., Tampenawas, J. L., Asuransi, P. P., Pelayanan, K., & Tingkat, D. A. N. (2019). Pengaruh Premi Asuransi, Kualitas Pelayanan Dan Tingkat Kepercayaan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Pt. Asuransi Jiwa Sinarmas Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5225–5234.
Nasution, S. A., & Aslami, N. (2022). Analisa Peningkatan Minat terhadap Produk Asuransi Syariah. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 254–262. https://doi.org/1047467/elmal.v5i2.768
Novianti, A. D., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Pengetahuan, Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung dengan Variabel Moderating Persepsi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 116–122. https://doi.org/10.33086/amj.v5i1.2047
Putera, H., & Wahyuari. (2022). Pengaruh Pemahaman dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Minat Beli Produk Asuransi Mikro di Kelurahan Cakung Timur Jakarta Timur. Premium Insurance Business Journal, 9(2), 48–59.
Rahmadion, M., Yetty, F., & Fathoni, M. A. (2021). Pengaruh Literasi Asuransi Syariah Terhadap Persepsi Masyarakat Dalam Memilih Asuransi Syariah di Jabodetabek. PROSIDING BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 2, 158–167.
Syahatah, H. H. (2006). Asuransi Dalam Perspektif Islam (p. hlm. 163).
Torong, L. O. B., & Lubis, F. A. (2023). Pengaruh Pengetahuan terhadap Minat Masyarakat Berasuransi Syariah di PT Prudential Syariah Binjai. El-Mal : Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 4(2), 324–331.
Zayusman, R., & Riyaldi, M. H. (2019). Pengaruh Pemahaman dan Peran Agen terhadap Minat Nasabah Memilih Asuransi Takaful Keluarga Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(2).