ANALISIS FAKTOR PENGGUNAAN MEDIA UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH (STUDI KASUS : SDIT AL IMAN BINTARA)
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.120Keywords:
Media, Pembelajaran Jarak Jauh, Technology Acceptance ModelAbstract
Pandemi Covid 19 memaksa banyak bidang untuk beradaptasi, termasuk bidang pendidikan. Hingga akhirnya Mendikbud mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 mengenai pembelajaran daring atau jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh menerapkan sistem pembelajaran yang tidak berlangsung dalam suatu ruangan kelas, sehingga hanya mungkin dilakukan dengan memanfaatkan media teknologi infomasi dan komunikasi. Penelitian ini mencoba menganalisis media apa yang digunakan dan faktor apa yang menjadi alasan pemilihan dan penggunaan media teknologi informasi dan komunikasi selama pembelajaran jarak jauh berdasarkan indikator persepsi kemudahan penggunaan (Perceived Ease of Use), persepsi kegunaan (Perceived Usefulness), niat perilaku untuk menggunakan (Behaviour Intention to Use), sikap terhadap perilaku (Attitude Toward Behaviour) dan pemakaian secara nyata (Actual Use) dalam metode Technology Acceptance Model (TAM). Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dengan metode purposive sampling, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian adalah 10 guru kelas satu di SDIT Al Iman Bintara. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa media yang paling banyak digunakan adalah Zoom, Edmodo dan WhatsApp. Variabel kemudahan penggunaan, variabel kegunaan dan variabel niat perilaku untuk menggunakan, masing-masing sama-sama memiliki hubungan sangat kuat, positif dan signifikan dengan variabel pemakaian secara nyata, sedangkan variabel sikap terhadap perilaku memiliki hubungan yang cukup dengan variabel pemakaian secara nyata.
References
Pramono, R., et. al. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar”. EduPsyCouns Journal : Journal of Education, Psychology and Counseling, Vol. 2, No. 1, 2020.
Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penerbit Alfabeta, Bandung, 2009.
Padmo, D dan Pribadi, B. Media Dalam Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh : Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jakarta: Universitas Terbuka, Cetakan 1, Edisi 2, hal. 36, 2009.
Yunitasari, R. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Masa COVID- 19”, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 3, pp. 238, 2020.
Mamlua, S. K., dan Maulidi, A. “Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, Vol. 5, No. 2, 2021.
Sari, R.P., Tusyantari, N.B., dan Suswandari, M. “Dampak Pembelajaran Daring bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19”, Prima Magistra : Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 2, No. 1, pp 9-15, 2021.
Dewi, W.A.F. “Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar”, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2, No. 1, pp. 55-61, Apr 2020.
Wibawanto, T, “Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Atasi Penyebaran Virus COVID-19” Internet :www.lpmplampung.kemdikbud.go.id, 2020 [June 19, 2021].
Hakim, A.B. “Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo”. I-STATEMENT, Vol. 2, No. 1, 2016.
Setiawan, T.Y., “Pemanfaatan YouTube Pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 di Kelas IIc Sekolah Dasar”, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, 2021.
Ratri, S.M, “Analysis Of Affecting Factors Moodle Based E-Learning Usage By Teachers Of SMK Negeri 2 Yogyakarta Using Technology Acceptance Model (TAM)”, Skripsi, Pendidikan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2016.
Wishnujati, K., Hastjarjo, S., “Analisis Perceived Usefulness dan Perceived Of Use terhadap penggunaan aplikasi Zoom berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM)”, Undergraduate Thesis, Department of Communication Science, Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2021.
Hari, Y., Darmanto, Trisno, I. B., Widianto, Y., Hermawan, B. “Assesment Online Learning System di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Technology Acceptance Model”. Jurnal Teknik, Vol. 18, No. 2, Dec. 2020.
Davis, F.D., Bagozzi, R.P., dan Warshaw, P.R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 1989, vol. 35 (8), pp. 982-1003.