IMPLEMENTASI METODE DAKWAH BIL-HIKMAH ABI AZKAKIA DALAM KONTEN GIM MOBILE LEGENDS DI TIKTOK
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i05.1660Keywords:
Metode Dakwah, Dakwah Bil-Hikmah, Abi Azkakia, Mobile Legends, TikTokAbstract
Penelitian ini membahas implementasi metode dakwah bil-hikmah Abi Azkakia dalam konten gim Mobile Legends di TikTok. Berdasarkan observasi awal peneliti mengamati proses penyampaian dakwah yang dilakukan ustadz Abi, terlihat beliau menyampaikan dakwah dengan gaya dan penyampaian pesan yang mudah dipahami logika, seperti beliau menyampaikan dakwah dengan bercerita dan memberikan perumpamaan-perumpamaan ketika ada penonton yang memberikan pertanyaan seputar etika sosial. Dalam penelitian ini yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif melalui dokumentasi dan observasi netnografi. Peneliti menganalisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Peneliti mendapatkan hasil penelitian bahwa dalam implementasi metode dakwah bil-hikmah yang dilakukan ustadz Abi Azkakia dalam konten gim Mobile Legends di akun TikToknya @abiazkakiaa, beliau menerapkan dakwah bil-hikmah dengan 3 cara penyajian dakwah bil-hikmah diantaranya, dakwah bi-hikmah dengan penyajian komparatif, dakwah bil-hikmah dengan penyajian kisah, dakwah bil-hikmah dengan penyajian perumpamaan.
References
Abrori, & Alnashr, M. S. (2023). Aktualisasi Metode Dakwah Milenial Menghadapi Tantangan Perubahan Sosial Masyarakat. Mu’ashir: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 1(1), 29–40.
Aminudin, A. (2018). Konsep Dasar Dakwah. Al-Munzir, 9(1), 29–46.
Arifin, M. (1994). Psikologi dakwah: Suatu pengantar studi. Bumi Aksara.
Dinda, R. H. (2021). Pemanfaatan Media Tiktok Sebagai Media Dakwah Oleh Ikhwan Mukhlis. UIN Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Hanbal, A. bin. (2001). Musnad al-imam Ahmad ibn Hanbal. Beirut: Muassasah al-Risalah.
Harahap, A., & Harahap, M. E. U. (2023). Analisis Metode Dakwah dalam Perspektif Pemberdayaan. Jurnal at-Taghyir: Jurnal Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Desa, 5(1), 77–96.
Hizbullah, M. (2022). Adaptasi Dakwah Islam Di Media Online Era 4.0. Al-Qaul: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 1(1), 71–92.
Husna, N. (2021). Metode Dakwah Islam Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Selasar KPI: Referensi Media Komunikasi Dan Dakwah, 1(1), 97–105.
Liandi, J. (2022). DAKWAH PERTAMA DI MLBB⁉ MAJELIS NURUL LEGEND WAJIB NONTON‼—EMPETALK Ustadz Abi [Broadcast]. Diambil 12 Maret 2024, dari https://www.youtube.com/watch?v=voxjmEUKNBY
Nazirman, N. (2018). Konsep Metode Dakwah Bil Hikmah dan Implementasinya dalam Tabligh. Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 31–41.
Sari, A. F., & Ni’amah, L. U. (2022). Tiktok Sebagai Media Dakwah (Analisis Isi Pesan Dakwah Akun Tiktok@ baysasman00). Al-Idaroh: Media Pemikiran Manajemen Dakwah, 2(1), 31–43.
Top Apps Ranking Top Games App Ranking in Indonesia on 8 march. (2024). [Dataset]. https://www.similarweb.com/top-apps/google/indonesia/games/
Usman, A. R. (2013). Metode dakwah kontemporer. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 19(2).
Valiant, V. (2020). Pengelolaan Konten Tiktok sebagai Media Informasi (Studi Deskriptif kualitatif mengenai pengelolaan konten tiktok pada akun@ iben _ ma). Jurnal Ilmu Komunikasi, September, 1–21.
Wijaya, C. V., & Paramita, S. (2019). Komunikasi virtual dalam game online (studi kasus dalam game mobile legends). Koneksi, 3(1), 261–267.
Yusriyah, A. F., Yusuf, D. V., & Arisdianta, I. K. (2023). Belajar dari Tiktok Shop: The Ice Berg. Universitas Udayana.