HUBUNGAN KUALITAS LAYANAN SELF ACCESS CENTER (SAC) DENGAN PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR MANDIRI PADA SISWA SMKN 6 BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i06.1779Keywords:
Layanan Self Access Center, Kualitas Layanan, Keterampilan Belajar MandiriAbstract
Self Access Center (SAC) adalah sebuah layanan yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai pengetahuan secara mandiri tanpa bimbingan guru. Smkn 6 Bandung layanan Self Access Center memiliki beberapa sarana dan prasarana yang menjadi indikator kualitas layanan belajar mandiri, yaitu fasilitas, suasana, dan koleksi. Adanya Self Access Center diharapkan dapat meningkatkan keterampilan belajar mandiri para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas layanan Self Access Center (SAC) yang memiliki sub variabel kualitas fasilitas SAC, kualitas fasilitas belajar, dan kualitas suasana dengan variabel Keterampilan Belajar Mandiri siswa SMKN 6 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan siswa SMKN 6 Bandung dengan ukuran sampelnya yang berjumlah 96 orang. Teori yang digunakan adalah Teori Layanan Perpustakaan dari Darmono (2001) dan teori Self Regulated Learning dari Zimmerman (1989). Peneltian ini menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kualitas layanan Self Access Center memiliki hubungan yang signifikan dengan keterampilan belajar mandiri siswa SMKN 6 Bandung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan Self Access Center memiliki kualitas yang tinggi sehingga mendorong tingginya kemampuan belajar mandiri pada siswa SMKN 6 Bandung.
References
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31.
Ayu, A., & Meutia, E. (2020). Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Melalui Creative Art: Teori Dan Aplikasi. Jurnal Islam Hamzah Fansuri, 3(2).
Carrillo Acosta, J. (2022). The social development of autonomy in the self-access centre (Doctoral dissertation, University of Southampton).
Darmono. (2011). Manajemen layanan perpustakaan. Jakarta: Grasindo.
Davies, H. (2021). How self-access centre staff conceptualise learner autonomy: An analysis of survey data. The Journal of Kanda University of International Studies, 33, 167-189.
Gardner, D., & Miller, L. (2002). Establishing Self-Access: From Theory to Practice. Cambridge University Press.
Jamilah, J., Priyana, J., & Suciati, S. (2019). PERAN DAN FUNGSI SELF-ACCESS LEARNING CENTER DI UNY. Diksi, 27(1), 26-32.
Muis, A. A. (2020). EFEKTIVITAS METODE BELAJAR MANDIRI TERHADAP PERKEMBANGAN KREATIFITAS BERPIKIR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAN 8 ENREKANG. Jurnal Al-Ibrah, 9(1), 108-124.
Muhson, A. (2020). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta, 183-196.
Mukamil, M., Asari, S., Ma’ruf, N., & Wicaksono, B. H. (2023). Students' Needs for Autonomous Learning through Self-Access Center Resources and Activities: A Survey on the Target and Learning Needs of SAC Users. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 7(2), 49-60.
Nursalam, N., & Djaha, A. S. A. D. (2023). Pelatihan Pembuatan Kuesioner Penelitian Bagi Mahasiswa Prodi Administrasi Negara Fisip Universitas Nusa Cendana. JDISTIRA-Jurnal Pengabdian Inovasi dan Teknologi Kepada Masyarakat, 3(1), 25-31.
Pilendia, D. (2020). Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika: Studi Literatur. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 1-10.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Indigo Media.
SIAGIAN, N. (2022). PENGARUH BELAJAR MANDIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2021/2022.
Suriani, N., & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24-36.
Thornton, K. (2020). The effects of an incentive programme on SALC service engagement and long-term intrinsic motivation. Relay Journal 3(2), 150-172.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (Eds.). (1989). Self-regulated learning and academic achievement: Theory, research, and practice. Springer-Verlag Publishing. https://doi.org/10.1007/978-1-4612-3618-4