EFEKTIVITAS PROGRAM TUKAR TAMBAH PADA STRATEGI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK GADGET SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG SELATAN

Authors

  • Danang Choirul Umam Universitas Pamulang
  • Rahman Faisal Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.273

Keywords:

Strategi Penjualan, Tukar Tambah, Minat Beli, Kinerja Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi tukar tambah dapat meningkatkan minat konsumen membeli gadget dan hasil penjualan gadget di Tangerang Selatan, serta untuk mengetahui seberapa besar minat konsumen dapat meningkatkan kinerja perusahaan melalui strategi tukar tambah dapat meningkatkan penjualan. Data dikumpulkan kepada para pengunjung toko/outlet yang menjual gadget secara langsung, maupun membeli gadget secara secara online di marketplace dengan metode tukar tambah. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner skala likert melalui google form selama bulan Januari – Mei 2022. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan software SmartPls versi 3.0. Hasil penelitian menyimpulkan strategi penjualan dengan tukar tambah tidak berpengaruh terhadap kinerja, akan tetapi strategi penjualan dengan tukar tambah berpengaruh terhadap kinerja melalui minat beli, dan Minat beli berpengaruh terhadap kinerja. Lebih lanjut, strategi penjualan dengan tukar tambah berpengaruh terhadap minat beli.

References

Adji, J., & Semuel, D. H. (2014). Pengaruh Satisfaction Dan Trust Terhadap Minat Beli Konsumen (Purchase Intention) Di Starbucks the Square Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–10.

Agariya, A. K., Johari, A., Sharma, H. K., Chandraul, U. N., & Singh, D. (2012). The role of packaging in brand communication. International Journal of Scientific & Engineering Research, 3(2), 1–13.

Berman, B., Evans, J. R., & Chatterjee, P. (2018). Retail management: a strategic approach. Pearson Education Limited.

Dewi, R. K. (2019). Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri 69 Kota Bengkulu. Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(2), 1–13. https://doi.org/10.29300/ba.v3i2.1534

Durianto, D., & Liana, C. (2003). Inovasi Pasar Dengan iklan yang Efektif, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ghozali, I. (2014). Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS 22.0 Update Bayesian SEM. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Macanan Jaya Cemerlang.

Kotler, P., & Keller, K. (2011). Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Pomering, A. (2017). Marketing for sustainability: Extending the conceptualisation of the marketing mix to drive value for individuals and society at large. Australasian Marketing Journal, 25(2), 157–165.

Prabhawedasattya, I. G. A., & Yasa, N. N. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Preferensi Merek Dan Niat Beli Konsumen Pada Produk Iphone Di Kota Denpasar. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53(9), 1689–1699. http://publications.lib.chalmers.se/records/fulltext/245180/245180.pdf%0Ahttps://hdl.handle.net/20.500.12380/245180%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jsames.2011.03.003%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.gr.2017.08.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.precamres.2014.12

Rosenbloom, B. (2010). Six classic distribution paradigms for global marketing channel strategy. Symphonya. Emerging Issues in Management, 1, 7–17.

Ryńca, R., & Ziaeian, Y. (2021). Applying the goal programming in the management of the 7P marketing mix model at universities-case study. Plos One, 16(11), e0260067.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer behavior. Upper Saddle River.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta.

Suherman, A., & Yusuf. (2021). The effect of human agility, digital literature, curriculum and the role of the family on the interest of the millennial generation in entrepreneurship through capabilities as intervening variables. Journal of Economics and Business Letters, 1(2), 4–17.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Andi Offset.

Widanengsih, E., & Yusuf. (2022). Penerapan Model Technologi Acceptance Model Untuk Mengukur Adopsi Penggunaan Aplikasi Pembukuan Akuntansi Dan Keuangan Rumah Tangga. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 86–95.

Yusuf, Y., & Anthoni, L. (2020). PERBANDINGAN PERGERAKAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DENGAN INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) SELAMA PANDEMI COVID 19. PROSEDING SEMINAR NASIONAL AKUNTANSI, 3(1).

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Umam, D. C., & Faisal, R. . (2022). EFEKTIVITAS PROGRAM TUKAR TAMBAH PADA STRATEGI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK GADGET SERTA DAMPAKNYA PADA KINERJA PERUSAHAAN DI KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(05), 09–18. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i05.273

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.