RENCANA STRATEGIK PENGELOLAAN BISNIS WISATA RELIGIUS : TIRTA TAMAN MUMBUL SANGEH BALI

Authors

  • I Nyoman Ari Kusuma Universitas Udayana
  • I Gede Beni Wirakusuma Universitas Udayana
  • Ni Nyoman Kerti Yasa Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v2i03.760

Keywords:

Wisata Religius, analisis faktor eksternal (EFAS), analisis faktor internal (IFAS)

Abstract

Wisata Religi adalah jenis wisata yang mengacu pada perjalanan ke tempat-tempat suci, seperti kuil, gereja, masjid, atau tempat suci lainnya, yang memiliki nilai keagamaan dan spiritual bagi orang yang berkunjung. Wisata Religi dapat memberikan pengalaman yang mendalam dan dapat membantu seseorang untuk memperdalam keyakinan dan kepercayaan mereka. Lokasi  penelitian   ini  berada   di   Tirta Taman Mumbul Sangeh,  Desa Sangeh, Kecamatan  Abiansemal, Kabupaten Badung. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis SWOT, Analisis IFAS & EFAS. Hasil menunjukkan bahwa posisi Tirta Taman Mumbul Sangeh berada di Kuadran I (progresif). Kuadran 1 atau progresif yang memiliki nilai lebih pada faktor kekuatan dan peluang pada objek wisata tersebut. Progresif diartikan sebagai suatu organisasi yang berada pada kondisi yang kuat sehingga sangat dimungkinkan untuk terus melakukan pengembangan sehingga objek wisata Tirta Taman Mumbul Sangeh mampu berkembang secara optimal dan memperoleh kemajuan.

References

Anom, I. P. T., Mahagangga, I. G. O., SURYAWAN, I., & KOESBARDIATI, T. (2020). Case Study of Balinese Tourism: Myth as Cultural Capital. Utopía y Praxis Latinoamericana, 25(6), 122-133.

Ayumi, L. (2020). Melihat Profil Kabupaten Dengan Tax Ratio Tertinggi Se-Indonesia. DDTC Fiscal Research. Diakses pada Juni 26, 2020, dari https://news.ddtc.co.id/melihat-profil-kabupaten-dengan-tax-ratio-tertinggi-se-indonesia-

Freddy Rangkuti, 2004, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Graedia, Jakarta

Gayatri, Arum. 1994. Antropologi Budaya. Bandung: Rosdakarya.

Koentjaraningrat (2004), Religi Sebagai Kepercayaan Hidup

Mahagangga, I., Oka, G. A., & Suryawan, I. B. Anom, I Putu dan Kusuma Negara, I Made. 2018. Evolusi Pariwisata Di Indonesia, Turismemorfosis di Kabupaten Badung, kabupaten Banyuwangi dan kabupaten Luwu Timur. Denpasar: Cakra Media Utama.

Ommani, A. R. (2001). Strategies of rural development in Shoushtar Township of Iran (applying SWOT method). Journal of American Science, 7(1), 969–972http:// www.americanscience.org.

Reihanian, A., Noor Zalina Binti, M., Kahrom, E., & Hin, T. W. (2012). Sustainable tourism development strategy by SWOT analysis: Boujagh National Park, Iran. Tourism Management Perspectives, 4, 223–228. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2012.08.005.

Richard L. Daft, 2010, Era Baru Manajemen,Edward Tanujaya, Edisi 9,Salemba Empat

Umar A. (2016). Strategi Pengenbangan Bisnis Pada Bisnis Pariwisata, Jurnal Ekonomi Vol. 7 No. 2

Wawan Restiawan, I. K., & Agus Prayogi, P. (2019). Strategi Pengembangan Potensi Wisata Pancoran Solas Sebagai Objek Wisata Religi Di Desa Sangeh Kecamatan Abian Semal Kabupaten Badung.

Downloads

Published

2023-05-16

How to Cite

Ari Kusuma, I. N., Beni Wirakusuma, I. G. ., & Kerti Yasa, N. N. (2023). RENCANA STRATEGIK PENGELOLAAN BISNIS WISATA RELIGIUS : TIRTA TAMAN MUMBUL SANGEH BALI . Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(03), 153–159. https://doi.org/10.56127/jukim.v2i03.760

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.