PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMBELI IKAN ASIN BIAWAN (HELOSTOMA TEMMINCKII) DI KAMPUNG MUARA BELOAN KECAMATAN MUARA PAHU KABUPATEN KUTAI BARAT
DOI:
https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i3.380Keywords:
Karakteristik, Perilaku Konsumen, Ikan Biawan AsinAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku dan karakteristik konsumen yang membeli ikan asin Biawan di desa Muara Beloan. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen dan terdapat karakteristik konsumen yaitu; usia, jenis kelamin, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan dan pendapatan. Karakteristik responden yang membeli ikan asin Biawan termasuk usia produktif dengan rata-rata usia 20-25 tahun. Dan jenis kelamin responden didominasi oleh perempuan. Responden dengan jenis pekerjaan wiraswasta lebih dominan, dan pendapatan rata-rata responden adalah Rp 500.000 - Rp 3.000.000. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2021 sampai September 2022. Jenis data penelitian menggunakan data kualitatif deskriptif dan data primer diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam proses pengambilan keputusan pembelian ikan asin Biawan perilaku konsumen dilakukan dengan; mengidentifikasi kebutuhan, sumber informasi, mengevaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Responden lebih memilih menjadikan harga yang terjangkau sebagai alasan utama dalam proses pengambilan keputusan pembelian melalui pengenalan kebutuhan, sedangkan melalui sumber informasi pengaruh penjual sangat berpengaruh terhadap responden agar segera melakukan pembelian. Metode evaluasi alternatif menunjukkan Ikan Biawan Asin memiliki ciri khas dan cita rasa yang sesuai dengan responden. Selanjutnya melalui keputusan pembelian, responden lebih memilih ikan asin Biawan untuk dikonsumsi karena harganya lebih murah. Harganya relatif murah yaitu Rp 60.000/kg untuk ukuran besar dan Rp 35.000/kg untuk ukuran kecil. Terakhir setelah pembelian, jika ikan asin dari Biawan mengalami peningkatan maka tindakan yang akan dilakukan konsumen adalah mencari ikan asin jenis lain atau membeli di tempat lain. Dan tingkat kepuasan setelah mengkonsumsi ikan asin Biawan cukup puas.
References
Data BPS Kabupaten Kutai Barat, 2020. Letak Geografis dan Administrasi Kecamatan Muara Pahu
Hardin.A, Fitriyana, Gunawan BI. 2022. Analisis Evaluasi Kinerja Pembangunan Perikanan Budidaya di Kota Samarinda. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, Vol.2 No.2, Juni2022, pp. 70 -87E-ISSN: 2827-7961 (Online). https://journal.sinov.id/index.php/jurimbik
James F. Angel, Roger D Blackwell, Paul W.1994. Perilaku Konsumen dan Manajemen
Juslimin, Fitriyana, Gunawan BI. 2022. Pola Nafkah Ganda keluarga Nelayan di Desa Penyinggahan Ilir Kecamatan Penyinggahan Kabupaten Kutai Barat. Journal Perikanan, 12 (3), 428-437. http://doi.org/10.29303/jp.v12i3.354
Khaira Usnia, Kusai, Zulkarnain. 2020. Perilaku Konsumen Dalam Membeli Ikan Salai Di Pasar Bawah Kota Pdekanbaru Provinsi Riau. Jurnal Sosial Ekonomi Pesisir, 1(2), 74-83. https://sep.ejournal.unri.ac.id/index.php/jsep/article/view/35
Monografi Kampung Muara Beloan, 2021. Administrasi Kampung Muara Beloan.
N. Sajidin, 2017. Perilaku Konsumen Dalam Membuat Keputusan Pembelian Ikan Konsumsi Di Kelurahan Margasari Balikpapan Barat Kota Balikpapan. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan. Universitas Mulawarman: Samarinda.
Mulyana, M. 2019. Menganalisis Perilaku Konsumen. Manajemen Pemasaran
Peraturan Daerah Kabupaten Kutai Barat. 2003. No.14. Pembentukan Kampung dalam wilayah Kabupaten Kutai Barat.
Sugiyono 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung. Alfabeta.
Subianto, Totok. 2007. Studi tentang perilaku konsumen beserta implikasinya terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3 (3). pp. 165-182.
Yasin. M, Priyono. J. 2016. Analisis Faktor Usia, Gaji, Dan Beban Tanggungan Terhadap Produksi Home Industri Sepatu Di Sidoarjo (Studi Kasus Di kecamatan Krian). Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol.1 No.1, Maret2016, 95-120