DETERMINAN KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, FITUR LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN TRANSAKSI SHOPEEPAY DI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v3i3.1092Keywords:
kemudahan, kepercayaan, persepsi risiko, fitur layanan, keputusan penggunaan, shopeepayAbstract
ShopeePay merupakan salah satu fitur layanan dompet digital yang ditawarkan oleh Shopee untuk memudahkan bertransaksi. Tujuan mengetahui pengaruh kemudahan, kepercayan, persepsi risiko dan fitur layanan penggunaan secara simultan dan parsial terhadap keputusan penggunaan transaksi ShopeePay di Jakarta. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah: uji validitas, uji asumsi klasik, analisis Regresi Linear Berganda, uji F, uji t, dengan menggunakan alat bantu pengujian SPSS. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 150 responden melalui google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kemudahan, kepercayaan, persepsi risiko dan fitur layanan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan transaksi ShopeePay di Jakarta.
References
Amaroso, D.L.(2011). Building A Research Model For Mobile Wallet Consumer Adoption. Jurnal Of Theoretical And Applied Electronic Commerce Research
Amit, R. and Zott, C. (2012) Creating Value through Business Model Innovation. MIT Slogan Management Review, 53, 41-49.
Anggono, Buyung Nova Tri., Istiatin., dan A B,Solichul Hadi.(2020). Persepsi Kemudahan,Resiko Dan Kepercayaan Ter hadap Keputusan Penggunaan GOPAY (Studi kasus pada Mahasiswa UNIBA Surakarta).FOKUS EKONOMI Jurnal Ilmiah Ekonomi P-ISSN: 1907-1603 E-ISSN: 2549-8991
Dorfleitner, G., Hornuf, L., Schmitt, M., & Weber, M. (2017). FinTech in Germany. In FinTech in Germany. https://doi.org/10.1007/978-3-319-54666-7
Ghozali, Imam. (2018). ,Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Kotler, Philip. & Gary Armstrong. (2016). Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016), Marketing Management, (16thEdition), New Jersey: Prentice Hall Published.
Kurnianingsih, Heny., dan Maharani, Trisna, (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Fitur Layanan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Teknologi Vol. 12. NO. 1 (2020P-ISSN :2085-8108 E-ISSN : 2541-3503
Morgan, R.M. &Hunt, S.D. (1994). The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing, Journal of Marketing, 58 (3), 20 – 38.
https://keuangan.kontan.co.id/news/semakin-diminati-masyarakat-bisnis-dompet-digital-terus-menanjak
Pavlou, P, A. (2003). Consumer Acceptance of Electronic Commerce: Integrating Trust and Risk with The Technology Acceptance Model. International Journal of Eletronic Commercxe, Vol 7(No 3).
Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Rangkuti, Freddy. (2009). Mengukur Efektivitas Program Promosi dan Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta: Gramedia.
Schiffman, L.G., & Kanuk, L.L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed). New Jersey, Pearson Prentice Hall.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suyanto, M. 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.