PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN MINISO DI SAMARINDA

Authors

  • Muhammad Sendi Universitas Mulawarman
  • Muhammad Zaini Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1562

Keywords:

Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Sales Promotion, Impulse Buying

Abstract

Pada era teknologi informasi yang semakin canggih sangat berdampak dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya yaitu mengakibatkan pertumbuhan bisnis dan persaingan bisnis semakin ketat. Salah satu sektor bisnis yang terdampak oleh teknologi informasi yang semakin canggih yaitu sektor bisnis retail. Perkembangan bisnis retail lokal atau asing di Indonesia tidak luput dari peran konsumen itu sendiri, perilaku konsumen pada era sekarang ini memiliki kebutuhan yang bermacam-macam dan meningkat terhadap produk retail sehingga secara tidak langsung meningkatkan perkembangan bisnis retail itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Miniso Di Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Miniso di Samarinda, sementara sampel sebanyak 100 orang diambil menggunakan metode purposive nonprobability sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibuat dengan menggunakan formulir Google. Uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis digunakan untuk mengolah data menggunakan program IBM SPSS 23. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hedonic Shopping Motivation berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying, (2) Shopping Lifestyle berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying (3) Sales Promotion berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Impulse Buying. (4) Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle dan Sales Promotion secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying.

References

Asning Kosyu Kadarisman Hidayat Yusri Abdillah, D. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping

Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet

Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 14, Issue 2).

Ekonomi Unisma, F., Mardhotus Sholihah, U., Rachma, N., & Racmat Slamet, A. (n.d.). e-Jurnal

Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Pengaruh Shopping Life Style, Fashion Involvement,

Hedonic Shopping Motivation Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Di Malang Town

Square, Dan Mall Olympic Garden (Study pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam

Malang). www.fe.unisma.ac.id

Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana S-, U. (n.d.). Pengaruh Hedonic

Shopping Motivation, Promotion, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada

Konsumen Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Ummagelang) Skripsi Program Studi

Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang Tahun 2020.

Nurtanio, I. N., Bursan, R., Wiryawan, D., & Listiana, D. I. (2022). TAFKIRUL IQTISHODIYYAH

STIS DARUL ULUM LAMPUNG TIMUR The Influence of Shopping Lifestyle and Hedonic

JURNAL JEKMA Vol 1 No. 1 Februari 2022| pISSN: XXXX-XXXX, eISSN: XXXX-XXXX, Halaman 00-00

Shopping Motivation on Impulse Buying in Bukalapak E-Commerce (Study on Bukalapak

Consumers in Bandar Lampung). 2(2). http://ejournal.stisdulamtim.ac.id/index.php/JTI

Pranggabayu, B., & Lestari Andjarwati, A. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan

Store Atmsophere Terhadap Impulsive Buying (Studi Pada Pengunjung Miniso Tunjungan Plaza).

SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan,

(6), 951–966. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.112

Pratama, V., Agung Nugroho, A., & Yusnita, M. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan

Social Media Product Browsing terhadap Online Impulse Buying Produk Fashion pada Gen-Z di

Pangkalpinang. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(5), 1057–

https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i5.563

Purnomo, H., & Riani, L. P. (2018). Analisis Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulse Buying

Toko Daring pada Masyarakat Kota Kediri. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 68–88.

https://doi.org/10.25139/ekt.v2i1.719

Rahmawati, A., Fachrudy Asj’ari, S., Psi, M. M., Samsiyah, S., Program, M. M., Manajemen, S., &

Ekonomi, F. (n.d.). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Melalui

Positive Emotion Konsumen City Of Tomorrow Di Surabaya.

Ratu, B. R., Soegoto, A. S., & Samadi, L. S. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion

Involvement, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Behaviour (Survey

Pada Konsumen Pt.Matahari Departement Store Mega Mall Manado) The Effect Of Shopping

Lifestyle, Fashion Involvement, And Hedonic Shopping Motivation On Impulse Buying Behavior

(Survey On Consumers Of Pt. Matahari Department Store Mega Mall Manado). In 1282 Jurnal

Emba (Vol. 9).

Suci Wahyuni, R., Abrilia Setyawati, H., & Putra Bangsa, S. (2020a). Pengaruh Sales Promotion,

Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada E-Commerce

Shopee. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 2, Issue 2).

http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index

Ulul Fauzi, L., Hedonic Shopping Value Dan, P., & Welsa, H. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping

Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai

Variabel Intervening. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 10, 150–160.

http://journal.umy.ac.id/index.php/bti

Unisma, F. E., Muhammad Muiz, O., Rachma, N., Afi, ), Slamet, R., Manajemen, P., Ekonomi, F.,

& Bisnis, D. (n.d.). e-Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN. www.fe.unisma.ac.id

Viany Juwita, T., Hartono, H., Subagja, G., Administrasi Bisnis, I., & Lampung, U. (2022).

Pengaruh Promosi Flash Sale dan Website Quality terhadap Impulse Buying pada Marketplace

Shopee : Studi pada Mahasiswa Pengguna Shopee di Bandar Lampung (The Effect of Flash Sale

Promotion and Website Quality on Impulse Buying at Shopee Marketplace : Studies on User College

Students Shopee in Bandar Lampung). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 2(1), 1–12.

https://doi.org/10.35912/JBPD.v2i1.1960

Yana, D., Yusliyanti, R., Jember, U., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (n.d.). Pengaruh Hedonic Shopping

Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pengunjung Roxy

Square Jember The Effect Of Hedonic Shopping Motivation And Shopping Lifestyle Toward

Impulse Buying Fashion Product Visitors Roxy Square Jember

Yully Styowati, C., Dwiridotjahjono, J., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). The

Influence Of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, And Sales Promotion On Impulse

Buying Of Sociolla Users In Surabaya Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle

Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Sociolla di Surabayaid 2

*Corresponding Author. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 2).

http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Yustina, F., Zainul, S., & Yulianto, A. E. (2016). Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Shopping

Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei pada Konsumen Superindo Supermarket Yang Melakukan

Impulse Buying). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 37, Issue 1). www.superindo.co.id

Zayusman, F., & Septrizola, W. (n.d.). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle

Terhadap Impulse Buying pada Pelaggan Tokopedia di Kota Padang.

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

Muhammad Sendi, & Muhammad Zaini. (2024). PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN MINISO DI SAMARINDA. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(2), 01–09. https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1562

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.