PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN MINISO DI SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1562Keywords:
Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, Sales Promotion, Impulse BuyingAbstract
Pada era teknologi informasi yang semakin canggih sangat berdampak dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya yaitu mengakibatkan pertumbuhan bisnis dan persaingan bisnis semakin ketat. Salah satu sektor bisnis yang terdampak oleh teknologi informasi yang semakin canggih yaitu sektor bisnis retail. Perkembangan bisnis retail lokal atau asing di Indonesia tidak luput dari peran konsumen itu sendiri, perilaku konsumen pada era sekarang ini memiliki kebutuhan yang bermacam-macam dan meningkat terhadap produk retail sehingga secara tidak langsung meningkatkan perkembangan bisnis retail itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Miniso Di Samarinda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Miniso di Samarinda, sementara sampel sebanyak 100 orang diambil menggunakan metode purposive nonprobability sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibuat dengan menggunakan formulir Google. Uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis digunakan untuk mengolah data menggunakan program IBM SPSS 23. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hedonic Shopping Motivation berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying, (2) Shopping Lifestyle berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying (3) Sales Promotion berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Impulse Buying. (4) Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle dan Sales Promotion secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Impulse Buying.
References
Asning Kosyu Kadarisman Hidayat Yusri Abdillah, D. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping
Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet
Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 14, Issue 2).
Ekonomi Unisma, F., Mardhotus Sholihah, U., Rachma, N., & Racmat Slamet, A. (n.d.). e-Jurnal
Riset Manajemen PRODI MANAJEMEN Pengaruh Shopping Life Style, Fashion Involvement,
Hedonic Shopping Motivation Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Di Malang Town
Square, Dan Mall Olympic Garden (Study pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam
Malang). www.fe.unisma.ac.id
Memenuhi Sebagian Persyaratan Mencapai Derajat Sarjana S-, U. (n.d.). Pengaruh Hedonic
Shopping Motivation, Promotion, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada
Konsumen Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Ummagelang) Skripsi Program Studi
Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang Tahun 2020.
Nurtanio, I. N., Bursan, R., Wiryawan, D., & Listiana, D. I. (2022). TAFKIRUL IQTISHODIYYAH
STIS DARUL ULUM LAMPUNG TIMUR The Influence of Shopping Lifestyle and Hedonic
JURNAL JEKMA Vol 1 No. 1 Februari 2022| pISSN: XXXX-XXXX, eISSN: XXXX-XXXX, Halaman 00-00
Shopping Motivation on Impulse Buying in Bukalapak E-Commerce (Study on Bukalapak
Consumers in Bandar Lampung). 2(2). http://ejournal.stisdulamtim.ac.id/index.php/JTI
Pranggabayu, B., & Lestari Andjarwati, A. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan
Store Atmsophere Terhadap Impulsive Buying (Studi Pada Pengunjung Miniso Tunjungan Plaza).
SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan,
(6), 951–966. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i6.112
Pratama, V., Agung Nugroho, A., & Yusnita, M. (2023). Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan
Social Media Product Browsing terhadap Online Impulse Buying Produk Fashion pada Gen-Z di
Pangkalpinang. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(5), 1057–
https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i5.563
Purnomo, H., & Riani, L. P. (2018). Analisis Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulse Buying
Toko Daring pada Masyarakat Kota Kediri. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 68–88.
https://doi.org/10.25139/ekt.v2i1.719
Rahmawati, A., Fachrudy Asj’ari, S., Psi, M. M., Samsiyah, S., Program, M. M., Manajemen, S., &
Ekonomi, F. (n.d.). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Melalui
Positive Emotion Konsumen City Of Tomorrow Di Surabaya.
Ratu, B. R., Soegoto, A. S., & Samadi, L. S. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion
Involvement, Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying Behaviour (Survey
Pada Konsumen Pt.Matahari Departement Store Mega Mall Manado) The Effect Of Shopping
Lifestyle, Fashion Involvement, And Hedonic Shopping Motivation On Impulse Buying Behavior
(Survey On Consumers Of Pt. Matahari Department Store Mega Mall Manado). In 1282 Jurnal
Emba (Vol. 9).
Suci Wahyuni, R., Abrilia Setyawati, H., & Putra Bangsa, S. (2020a). Pengaruh Sales Promotion,
Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada E-Commerce
Shopee. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 2, Issue 2).
http://journal.stieputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index
Ulul Fauzi, L., Hedonic Shopping Value Dan, P., & Welsa, H. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping
Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai
Variabel Intervening. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori Dan Implementasi, 10, 150–160.
http://journal.umy.ac.id/index.php/bti
Unisma, F. E., Muhammad Muiz, O., Rachma, N., Afi, ), Slamet, R., Manajemen, P., Ekonomi, F.,
& Bisnis, D. (n.d.). e-Jurnal Riset ManajemenPRODI MANAJEMEN. www.fe.unisma.ac.id
Viany Juwita, T., Hartono, H., Subagja, G., Administrasi Bisnis, I., & Lampung, U. (2022).
Pengaruh Promosi Flash Sale dan Website Quality terhadap Impulse Buying pada Marketplace
Shopee : Studi pada Mahasiswa Pengguna Shopee di Bandar Lampung (The Effect of Flash Sale
Promotion and Website Quality on Impulse Buying at Shopee Marketplace : Studies on User College
Students Shopee in Bandar Lampung). Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 2(1), 1–12.
https://doi.org/10.35912/JBPD.v2i1.1960
Yana, D., Yusliyanti, R., Jember, U., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (n.d.). Pengaruh Hedonic Shopping
Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Produk Fashion Pengunjung Roxy
Square Jember The Effect Of Hedonic Shopping Motivation And Shopping Lifestyle Toward
Impulse Buying Fashion Product Visitors Roxy Square Jember
Yully Styowati, C., Dwiridotjahjono, J., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). The
Influence Of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle, And Sales Promotion On Impulse
Buying Of Sociolla Users In Surabaya Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle
Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Sociolla di Surabayaid 2
*Corresponding Author. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 4, Issue 2).
http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Yustina, F., Zainul, S., & Yulianto, A. E. (2016). Pengaruh Hedonic Motives Terhadap Shopping
Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei pada Konsumen Superindo Supermarket Yang Melakukan
Impulse Buying). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 37, Issue 1). www.superindo.co.id
Zayusman, F., & Septrizola, W. (n.d.). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle
Terhadap Impulse Buying pada Pelaggan Tokopedia di Kota Padang.