PENGARUH KEPERCAYAAN, LITERASI KEUANGAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DANA DALAM TRANSAKSI KEUANGAN (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MULAWARMAN)

Authors

  • M. Mikfha Hatari Universitas Mulawarman
  • Tuti Wediawati Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1591

Keywords:

Dana, Minat Penggunaan, Kepercayaan, Literasi Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat penggunaan aplikasi dompet digital Dana dalam transaksi keuangan pada mahasiswa Universitas Mulawarman. Jenis  penelitian ini  menggunakan penelitian eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling melalui metode purposive sampling   dengan total responden 100 orang. Teknik analisa data  menggunakan program SPSS (Statitical Package for The Social Science). Hasil penelitian menunjukan 2 variabel memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap minat Penggunaan dompet digital Dana yakni kepercayaan dan literasi keuangan sedangkan variabel fitur layanan memiliki pengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap minat penggunaan dompet digital Dana. Hasil terakhir yang ditemukan adalah variabel kepercayaan, literasi keuangan dan fitur layanan yang memiliki pengaruh signifikan secara simultan terhadap minat penggunaan Dana.

References

Aji Cakti. (2021). Studi: Pengguna dompet digital meningkat drastis di masa Covid-19. https://www.antaranews.com/berita/2022936/studi-pengguna-dompet-digital-meningkat-drastis-di-masa-covid-19 diakses pada 9 Desember 2022

CNBC. (2019). Daftar 10 Dompet Digital Terpopuler di RI, Siapa Jawaranya? https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190815104730-37-92151/daftar-10-dompet-digital-terpopuler-di-ri-siapa-jawaranya

Destya, V. (2023). Industri Dompet Digital Tetap Catatkan Pertumbuhan Positif pada 2023. https://keuangan.kontan.co.id/news/industri-dompet-digital-tetap-catatkan-pertumbuhan-positif-pada-2023#:~:text=DANA Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang,150 juta di tahun 2023.

Devita, V. D. (2020). E-Wallet Lokal Masih Mendominasi Q2 2019-2020. Iprice. https://iprice.co.id/trend/insights/top-e-wallet-di-indonesia-2020/

Gustiana, R., & Agustina, R. (2023). Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Dana Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi STIE Nasional Banjarmasin.

Latifiana, D. (2017). STUDI LITERASI KEUANGAN PENGELOLA USAHA KECIL MENENGAH (UKM). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/10635

MEGADEWANDANU, S. (2016). ADOPSI TEKNOLOGI MOBILE WALLET DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL UTAUT2. http://e-journal.uajy.ac.id/11081/

Mozes, A. (2022). Utamakan Pengalaman Transaksi Digital, DANA Raih Pencapaian Positif. https://www.teknogav.com/2022/01/pencapaian-dana-ewallet-2021.html

Nadia, A. (2020). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, MANFAAT, KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINTECH DANA (Studi pada pengguna Dana di Wilayah Jakarta Utara). http://repository.stei.ac.id/id/eprint/2309

Prajanto, A., & Pratiwi, R. D. (2019). REVOLUSI INDUSTRI 4.0: DESAIN PERKEMBANGAN TRANSAKSI DAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN. http://jurnal.stietotalwin.ac.id/index.php/jimat/article/view/187

Pratiwi, D. S., & Nuryana, I. K. D. (2021). Analisis Tingkat Penerimaan dan Kepercayaan Pengguna Teknologi Terhadap Penggunaan Dompet Digital DANA. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/43436

Refha Febriana Setiawan. (2020). Analysis of Factors Affecting the Interest of People to Use DANA Application Using Principal Component Analysis Method (PCA). International Research Journal of Advanced Engineering and Science. http://irjaes.com/wp-content/uploads/2020/10/IRJAES-V5N1P230Y20.pdf

Roska, W. C. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Kemudahan, Dan Pengalaman Menggunakan Teknologi Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet.

Salma, R. K. (2023). Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Menggunakan BSI Mobile (Studi pada Mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang).

Suharyati, S., & Sofyan, P. (2019). EDUKASI FINTECH BAGI MASYARAKAT DESA BOJONG SEMPU BOGOR. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i2.2880

Turnip, R. (2022). PENGARUH E-PROMOTION DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET DANA. Repository Unja.

Umaningsih, W. P., & Dewi Kusuma Wardani. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Keamanan Terhadap Niat Menggunakan E-Money. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jae.v5i3.14057

Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, FITUR LAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY CARD (STUDI PADA PENGGUNA JASA COMMUTERLINE DI JAKARTA). JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 6(1), 440–456. https://doi.org/10.21009/JRMSI.006.1.06

Downloads

Published

2024-08-02

How to Cite

M. Mikfha Hatari, & Tuti Wediawati. (2024). PENGARUH KEPERCAYAAN, LITERASI KEUANGAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL DANA DALAM TRANSAKSI KEUANGAN (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MULAWARMAN). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 4(2), 30–36. https://doi.org/10.56127/jaman.v4i2.1591

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.