DAMPAK PROMOSI PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KETERLIBATAN PELANGGAN DAN MINAT BELI PADA USAHA MIKRO MENENGAH DAN KECIL

Authors

  • Ahmad Rojikun Universitas Mohammad Husni Thamrin, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v2i1.213

Keywords:

Promosi, Media Sosial, Keterlibatan Pelanggan, Minat Beli.

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menghadapi persaingan maka wajib beradaptasi dan berinovasi agar mampu bertahan dan berkelanjutan. Saat ini, teknologi terus berkembang, dengan adanya penemuan internet yang merevolusi peradaban manusia, maka UMKM yang mampu beradaptasi dengan memanfaatkan internet akan maju dan berkembang ke arah yang lebih baik. Media sosial merupakan salah satu dampak dari perkembangan internet, yang memudahkan manusia untuk berinteraksi dengan sesama. Penelitian ini menganalisis pengaruh promosi pada media sosial terhadap keterlibatan pelangggan dan minat beli pada 30 unit usaha UMKM di Pamulang, Tangerang Selatan. Data dikumpulkan dengan kuesioner skala likert dan diolah dengan SmartPLS versi 3.00. Hasil penelitian menunjukkan Promosi di media sosial berpengaruh signifikan terhadap keterlibatan pelanggan, promosi di media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli, keterlibatan pelanggan mempu memediasi secara signifikan promosi di media sosial terhadap minat beli.

References

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasara. Prehallindo.

Muttaqin, Z. (2011). Facebook marketing dalam komunikasi pemasaran modern. TEKNOLOGI: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 1(2).

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Nugraha, H. P. (2021). Pengaruh Elemen Pemasaran Media Sosial Terhadap Keterlibatan Konsumen Pada Merek, Kesadaran Merek dan Citra Merek.

Pamungkas, B. A. (2016). Pengaruh promosi di media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada Kedai Bontacos, Jombang). Jurnal Komunikasi, 10(2), 145–160.

Popilin, A. N. S., & Azizah, N. (2022). Pengaruh Keterlibatan Konsumen, Citra Merek, Kemudahan Penggunaan, dan Pemasaran Media Sosial terhadap Tindakan Pasca Pembelian. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(6), 1660–1681.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80.

Ridanasti, E. (2021). Keterlibatan Pelanggan dan Antesedennya pada Transaksi E-Commerce pada Generasi Z. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(2), 48–59.

Rudyanto, R. (2018). Pengaruh Pemasaran jejaring media sosial dan keterkaitan konsumen terhadap niat beli konsumen. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(2), 177–200.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer behavior. Upper Saddle River.

Schultz, D. E., & Peltier, J. J. (2013). Social media’s slippery slope: challenges, opportunities and future research directions. Journal of Research in Interactive Marketing.

Shahnaz, N. B. F., & Wahyono, W. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Di Toko Online. Management Analysis Journal, 5(4).

Siswanto, T., Suparman, S., & Fathurrahman, A. (2020). Optimalisasi Strategi Penggunaan Media Sosial Dalam Menciptakan Customer Engagement Pada Usaha Kecil Dan Menengah. Liquidity: Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9(2), 166–174.

So, K. K. F., King, C., & Sparks, B. (2014). Customer engagement with tourism brands: Scale development and validation. Journal of Hospitality & Tourism Research, 38(3), 304–329.

Suherman, A., & Yusuf. (2021). The effect of human agility, digital literature, curriculum and the role of the family on the interest of the millennial generation in entrepreneurship through capabilities as intervening variables. Journal of Economics and Business Letters, 1(2), 4–17.

Wandanaya, A. B. (2012). Pengaruh Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(2), 174–185.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Ahmad Rojikun. (2022). DAMPAK PROMOSI PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP KETERLIBATAN PELANGGAN DAN MINAT BELI PADA USAHA MIKRO MENENGAH DAN KECIL. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 96–103. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i1.213

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.