PENGARUH PERSEPSI HARGA, LABEL HALAL INDONESIA, DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIXUE ICE CREAM & TEA (STUDI KASUS PADA KONSUMEN MUSLIM DI WILAYAH BEKASI)

Authors

  • Nurul Khotimah Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.840

Abstract

Label halal menjadi pertimbangan bagi sebagian orang untuk membeli sebuah produk karena mayoritas islam dengan prioritas produk berlabel halal, sehingga para pelaku usaha sudah banyak yang mendaftarkan label halal di kemasan produk untuk bisa meningkatkan daya tarik kosumen[3], sedangkan Viral marketing bekerja seperti penyebaran virus yang memiliki tujuan agar pesan iklan yang diinformasikan pada masyarakat dapat disebarluaskan Kembali berlipat-lipat pada orang lain[10].

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Persepsi Harga, Label Halal, dan viral marketing terhadap Keputusan Pembelian produk mixue khususnya yang berada di wilayah Kota Bekasi, baik pengaruh secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif dengan tahapan uji yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang diperoleh secara online dengan data valid yang dikumpulkan sebanyak 200 responden masyarakat konsumen muslim yang sudah pernah membeli produk mixue di wilayah Kota Bekasi. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan rumus Bernoulli, dengan alat hitung menggunakan SPSS 22. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel Persepsi Harga, Label Halal, dan viral marketing berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk mixue. Dapat terlihat pula bahwa variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap Keputusan Pembelian produk mixue di wilayah Kota Bekasi adalah variabel viral marketing, serta diperoleh nilai adjusted r squre sebesar 0,574 yang berarti bahwa variabel Persepsi Harga, Label Halal, dan viral marketing memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 57% dan 43% Keputusan Pembelian produk mixue di wilayah Kota Bekasi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas didalam penelitian ini.

References

. Andora & Yusuf. 2021. Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Pelanggan Pada Platform Shopee. Manajerial, Vol. 20 No.2 Desember 2021, Hal – 208. E-ISSN: : 2527 – 4570, P-ISSN: : 1412 – 6613.

. Azhara, dkk. 2023. Pengaruh Konten TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue pada Mahasiswa Universitas Djuanda. Karimah Tauhid, Volume 2 Nomor 1 (2023), e-ISSN 2963-590X.

. Devi, dkk. 2022. Pengaruh Digital Marketing, Label Halal, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian UMKM Oleh-oleh Getuk Eco Magelang. Borobudur Management Review. Vol. 2 No. 2 (2022) pp. 87-111. E-ISSN : 2798-3676.

. Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

. Haryanto, dkk. 2021. Social Media and Viral Marketing Analysis of Purchase Decisions Through Tiktok Applications. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, Volume 9, Nomor 2 (hlm.33-39).

. Irwansyah, Rudy, dkk. 2021. Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Bandung: Widina Bhakti Persada (Grup CV. Widina Media Utama).

. Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta:Erlangga.

. Kotler, and Armstrong. 2018. Prinsip-Prinsip Pemasaran 2. Edisi 12. 2018: Erlangga.

. Kotler, Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 J. Jakarta:Erlangga.

. Maulida, dkk. 2022. Pengaruh Viral Marketing dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, Universitas Bina Taruna Gorontalo. Volume IX Nomor 1, 2022. E- ISSN: 2715-9671.

. Melan. 2023. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education. Vol. 05 No. 03 Maret – April 2023. E-ISSN: 2654-5497, P-ISSN: 2655-1365.

. Nursalim & Rita. 2023. The Influence of Marketing and Brand Awareness on Consumers Purchase Intention of Mixue Beverage Products in Jakarta. Journal of International Conference Proceedings (JICP) Vol. 6 No. 1, pp. 100-111, March, 2023. P-ISSN: 2622-0989 E-ISSN: 2621-993X.

. Rahayu, Tri & Handayani. 2023. Pengaruh Label Halal, Promosi di Media Sosial, dan Word of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian MS Glow di Cilacap. Jurnal Manajemen. Vol. 17, No. 1, April 2023. E-ISSN: 2277-300X, P-ISSN:1978-6573.

. Riska, dkk. 2020. Pengaruh Label Halal, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk AICE (Studi Kasus pada Mahasiswa UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol. 2, No. 1, Oktober 2020. E-ISSN: 2716-258.

. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

. https://www.cnbcindonesia.com/news/ (diakses Juni 2023)

. https://www.kompasiana.com/ (diakses Juni 2023)

. https://goodstats.id/ (diakses Juni 2023)

Downloads

Published

2023-07-23

How to Cite

Nurul Khotimah. (2023). PENGARUH PERSEPSI HARGA, LABEL HALAL INDONESIA, DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIXUE ICE CREAM & TEA (STUDI KASUS PADA KONSUMEN MUSLIM DI WILAYAH BEKASI). Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 3(2), 106–115. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i2.840

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.