PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS LAYANAN, DAN KUALITAS INFORMASI PADA APLIKASI MOBILE JKN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI WILAYAH JABODETABEK

Authors

  • Nurul Khotimah Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.182

Keywords:

mobile JKN, Sistem, Layanan, Informasi, Kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas sistem, kualitas layanan, dan kualitas informasi pada aplikasi mobileJKN terhadap Kepuasan peserta BPJS kesehatan sebagai pengguna aplikasi tersebut khususnya yang berdomisili wilayah Jabodetabek, baik pengaruh secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif dengan tahapan uji yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji f). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang diperoleh secara online dengan data valid yang dikumpulkan sebanyak 100 responden masyarakat pengguna aplikasi mobileJKN khususnya yang berdomisili wilayah Jabodetabek . Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan metode Rao Purba, dengan alat hitung menggunakan SPSS 25. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel kualitas sistem, kualitas layanan dan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta BPJS kesehatan pada aplikasi mobileJKN. Dapat terlihat pula bahwa variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan peserta BPJS kesehatan pada aplikasi mobileJKN adalah variabel kualitas sistem, serta diperoleh nilai adjusted r squre sebesar 0,724 yang berarti bahwa variabel kualitas sistem, kualitas layanan, dan kualitas informasi memiliki pengaruh terhadap variabel kepuasan peserta BPJS kesehatan pada aplikasi mobileJKN sebesar 72% dan 28% variabel kepuasan peserta BPJS kesehatan pada aplikasi mobileJKN dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas didalam penelitian ini.

References

. Ardianto, Agung, Silmi Fauziati, & Eko Nugroho. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Kepuasan Pengguna Akhir Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (Studi Kasus di BPK-RI).

. DeLone, W., & McLean, E. (2003). The DeLone McLean Model of Information System Success: A

Ten-Year Update. Journal of Management Information System, 19(4), 9- 30.

. Jogiyanto. (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

. Jogiyanto. (2009). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

. Khusna, Asmaul, dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Penggunaan Berkelanjutan Aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Informatika dan sistem Informasi (JIFoSI). Vol. 2 No. 2 Juli 2021. E-ISSN : 2722-130.

. Komala Rita. (2020). Analisis Kualitas Layanan Mobile JKN Terhadap Kepuasan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis islam. Vol. 6 Nomor 2 Ed. Juli-Desember 2020 Hal 188-199 p-ISSN : 2356-492x, e-ISSN : 2549-9270.

. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction (Tiga ed.). Yogyakarta: Penerbit

Andi.

. Wijiutami, S. S., & Octavia, D. 2017. Pengaruh E-Service Quality terhadap E-Satisfaction serta Dampaknya pada E-Loyalty Pelanggan E- Commerce C2c di Kota Jakarta dan Bandung. E-Proceeding of Management, 4(3), 2212–2220.

. Widiani, Y. N., & Abdullah. 2018. Kualitas Pelayanan E-Government Melalui Aplikasi E-Filing Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Cibeunying terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 11(2), 38–46.

. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/ (Diakses 27 Juni 2022)

. https://www.ajnn.net/news/bpjs-kesehatan-buka-layanan-melalui-aplikasi-mobile-jkn/index.html (diakses 20 Juni 2022)

. https://tekno.kompas.com/read/2022/05/22/08010047/cara-daftar-program-rehab-via-mobile-jkn-buat-cicil-tunggakan-bpjs-dan (diakses 09 Juni 2022)

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Nurul Khotimah. (2022). PENGARUH KUALITAS SISTEM, KUALITAS LAYANAN, DAN KUALITAS INFORMASI PADA APLIKASI MOBILE JKN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI WILAYAH JABODETABEK. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 69–76. https://doi.org/10.56127/jaman.v2i2.182