DETERMINAN PENGGUNAAN MOBILE FOOD ORDERING APPLICATION JIWA+ PADA MASYARAKAT KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.56127/jaman.v4i1.1492Keywords:
TAM, MFO, jiwaAbstract
Perkembangan teknologi, pandemi covid 19, dan meningkatnya intensitas penggunaan perangkat mobile menjadi sebab bermunculannya aplikasi pemesanan makanan secara online. Technology Acceptance Model (TAM) adalah salah satu teori dan model terkemuka yang banyak digunakan untuk menjelaskan penerimaan individual terhadap penggunaan sistem teknologi informasi [2]. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas yaitu Sikap terhadap penggunaan, Daya tarik promosi, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat kegunaan terhadap aplikasi Jiwa+ khususnya pada masyarakat yang pernah membeli kopi Janji Jiwa dan Jiwa toast dan berada di wilayah Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif dengan tahapan uji yang dilakukan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan uji parsial (uji t). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang diperoleh secara online dengan data valid yang dikumpulkan sebanyak 150 responden masyarakat yang berada di wilayah Kota Bekasi dan pernah membeli kopi Janji Jiwa dan Jiwa toast. penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan pedoman yang dirumuskan oleh Rao Purba. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa pada masyarakat Kota Bekasi, variabel Sikap terhadap penggunaan, Daya tarik promosi, Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat kegunaan berpengaruh terhadap minat menggunakan aplikasi Jiwa+. Variabel daya tarik promosi merupakan variabel independen yang berpengaruh paling besar terhadap minat menggunakan aplikasi Jiwa+ untuk pemesanan kopi janji jiwa ataupun jiwa toast.
References
. Annisa,dkk. 2021. Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian Konsumen pada Aplikasi Food Delivery Selama Pandemi COVID-19. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 4-5 Agustus 2021.
. Dewi, Miftakhul. 2022. Persepsi Sikap dan Minat Penggunaan Aplikasi Pembelanjaan Online(Siplah) Di SMP Negeri Kota Yogyakarta. AKURAT|Jurnal Ilmiah Akuntansi Volume 13, Nomor 2, hlm 66-74Mei –Agustus 2022. P-ISSN 2086-4159E-ISSN 2656-6648.
. Efrizal, Renny. 2023. Analisis Model Penerimaan Teknologi (Technology Acceptance Model) Pada Aplikasi Online Pizza Hut. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa Volume 28 No. 1 April 2023. https://doi.org/10.35760/tr.2023.v28i1.4290.
. Hong, C., Choi, H., Choi, E., & Joung, H. (2021, August). Factors affecting customer intention to use online food delivery services before and during the covid-19 pandemic. Journal of Hospitality and Tourism Management, 48(1), 509-518.
. Jogiyanto. 2019. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
. Kotler, Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 J. Jakarta:Erlangga.
. Latifah, Heny. 2021. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Aplikasi OVO. Journal Image. Volume 10, Number 1, April 2021, page 53-62.
. Meiliani, N. (2016). Analisis Pengaruh Daya Tarik Desain Produk, Daya Tarik Promosi, Dan Persepsi Kualitas Terhadap Citra Merek Serta Dampak Terhadap Minat PembelianKonsumen. Semarang , Universitas Diponogoro.
. Nopy, Lina. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Minat Penggunaan pada Aplikasi OVO. Jurnal Manajemen STEI Volume 03 Number 02 (September 2020). P-ISSN :2442-4080.
. Richard, dkk. 2021. Pengaruh Technology Acceptance Model Dan Perceived Benefits Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Shopee Food Pada Masyarakat Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, Vol. 7, No. 2, September 2021, 104–114. ISSN 0216-6283 print / ISSN 2685-9408 online
. Siti Rahayu,dkk. 2022. Determinan Penggunaan Mobile Food Ordering Application Selama Pandemi COVID-19 di Indonesia. PROSENAMA November 2022. Vol. 2, pp. 246-257. ISSN 2809-4921 (online).
. Susanti, Rahmidani. 2022. Pengaruh Pengetahuan Produk dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Menggunakan Go-Pay Pada Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ecogen Universitas Negeri Padang. Vol. 5 No. 2 2022 Page 314-327 . ISSN 2654-8429 (Online).
. Yeo, V.C.S., Goh, S., & Rezaei, S. (2017, December). Consumer experiences, attitude and behavioral intention toward online food delivery (OFD) services. Journal of Retailing and Consumer Services, 35(1), 150-162.
. Zunik, Yulis. 2022. Pengaruh Kemudahan dan Pengalaman Terhadap Minat Menggunakan Kembali Dompet Digital Shopeepay Pada Nasabah PT. Pegadaian Outlet Sidoarjo. Jurnal Aplikasi Bisnis. Volume: 8 Nomor: 2, Desember 2022. E-ISSN:2407-5523, ISSN:2407-3741.
. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/22/ (diakses Juni 2024)
. https://jiwagroup.com/ (diakses Juni 2024)