PELATIHAN PUBLIKASI JURNAL TERINDEKS SINTA BAGI MAHASISWA FTIK IAIN PEKALONGAN
DOI:
https://doi.org/10.56127/jammu.v1i1.71Keywords:
Training, Journal Publication, Sinta Indeks IndexAbstract
Pelatihan Publikasi Jurnal Terindeks SINTA untuk mahasiswa adalah kursus yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas siswa dalam membuat dan menerbitkan jurnal. Mahasiswa menjadi lebih sadar akan kebutuhan untuk menerbitkan dan memproduksi karya ilmiah karena informasi dan pengetahuan disebarluaskan secara online. Hal ini sesuai dengan tren sumber bacaan seperti buku elektronik (e-book), jurnal, artikel, dan karya referensi lainnya yang lebih mudah ditemukan melalui Google dan internet. Tujuan diadakanya pelatihan publikasi berindeks SINTA diharapkan mahasiswa FTIK memiliki pengalaman dalam mempublish jurnal berindeks SINTA. Metode pengabdian ini menggunakan beberapa pendekatan yang meliputi metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Hasil dari pengabdian ini menunjukan bahwa melalui pelatihan ini telah menghasilkan beberapa artikel yang telah disubmit ke jurnal pendidikan terindeks SINTA jurnal tersebut diantaranya Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Attarbiyah: Journal of Islamic Culture and Education, Axiom: Jurnal Pendidikan Matematika, Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, Al-Islah: Jurnal Pendidikan Islam, Al-Thariq: Jurnal Pendidikan Agama Islam, English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Jurnal Pendidikan Islam, Al-Islah: Jurnal Pendidikan, Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, RESLAJ: Religion Education Social Laa Roiba Journal. Dengan melakukan submission ini para mahasiswa dapat menyalurkan ilmu kepenulisan dan publikasi ilmiah di lingkup IAIN Pekalongan.
References
Amaliyah. (2019). Program Kemitraan Masyarakat: Peningkatan Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah dan Teknik Publikasi di Jurnal Internasional. Intervensi Komunitas, 1(1).
Astuti, E., & Isharijadi, I. (2019). Pengenalan Open Journal System (OJS) untuk Publikasi Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 409–414.
Bedford, D., & Wilson, E. (2019). Study Skills for Foundation Degrees. In Study Skills for Foundation Degrees.
Firmansyah, A., Qadri, R. A., & Arham, A. (2020). Pelatihan melalui Web Seminar terkait Publikasi Artikel untuk Menembus Jurnal SINTA 2 dan Scopus. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 5(2), 131–138.
Hendra. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Universitas Tjut Nyak Dhien Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 1–12.
Ismail, I., & Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12–20.
Mathur, M. B., & VanderWeele, T. J. (2020). Sensitivity analysis for publication bias in meta-analyses. Journal of the Royal Statistical Society. Series C: Applied Statistics, 69(5). https://doi.org/10.1111/rssc.12440
Rahyudi, M. Z., Suhada, S., & Widaningsih, I. (2019). Kajian Publikasi Ilmiah Dosen Feb Unpad Dalam Indeks Scopus, Google Scholar Dan Sinta Dikti. Kandaga– Media Publikasi Ilmiah Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan, 1(1).
Rifki Aditya, Hamidah Nayati Utami, I. R. (2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT.PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 27(2), 1–6.
Siswandi, Y. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Disiplin Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Jasa Marga Cabang (Belmera) Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 17(01), 124–137.
Suryaningsum, M.Si, Ak, D. S. (2020). Strategi Universitas Meraih Nilai Tinggi Untuk Jurnal Terakreditasi Dalam SINTA. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 4(1), 73.
Wahyuningsih, S. (2019). Pengaruh Pelatihan dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan. Warta Edisi 60, 13(2), 1–16.