PELATIHAN PEMBUATAN JUDUL SKRIPSI METODE PRESENTASI DISKUSI MAHASISWA IAIN PEKALONGAN
DOI:
https://doi.org/10.56127/jammu.v1i1.73Keywords:
student, training, title, thesis, mahasiswa, pelatihan, judul, skripsiAbstract
ABSTRACT
Students are required to complete a final project/thesis as one of the requirements for graduation in college. Students who are pursuing a bachelor's degree must complete a thesis as one of their final assignments. Scientific works made by students as evidence of academic proficiency in conducting research are also included in the thesis. The service activity uses the presentation method of discussion and question and answer. This method is carried out by the presenters and training participants, so as to maximize the participants' knowledge about the search process, the methods used and how to formulate problems. The purpose of the training is to motivate IAIN Pekalongan students that tips and tricks are needed in making thesis titles. The output of the thesis title submission training that can be obtained is that students are able to compose a good and correct thesis title. Then add knowledge and skills in word processing. In the future, with the training, students are expected to be able to implement the thesis title mechanism. So in this case the sharing activities did not dampen the enthusiasm of the students to take part in this training.
Keyword: student, training, title, thesis
Abstrak
Mahasiswa wajib menyelesaikan tugas akhir/skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan di perguruan tinggi. Mahasiswa yang sedang mengejar gelar sarjana harus menyelesaikan skripsi sebagai salah satu tugas akhir mereka. Karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa sebagai bukti kemahiran akademik dalam melakukan penelitian juga termasuk dalam skripsi. Kegiatan pengabdian menggunakan metode presentasi diskusi dan tanya jawab. Metode ini dilakukan oleh pemateri dan peserta pelatihan, sehingga memaksimalkan pengetahuan peserta mengenai proses pencarian judul, metode yang digunakan serta bagaimana cara merumuskan masalah. Tujuan dilakukan pelatihan untuk memotivasi para mahasiswa IAIN Pelakalongan bahwa diperlukan tips dan trik dalam pembuatan judul skripsi. Pelatihan pengajuan judul skripsi output yang dapat di peroleh adalah mahasiswa mampu merangkai judul skripsi yang baik dan benar. Kemudian menambah pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah kata. Kedepannya dengan adanya pelatihan mahasiswa diharapkan dapat mengimplementasikan mekanisme judul skripsi. Sehingga dalam hal tersebut kegiatan sharing tidak merendam semangat para mahasiswa untuk mengikuti pelatihan ini.
Kata Kunci: mahasiswa, pelatihan, judul, skripsi
References
Afifuddin, A., & Bewa, I. (2019). Common Grammatical Errors In Writing Thesis Proposals. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 10(1).
Arifa, F. N., & Prayitno, U. S. (2019). Peningkatan Kualitas Pendidikan: Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dalam Pemenuhan Kebutuhan Guru Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(1).
Darmalaksana, W. (2019). Cara Efektif Menyusun Proposal Penelitian Skripsi. Jurnal Media Puslitpen UIN SGD Bandung, 1(2).
Kaharuddin, K. (2020). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1).
Maddinsyah, A., Hamda, N., & Hermawati, R. (2019). Penyuluhan Strategi Meraih Prestasi Dengan Cerdas Dan Beretika Masa KinI. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 2(1).
Sahla, W. A., Mukhlisah, N., Julkawait, & Irwansyah, R. (2019a). Ibm-pelatihan teknik penulisan parafrase. Jurnal Impact: Implementation and Action, 1(2).
SSeto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3).
Susetyo, & Sarwono, S. (2020). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Skripsi Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(November), 45–56.
Wijaya, T. (2019). Pelatihan Microsoft Word untuk Penulisan Skripsi. Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, 371–377.
Yaqin, A., Utami, E., & Luthfi, E. T. (2015). Sistem pendukung keputusan penentuan dosen pembimbing dengan metode logika fuzzy. Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta.