PENGARUH HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APPLE MUSIC
Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Apple MusicAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap pelanggan Apple Music. Perkembangan teknologi streaming musik, yang dipicu oleh peningkatan akses ke ponsel pintar dengan internet, telah mengubah cara musik didistribusikan dan dikonsumsi. Streaming musik telah menjadi metode dominan bagi konsumen untuk mendengarkan musik, memberikan akses tak terbatas ke katalog besar musik melalui internet. Apple Music, sebagai salah satu pemain dalam industri ini, berusaha mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelangganMetode analisis pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif, dengan tahap uji yang dilakukan mencakup Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Normalitas, Multikolinieritas, Regresi Linear Berganda, Koefisien Determinasi, Uji T, Dan Uji F. Data dikumpulkan melalui instrumen kuesioner, dengan jumlah responden yang valid mencapai 100 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik Purposive Sampling. Alat bantu pengujian yang utama adalah SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa Harga tidak berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan Apple Music. Kualitas Pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan Apple Music, Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan Apple Music
References
Arif, Febrilia, & Lutfia, (2023). The Influence of Service Quality, Price, and Customer Satisfication in Building Customer Loyalty Using Paid Music Service Application (Case Study on the Spotify Application), International Journal of Current Economics & Business Ventures.
Azis Syafik, R., & Kusumahadi, K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga DanCitra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pengguna Aplikasi Streaming Apple Music Di Indonesia).
Fitzsimmons, W.H. & M. J. Fitzsimmons. (2018). Service Management: Operations, Strategy, and Information Technology. Third Edition. Singapore: McGraw- Hill Book Co.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analsis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Giese, J.L. and Cote, J.A. (2000) Defining Consumer Satisfaction. Academy of Marketing Science Review, 1, 1-27.
Irawan, Handy. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media
Kotler, P ., & Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Rizkia, A. D., Ispriyanti, D., & Sugito, S. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pengguna Youtube Premium Menggunakan Partial Least Square. Jurnal Gaussian, 11(3), 323-331. https://doi.org/10.14710/j.gauss.11.3.323-331
Rumagit, Keintjem, & Pandowo. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Pada Kepuasan Pelanggan di Casey Music Studio. Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 40–51.
Sugiyono. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Thibault Schrepel (2024). The Apple Music Streaming Case: The Good, The Bad, and The Ugly. Network Law Review. Spring.
Tjiptono, Fandy, (2004), Strategi Pemasaran, Edisi 3, Yogjakarta.