ANALISIS PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TRAVELOKA

Authors

  • Suwardi Universitas Gunadarma
  • Rini Dwiastutiningsih Universitas Gunadarma
  • Alviani Yulyana Fertiaz Universitas Gunadarma

Keywords:

Promosi, Harga, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel Promosi, Harga dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian pada marketplace Traveloka. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis yaitu data primer kuantitatif dengan tahapan uji yang dilakukan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolinieritas,, Analisis Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji f, dan Koefisien Determinasi. Data yang digunakan menggunakan instrumen kuisoner yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden dengan kriteria Mahasiswa Gunadarma dan pernah melakukan pembelian tiket pesawat pada marketplace Traveloka. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Traveloka, variabel Harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Traveloka, variabel Persepsi Kemudahan Penggunaan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Traveloka, serta variabel Promosi, Harga dan Persepsi Kemudahan Penggunaan memiliki pengaruh secara bersama – sama atau secara simultan terhadap keputusan pembelian.

References

Ashari, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Diskon, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Traveloka (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Denty, V. P. (2018). Pengaruh Fitur Produk, Desain Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merk OPPO Type F5 Pro (Study Kasus Pada Cabang Imago Madiun Jalan Dr. Soetomo No. 96 Madiun) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Dewanty, G. A. (2018). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko terhadap Sikap Penggunaan Aplikasi Booking Online (Studi pada Pengguna Aplikasi Booking Online Traveloka di Kota Malang) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Febriyani, D. A. (2019). Pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kemanfaatan terhadap minat beli online pada mahasiswa UST Yogyakarta pengguna Zalora. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(11), 10-19.

Hafiz, M. A. (2019). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap niat Penggunaan Mobile commerce (Survey Pada Pelaku Usaha Di Sentra Tanaman Hias Cihideung Kab. Bandung Barat) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114-133.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Suwardi, Rini Dwiastutiningsih, & Alviani Yulyana Fertiaz. (2024). ANALISIS PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TRAVELOKA. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 86–95. Retrieved from https://journal.admi.or.id/index.php/JEKMA/article/view/1444

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.