ANALISIS PENGARUH PRODUK, PROMOSI dan DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BELANJA ONLINE DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI INTERVENING

Authors

  • Joko Utomo Universitas Gunadarma
  • Julius Nursyamsi Universitas Gunadarma
  • Aji Sukarno Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.472

Keywords:

Digital Marketing, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Promosi.

Abstract

Perkembangan media pemasaran berbasis digital telah merubah paradigma cara masyarakat melakukan pembelajaan berbasis online dan muncul media sosial memberikan sarana dalam melakukan pemesaran secara digital, salah satu media digital tersebut adalah Tiktok Shop, memberikan lansekap dalam pembelanjaan secara online. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, promosi, dan digital marketing terhadap keputusan pembelian melalui variabel kepuasan konsumen sebagai variabel intervening studi empiris tempat belanja online pada pengguna Tiktok Shop di wilayah kota Depok. Model analisis pengujian menggunakan model persamaan struktural dengan menggunakan aplikasi Smart PLS 3.0, SPSS dengan analisis deskriptif dan inferensial. Data yang digunakan adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner berisi 47 pernyataan kepada 200 responden. Metode pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk, Promosi, dan Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Variabel Kualitas Produk, Promosi, dan Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Variabel Kualitas Produk dan Digital Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Konsumen sendangkan variabel Promosi positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Konsumen.

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Amin, A. M., & Hendra, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada. Co. Id. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 1(1), 78–89.

Arthur, A., & Thompson, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. McGraw-Hill Education.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi. PT Raja Grafindo Persada.

Atma, F. W., & Nio, S. R. (2019). Hubungan antara Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian pada Konsumen Lazada Indonesia. Jurnal Riset Psikologi, 2019(1).

Azizi, F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Diskon dan Tagline “Gratis Ongkir” terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB, Universitas Muhammadiyah Metro). In Jurnal Manajemen DIVERSIFIKASI (Vol. 1, Issue 2).

Fadjri, A., & Silitonga, P. (2019). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan digital marketing terhadap kepuasan pelanggan di pizza marzano pondok indah mall 2. EDUTURISMA, 3(2).

Hamidi, D. Z., & Prakoso, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Variabel Intervening Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomak, 4(2), 1–18.

Harisno, H., & Pujadi, T. (2009). E-Business Dan E-Commerce Sebagai Trend Taktik Baru Perusahaan. CommIT (Communication and Information Technology) Journal, 3(2), 66–69.

Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Rayendra, A., & Maritim Nusantara, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri Di Kecamatan Bantarsari Cilacap Program Doktor Ilmu Manjemen UNSOED. In Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan (Vol. 4).

Hilmi Saputra, N., Thalib, S., Whisnu Hendratni, T., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Online Store Guzzle Di Media Sosial. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(S1), 709–718.

Indriyani, F., & Helling, L. S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website, Kepercayaan, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 5(1), 56–68.

Irawan, A. (2022). Pengaruh Desain Produk, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi Pada UMKM Bang Brew Kota Medan. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi (Jasmien), 2(3), 173–182.

Jaelani, E. (2018). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Keputusan Pembelian Online pada Konsumen Tokopedia di Bandung. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 10(2), 57–64.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Berdampak Loyalitas Dalam Berbelanja Online Pada Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57–66.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Bob Sabran, Ed.; 12th ed., Vol. 1). Erlangga.

Kotler, P., & Keller. (2016a). Marketing Management (16th ed.). Pearson.

Kotler, P., & Keller, L. (2016b). Marketing Management (15th ed.). Essex Pearson Education Limited.

Kurniati, A., & Ribowo, D. (2021). Pengaruh Brand Image dan Sosial Media Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Melalui Tokopedia (Study kasus pada kampus di Jakarta Timur). Jurnal Manajemen FE-UB, 8(1).

Laksana, F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Khalifah Mediatama.

Laudon, K., & Traver, C. G. (2017). E-Commerce 2016. Pearson.

Leonardo, B. R., Wenas, R. S., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan harga Terhadap Kepuasan Pelanggan di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNSRAT). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1721–1730.

Linardi, R. (2019 Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Online Shop RL_WATCH (Vol. 7, Issue 1).

Made Maitri Priandewi, N., Fadhilah, M., & Diansepti Maharani, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk DI E-Commerce Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yogyakarta). In JBE Jurnal Bingkai Ekonomi JBE (Vol. 7, Issue 1).

Mawardi, K. (2021). Dampak Pemasaran Digital Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Inovasi Manajemen, 1(1).

Muslim, B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Serta Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Toko Online Bellshop). Ecopreneur. 12, 2(1), 45–49.

Nadhifah, N. (2021). Analisis pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada pt citra kreasi makmur kediri. Soetomo Business Review.

Naruliza, E., & Suseno, R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia Di Kota Palembang. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 17(1), 97–108.

Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan, kemudahan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce shopee (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 43–53.

Nugroho, A. U. (2021). Majalah Ilmiah Panorama Nusantara (Vol. 30, Issue 1).

Nurhayati, N., Febrianto, A., & Rasyidi, R. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Sepeda Motor Honda Scoopy Di Kota Puruk Cahu. Jurnal Bisnis Dan Pembangunan, 9(2), 54–64.

Oktapiana, G. (2018). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Jual Beli Online (Studi Kasus Pada E-Commerce Website BerryBenka). Institutional Respository Universitas Bakrie.

Pramesti, D. Y., Widyastuti, S., Riskarini, D., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Pancasila, U. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk, Dan Promosi E-Commerce Terhadap Kepuasan Konsumen Shopee. JIMP, 1(1).

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25–36.

Rosmaniar, A., Rahmawati, A., Riandi, R., Martasari, S. S., & Ganesha, T. P. (2021). pengaruh harga, kualitas produk, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian pada Thrift store di Instagram. Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD), 3(1), 1–10.

Rosyihuddin, M. (2020). Kualitas Produk, Harga Terhadap Loyalitas Dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pengguna Tokopedia Di Kabupaten Gresik. Jurnal Manajerial. https://doi.org/10.30587/manajerial.v7i1.1067

Sánchez-Franco, M. J., Peral-Peral, B., & Villarejo-Ramos, Á. F. (2014). Users’ intrinsic and extrinsic drivers to use a web-based educational environment. Computers & Education, 74, 81–97.

Sanjaya, R., & Josua, T. (2009). Creative Digital Marketing (1st ed., Vol. 1). PT Elex Media Komputindo.

Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada Startup Business Unicorn Indonesia. Journal of Business Studies, 4(1), 41–53.

Susiana. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Online. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 111–122.

Tazkiyah, S. A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik, Promosi dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Blibli. Com.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Andi Offset.

Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Andi.

Tulanggow, S. G., Tumbel, T. M., Walangitan, O., Administrasi, J. I., & Bisnis, A. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(3).

Wona, R., Nurfarida, I. N., & Hidayat, C. W. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Kepercayaan Belanja Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Situs Lazada. co. id (Studi Pada Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang). Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen, 5(2).

Wulandari, Z., Mulyati, A., & Tjahjono, E. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada Marketplace Shopee). Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 6(1).

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Utomo, J., Julius Nursyamsi, & Aji Sukarno. (2023). ANALISIS PENGARUH PRODUK, PROMOSI dan DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BELANJA ONLINE DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI INTERVENING . Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 100–116. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.472

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.