DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA BERINVESTASI PADA PASAR MODAL SYARIAH

Authors

  • Sutan Emir Hidayat Universitas Gunadarma
  • Rismawati Universitas Gunadarma
  • Muhammad Allif Ramadhan Universitas Gunadarma
  • Aris Ardiansyah Universitas Gunadarma
  • Ade Rangga Putra Ashary Universitas Gunadarma
  • Yudhistira Pramana Andaka Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.783

Keywords:

Pengetahuan investasi, motivasi investasi, faktor risiko, minat berinvestasi

Abstract

Tujuannya dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma untuk berinvestasi di pasar modal syariah. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan teknik sampling purposive sampling. Dengan jumlah sebanyak 100 mahasiswa dari program studi Manajemen dan Ekonomi Syariah yang dijadikan sebagai responden yang telah memenuhi sebagai kriteria. Untuk menguji metodologi dalam penelitian ini, digunakan uji validitas, reliabilitas, statistik dan analisis regresi linear berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa faktor-faktor pengetahuan investasi, motivasi investasi, dan faktor risiko memainkan peran yang signifikan dan positif dalam menentukan minat mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma untuk berinvestasi di pasar modal syariah. Adanya penelitian ini dapat membantu perusahaan untuk menyusun strategi peningkatan investor dan meningkatkan kepercayaan para investor melalui badan regulator agar membuat regulasi yang dikhususkan untuk menjalankan investasi sesuai prinsip Islam pada pasar modal syariah.

References

Dewati, et al. 2021. “DETERMINAN MINAT MAHASISWA BERINVESTASI PADA PASAR MODAL.” AKURASI Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan 3(1): 45–60.

Hariawan, et al. 2022. “Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Di Pasar Modal Syariah: Studi Kasus Di Kota Surabaya.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 9(4): 495–511.

Kasmiri dan Noval Fauziah Ramadhan. 2021. “MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA.” Jurnal DIALEKTIKA : Jurnal Ilmu Sosial 19(3).

Mubarok, Ferry Khusnul. 2022. “PERAN SOSIALISASI DAN EDUKASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH.” INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemen 18(3): 113–22.

Syaifullah, Muhammad et al. 2019. “MANAJEMEN STRATEGI GALERI INVESTASI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA UNTUK BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH.” AL-MASHRAFIYAH: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah 3(2): 108–27.

Published

2023-06-12

How to Cite

Hidayat, S. E., Rismawati, Muhammad Allif Ramadhan, Aris Ardiansyah, Ade Rangga Putra Ashary, & Andaka, Y. P. (2023). DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI MINAT MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA BERINVESTASI PADA PASAR MODAL SYARIAH. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(2), 181–186. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i2.783

Similar Articles

<< < 1 2 3 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.