ANALISIS CUSTOMERS SWITCHING BEHAVIOR PADA BANK SYARIAH DENGAN PENDEKATAN PUSH - PULL FACTORS (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK MUAMALAT KCP SERDANG)
DOI:
https://doi.org/10.56127/jekma.v2i3.944Keywords:
Kepuasan Konsumen, Norma Subjektif, Push Factors, Pull Factors, Customers Switching BehaviorAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Norma Subjektif terhadap Customers Switching Behavior Pada Bank Muamalat KCP Serdang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner serta populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Data dianalisis dengan metode regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kepuasan Konsumen sebagai Push Factors berpengaruh dan signifikan terhadap Customers Switching Behavior, variabel Norma Subjektif sebagai Pull Factors berpengaruh dan signifikan terhadap Customers Switching Behavior, serta variabel Kepuasan Konsumen sebagai Push Factors dan Norma Subjektif sebagai Pull Factor sberpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Customers Switching Behavior hal ini dapat dilihat dari pengujian koefisien determinasi dimana variasi variabel Kepuasan Konsumen dan Norma Subjektif mampu menjelaskan variabel Customers Switching Behavior sebesar 62,4%, serta variabel Norma Subjektif sebagai Pull Factors menjadi variabel dominan berpengaruh terhadap Customers Switching Behavior memiliki nilai yang lebih besar dari pada variabel Kepuasan Konsumen dengan nilai sebesar 0,240.
References
Aditia, P. S., & Tias, A. I. (2021). Pengaruh Push Pull Mooring Terhadap Switching Intention Pada Konsumen Pengguna WIFI Era Pandemi – COVID - 19. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1537 – 1548.
Abd. Wahid., (2021). Bunga Bank Konvensional Analisis Ulama Perspektif Ushul fiqh. Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah, 3(1), 71 – 85.
Abdul, W., & Niken, l., (2020). Teori Maqashid Al - Syari’ah Kontemporer Dalam Hukum Islam Dan Relevansinya Dengan Penggunaan Ekonomi Nasional. Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 94 – 110.
Adenan, M., Safitri, G. H., & Yuliati, L. (2021). Market Share Bank Syariah Terhadap Institusi Keuangan Syariah di Indonesia(The Market Share of Islamic Banks to Islamic Financial Institution in Indonesia). e-journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 75–83.
Ajzen, Icek.1991. The Theory Of Planned Behavior, Organizational Behavior And Human Decisio Processes. 50 pp:179-211.
Alya, E. Sijeon & Inggrid, F. Makaweru. (2020). Pengaruh Kemenarikan Alternatif Dan Biaya Berpindah Terhadap Niat Beralih Pengguna Kartu XL AXIATA. 13(2), 55 - 67.
Bansal, H. S., Taylor, S. F., & James, Y. St. (2005). “Migrating” to New Service Providers: Toward a Unifying Framework of Consumers’ Switching Behaviors. Journal of the Academy of Marketing Science, 33(1), 96–115. https://doi.org/10.1177/0092070304267928
FINANSIAL. (2018). Bank Muamalat Nilai Potensi Pasar Syariah di Medan Tinggi.https://finansial.bisnis.com/read/20181201/90/865276/bank-muamalat-nilai-potensi-pasar-syariah-di-medan-tinggi
Harahap, S. (2016). Pengantar Manajemen. Medan: FEBI UIN-SU Press.
Hasibuan, R. R. A. (2021). Relevansi Prinsip Ekonomi Islam dalam Pembinaan Umat Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi dan Perbankan (JESKaPe), 5, 107–120. https://doi.org/10.52490/jeskape.v5i1.1199
Heri, G, Yusuf., & Asti Ratnasari., (2022). Pengaruh Push Pull Mooring Terhadap Switching Intention Pada Pengguna Aplikasi Video On Demand Di Masa Pandemi COVID - 19, Jurnal Bisnis, 5(1), 17 - 27.
Hery. (2019). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Gramedia.
Husein, U. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Irawan, A., Indyastuti, N., & Suliyanto. (2010). Pengaruh Kualitasm Fitur, Desain, Iklan, Kepuasan Konsumen Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keinginan Berpindah Merek Handpone. Jurnal Manajemen, 11(1), 83–106.
Irwansyah A. & Mappadeceng, R. (2018). Pengaruh E-Service Quality TerhadapCustomer Loyalty Melalui Customer Satisfaction ada Toko Online Buka Lapak. J-MAS: Jurnal Manajemen dan Sains, 3(2), 12-19.
Jannah, A., & Widodo, A. (2018). Pengaruh Persepsi Bank Syariah Di Indonesia Terhadap Customer Switching Intention Dengan Customer Satisfaction Sebagai Mediator. Journal of Secretary and Business Administration, 2(1), 41–45. https://doi.org/10.31104/jsab.v2i1.27
Jannah, M. L. (2020). Determinan Minat Mahasiswa Bekerja Di Bank Syariah(Studi pada mahasiswa fakultas ekonomi universitas Muhammadiyah ponorogo). Skripsi.
Jaya, L. (2016). Faktor-faktor yang memperngaruhi customer switching behavior dalam industri retail banking pada bank bca. 52(1), 114–141.
Keaveney, S. M. (1995). Customer Switching Behavior in Service Industries: An Exploratory Study. Journal of Marketing, 59(2), 71–82. https://doi.org/10.1177/002224299505900206
Keaveney, S. M., & Parthasarathy, M. (2001). Customer switching behavior in online services: An exploratory study of the role of selected attitudinal, behavioral, and demographic factors. Journal of the Academy of Marketing Science, 29(4), 374. https://doi.org/10.1177/0307945009422.
Kementrian Agama Republik Indonesia. AL-Qur’an.
Lubis, F. A. (2018). Aplikasi Sistem Keuangan Perbankan Syariah. Human Falah: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 5(2), 270–292.
Martono. (2002). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Yogyakarta: Ekonisia.
Nelloh, L., & Liem, C. (2012). Analisis Switching Intention Pengguna Jasa Layanan Rumah Kos di Siwalankerto: Perspektif Kualitas Layanan Dan KepuasanPelanggan.JurnalManajemenPemasaran,6.https://doi.org/10.9744/pemasaran.6.1.22-31
Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Snapshot Perbankan Syariah September 2021. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Snapshot-Perbankan-Syariah-September-2021.aspx
Permana, I. (2019). Customer Switching Behavior dalam Membeli Batik dari UKM. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 1, 48–52. https://doi.org/10.35899/biej.v1i1.4
Peter J. Paul dan Olson Jerry C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. (9th ed.). Mc Graw Hill.
Pursetyaningsih. (2008). Pengaruh Harga, Reputasi, Kualitas Jasa, Promosi, Keterpaksaan Berpindah, Dan Rekomensasi Pada Perilaku Nasabah Berpindah Bank. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 1(3), 186–208. https://doi.org/10.20473/jmtt.v1i3.2371
Rahmani, N. A. B. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: FEBI Press UINSU.
Sari, E. K. (2020). Pengaruh PPM (PUSH, PULL, MOORING) Factors terhadapCustomers Switching Behavior Dari Bank Konnvensional Ke Bank Syariah Dengan Switching Cost Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Pada Bank Jateng Syariah Cabang Kota Salatiga). IAIN Salatiga.
Septifani, Riska., Fuad Achmadi., Imam Santoso. 2014. Pengaruh Green Maketing, Pengetahuan Dan Minat Membeli Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Teknologi.13(2):201-218.
Caemmerer, B., & Cattan-Jallet, R. (2013). Customer Loyalty Development: The Role Of Switching Costs. Journal of Applied Business Research, 29, 1541–1554.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfa.
Syah, S., Ibrahim, I., & Sufardi, S. (2018). Switching Behavior Nasabah Bank: Tinjauan Empiris Teori Keperilakuan Di Kota Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 5, 113. https://doi.org/10.26858/ja.v5i2.7973
Tarigan, A. A. (2015). Buku Panduan Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan: FEBI Press UIN- SU.
Thungasal, C. E. & Siagian, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Kasuari. Jurnal Ilmu Manajemen 7(1), 12-19.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Andi Publiser.
Triastiti, Rahayu & Saputro, Dwi, S. (2013). Pengaruh Sikap dan Norma Subjektif Terhadap Niat Beli Mahasiswa Konsumen Potensial Produk Pasta Gigi Pepsodent. 25(46), 1210–1213.
Trio, P . Matondang, Ir. Heru Prastawa,DEA, & Dr.A.A.S Manik M.JM,ST,MSc., (2022), Pengaruh Push Pull Dan Mooring Terhadap Keinginan Berpindah Pelanggan.
Yafiz, M. (2016). Pengantar Ilmu Ekonomi. Medan: FEBI Press UIN- SU.