PREDIKSI PERSENTASE USIA MUDA (15-24 TAHUN) YANG SEDANG TIDAK SEKOLAH, BEKERJA ATAU MENGIKUTI PELATIHAN PADA TAHUN 2030 MENDATANG
DOI:
https://doi.org/10.56127/jts.v3i2.1626Keywords:
NEET, Pendidikan dan Regresi LinearAbstract
Penelitian ini menganalisis dan memprediksi persentase anak muda usia 15-24 tahun di Indonesia yang tidak bersekolah, bekerja, atau mengikuti pelatihan (NEET) menggunakan model regresi linear berdasarkan data dari tahun 2015 hingga 2023. Latar belakang penelitian menekankan pentingnya menangani peningkatan angka NEET karena implikasi sosial ekonomi jangka panjangnya. Data dikumpulkan dari sumber resmi dan dianalisis menggunakan Google Colab. Hasilnya menunjukkan adanya tren peningkatan kecil namun konsisten dalam persentase NEET dari tahun ke tahun, dengan prediksi akan mencapai 23,34% pada tahun 2030. Tren ini menegaskan perlunya intervensi yang lebih efektif dalam pendidikan dan pasar tenaga kerja untuk mengurangi angka NEET. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun telah ada upaya untuk mengatasi masalah ini, tantangan signifikan masih ada, sehingga dibutuhkan kebijakan yang lebih kuat dan program pelatihan yang lebih tepat sasaran. Validasi lebih lanjut dan penggunaan model analisis yang lebih kompleks direkomendasikan untuk meningkatkan akurasi prediksi di masa depan.
References
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Statistik Pemuda Indonesia: Status Pendidikan dan Pekerjaan. Jakarta: BPS.
Johnson, R., Lee, T., & Kim, S. (2020). Predictive modeling of NEET rates using machine learning techniques. Journal of Social Issues, 76(2), 340-356.
OECD. (2022). Youth not in employment, education or training (NEET). OECD Publishing.
Smith, J., & Doe, M. (2021). Exploring the determinants of youth disengagement: A case study analysis. International Journal of Educational Development, 41, 50-61.
Bynner, J., & Parsons, S. (2002). Social exclusion and the transition from school to work: The case of young people not in education, employment, or training (NEET). Journal of Vocational Behavior, 60*(2), 289-309.
Eurofound. (2012). NEETs - Young people not in employment, education or training: Characteristics, costs, and policy responses in Europe. Dublin: European Foundation for the Improvement of Living and Working Conditions.
Montgomery, D. C., Peck, E. A., & Vining, G. G. (2012). Introduction to Linear Regression Analysis. John Wiley & Sons.
Scarpetta, S., Sonnet, A., & Manfredi, T. (2010). Rising youth unemployment during the crisis: How to prevent negative long-term consequences on a generation? OECD Social, Employment and Migration Working Papers, No. 106. OECD Publishing.
Yates, S., & Payne, M. (2006). Not so NEET? A critique of the use of “NEET” in setting targets for interventions with young people. Journal of Youth Studies, 9(3), 329-344.