PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE JUAL BELI ONLINE MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0

Authors

  • Waliya Rahmawanti Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/juit.v1i2.32

Abstract

Perkembangan teknologi membuat persaingan pada website jual beli semakin meningkat. Pengukuran website merupakan alat untuk mengevaluasi kualitas website agar kedepannya dapat berkembang dengan baik. Kualitas website yang baik dapat meberikan feedback bagi perusahaan untuk mempertahankan konsumen lama untuk tetap membeli produk oriflame, dan dapat menarik konsumen yang baru untuk membeli produk oriflame. Pengukuran kualitas website dengan perspektif end user adalah cara untuk mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan website oriflame Indonesia, sebab end user merupakan konsumen yang aktif menggunakan website. Pengukuran website yang dilakukan dengan perspektif end user yaitu dengan menggunakan metode webqual 4.0. Data yang digunakan adalah data primer yang dihasilkan dari hasil kuesioner. Data kuesioner yang telah diperoleh kemudian di olah dengan menggunakan regresi berganda dengan metode stepwise.

References

Oriflame.2020. Sejarah Oriflame. https://id.oriflame.com/business-opportunity. (diakses tanggal : 18 April 2020, Jam 17:59. Jakarta)

Overview id.oriflame.com. 2020. https://www.similarweb.com/website/id.oriflame.com. (diakses tgl 18 April 2020, Jam 19:04. Jakarta)

Alhasanah, J.U., Kertahadi, dan Riyadi. 2014. "Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.getscoop.com)". Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 15, No. 2, pp. 1– 10.

H. Ran, W. Zhuo, and X. Jianfeng, “Web quality of agile web development,” Proc. - 2009 IITA Int. Conf. Serv. Sci. Manag. Eng. SSME 2009, pp. 426–429, 2009.

J. Chang, T. Song, C. Li, and T. Song, “Modeling Ecommerce website quality with quality function deployment,” Proc. - IEEE Int. Conf. E-bus. Eng. ICEBE 2009; IEEE Int. Work. - AiR 2009; SOAIC 2009; SOKMBI 2009; ASOC 2009, pp. 417–422, 2009.

Z. Liu, U. Northeast Normal, U. Heilongjiang, U. Liaoning Normal, U. Dalian Jiaotong, and T. Harbin Institute of, “Diagnosing E-commerce website quality based on DEA,” 2nd Int. Conf. Comput. Sci. Netw. Technol. ICCSNT 2012, pp. 762–765, 2012.

T. Zhou and S. Zhang, “Examining the effect of E-commerce website quality on user satisfaction,” 2nd Int. Symp. Electron. Commer. Secur. ISECS 2009, vol. 1, pp. 418–421, 2009.

Sanjaya, I. 2012. "Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementerian Kominfo dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0". Jurnal Penelitian IPTEK KOM. Vol. 14, No. 1, pp. 1– 14.

Alhasanah, J.U., Kertahadi, dan Riyadi. 2014. "Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei pada Konsumen www.getscoop.com)". Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 15, No. 2, pp. 1– 10.

Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Josua. 2008 :”User Satisfaction Using Webqual Instrument : A Research On Stock Exchange Of Thailand (SET)”

Downloads

Published

2022-05-19

How to Cite

Waliya Rahmawanti. (2022). PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE JUAL BELI ONLINE MENGGUNAKAN WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmiah Teknik, 1(2), 76–83. https://doi.org/10.56127/juit.v1i2.32

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.