PERAN PROMOSI PENJUALAN MELALUI MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI MARACA BOOKS AND COFFEE
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i01.1139Keywords:
Promosi Online, Facebook, InstagramAbstract
Perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi masyarakat. Salah satu perkembangan yang terjadi adalah banyaknya individu mempunyai berbagai macam media sosial supaya tidak tertinggal dengan tren yang terjadi sekarang. Media sosial dapat menciptakan perubahan pada dunia penjualan dan pemasaran khusunya promosi dan periklanan. Rata-rata pelaku usaha bisnis saat ini mempromosikan penjualannya menggunakan media sosial yang banyak digunakan seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran promosi yang digunakan Team Maraca. Maraca Books and Coffe menggunakan media sosial Facebook dan Instagram untuk melakukan promosi. Promosi di media sosial memiliki keuntungan tersendiri, biaya yang lebih murah dan kecepatan informasi yang diterima oleh pengguna media sosial. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dalam artikel ini, menyajikan data tanpa pemrosesan manipulasi atau pengolahan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi penjualan menggunakan media sosial memiliki dampak positif dalam meningkatkan penjualan di Maraca Books and Coffe. Dengan memposting konten-konten promosi di Facebook dan Instagram Maraca Books and Coffe.
References
Andes, R. J., & Sunaryanto, L. T. (2020). Peran Promosi Penjualan Melalui Instagram Terhadap Penjualan Sayur Organik. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(1) 27-36.
Arianto, B., & Sofyan, H. (2022). Peran Media Sosial Bagi Penguatan Bisnis UMKM di Kota Serang Banten. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 6(2) 130-145.
Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021).
Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3) Hal 8920-8928.
Gill, P., Stewart, K., Treasure, E., & Chadwick, B. (2008). Methods of data collection in qualitative research: interviews and focus groups. British Dental Journal Volume 204 No.6.
Ishak, A. M., & Farida, S. N. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Kafe Tukuh Kopi Surabaya. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 12(1) 196-204.
Juni, & D. P. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu . Bandung: Pustaka Setia.
Keller, P. K. (2016). Marketing Management 15th Edition New Jersey. Pearson Pretice Hall, Inc.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi.
Nisrina, M. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Yogyakarta: Kobis.
Pamungkas, F. W., Rismayadi, B., & Sumarni, N. (2023). Peran Promosi Online Coffee Shop Yutabar Dalam Meningkatkan Penjualan. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6) Hal 9425-9431.
Pratiwi, A. M. (2020). Peran Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Online Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Satyagraha, 3(2) Hal 73-81.
Rahmawati, S. D. (2021). Pengaruh Media Sosisal Seorang Influencer Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui E-Commerce. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science, Hal 281-294.
Susan, G. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.
Swastha, B., & Irawan. (2015). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.