PENGARUH INOVASI PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, MEDIA SOSIAL DAN HARGA TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v2i6.1183Keywords:
Harga, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing, Kualitas, Pelayanan, Media SosialAbstract
Kajian artikel ini menganalisis pengaruh inovasi produk, kualitas pelayanan, media sosial, dan harga terhadap keunggulan bersaing secara parsial maupun simultan, dengan subjek penelitian pada bidang kuliner di coffee shop Kopi Nako Depok. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitaif, tahap uji dilakukan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, heteroskedastisitas, multikolinearitas, regresi linear berganda, koefisien determinasi (R2), uji F dan uji T. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data valid yang berhasil dikumpulkan sebanyak 300 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS 25. Berdasarkan hasil menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel inovasi produk, kualitas pelayanan, media social, dan harga berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Hal ini dapat dijelaskan bahwa keunggulan bersaing pada bidang kuliner minuman dipengaruhi oleh faktor inovasi produk, hal ini menjelaskan inovasi produk dalam kuliner minuman menjadi hal penting dilakukan agar memperoleh keunggulan bersaing, kualitas pelayanan secara internal memberikan pengaruh signifikan, melakukan promosi atau memperkenalkan toko atau produk menjadi keharusan di media social dan sangat efektif, dan harga walaupun bersifat psikologi yaitu persepsi harga memiliki peran sangat dipengaruhi oleh sikap individual. Inovasi produk, kualitas pelayanan, media social dan harga dalam artikel ini menjadi faktor pembentuk keunggulan bersaing, hal ini menjadi kajian dalam ilmu manajemen, perilaku konsumen dan manajemen pemasara.
References
Akbar, E. R. V. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Mc Donald’s Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Akbar, E. R. V. (2019). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Mc Donald’s Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Erza, R. D. (2022). Pengaruh Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Umkm Coffee Shop Di Kecamatan Medan Baru (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).
Firmansyah, M. A., Mahardhika, B. W., & Susanti, A. (2019). Pengaruh Strategi Diferensiasi Dan Hargaterhadap Keunggulan Bersaing Elzatta Royal Plaza Surabaya. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16(2).
Gifari, M. H., & Handayani, T. (2021). Analisis Keunggulan Bersaing Kopi Kenangan di Jakarta Selatan. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 789-805.
Haloho, E., Purba, M. L., & Idahwati, I. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Pemasaran Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Lim’s Cafe Kisaran. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(1), 1-14.
Hidayatullah, S., Patalo, R. G., & Firdiansjah, A. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas terhadap Keunggulan Bersaing Jatim Park Group.
Karinda, B. R. R., & Sulistyawati, L. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keunggulan Bersaing pada Kedai Janji Jiwa Sepanjang Sidoarjo. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 7(2), 536-540.
Maulidya, F. A. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kreativitas Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Bisnis Online Mariza Toserba Di Tengah Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Nadia, M. (2016). pengaruh atribut produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian detergen rinso di kota payakumbuh (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).
Novitasari, C. (2021). Pengaruh Orientasi Pasar, Kualitas Layanan Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada INDUSTRI SEPATU OZERO SNI Jambangan Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Nurmali, M., & Haloho, E. (2020). PENGARUH INOVASI PRODUK DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING PADA CAFÉ RILEK’S MEDAN. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(1), 62-72.
Purbasari, D. M., & Purnamasari, D. L. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap pembelian ulang. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), 43-54.
Putrantaji, R. D. S., & Oktafani, F. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Lapangan Futsal (Study Kasus Pada Ifi Futsal Bandung). eProceedings of Management, 1(3).
Setiawati, M., & Aida, W. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengaraian (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).
Setiawati, M., Aini, Y., & Aida, W. (2015). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Beli Konsumen Studi Kasus Mahasiswa Manajemen Universitas Pasir Pengaraian. Universitas Pasir Pengaraian.
Sinaga, I. B. R., & Haloho, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Champion Cafe Medan. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(1), 73-80.
Sururi, M. (2020). Pengaruh Promosi, Market Orientation Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pengusaha Furniture Di Jepara (Doctoral Dissertation, Unisnu Jepara).
Veritya, V., Adrian, F., & Farradia, Y. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Coffee Shop di Bogor (Studi kasus pada Ruang Kopi dan Syahaba Coffee). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 4(2).
Veritya, V., Adrian, F., & Farradia, Y. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Pada Coffee Shop di Bogor (Studi kasus pada Ruang Kopi dan Syahaba Coffee). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 4(2).
Wahyu, P. T., & Sigit, M. (2019, October). The Effect of Service Quality and Product Innovation toward Competitive Advantage and Implications on Interest in Reference Customers" BRI" Bank in Bengkulu Province: Case Study in" BRI" Bank Bandar Bintuhan Branch. In 2019 International Conference on Organizational Innovation (ICOI 2019) (pp. 249-253). Atlantis Press.
Yucha, N., & Cahyani, I. P. N. (2022). Strategi diferensiasi, orientasi pasar dan persepsi harga terhadap keunggulan bersaing Marketplace Shopeefood. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(3), 1377-1382.