PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK EMINA

Authors

  • Inge Lisnawati Universitas Gunadarma
  • Lia Julaeha Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i04.1529

Keywords:

Harga, Kualitas Produk, Electronic Word Of Mouth,, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina baik secara parsial maupun simultan. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen produk kosmetik Emina dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan bantuan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan media google form. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Penelitian ini menggunakan alat bantu SPSS Versi 26 untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel harga, kualitas produk, dan electronic word of mouth berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Emina.

References

Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Gramedia Putaka Utama. Kotler, P. & Keller, K, L. (2016): Marketing Management. 15th Edition. New Jersey: Pearson

Education.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016) Principles of Marketing. 16th Edition. United Kingdom: Pearson Education.

Orville, Larreche, Boyd, (2005). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.

Thompson, et.al. (2016). Crafting and Executing Strategy: the quest for competitive advantage concepts and cases, 20th Ed. (20th (International Edition)). New York: McGraw-Hill Education.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik (2nd ed.). Andi Publiser. Tjiptono, Fandy. (2016). Pemasaran Jasa-Prinsip dan Penerapan. Jakarta: Erlangga. Untoro, Joko. (2010). Ekonomi. Jakarta: Kawah Media.

Goyette et al. (2010) e-WOM Scale: Wordof-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Journal of Administrative Sciences, 27 pp. 5-23.

Hennig-Thurau, T. et. al. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 38-52.

Lin, C., Wu, Y., & Chen, J. (2013). Electronic Word-Of-Mouth: The Moderating Roles Of Product Involvement And Brand Image. Proceedings of 2013 international conference on technology innovation and industrial management, Phuket, Thailand.

Rao, Purba. (2006). Measuring Consumer Perception Through Factor Analysis. The Asian Manager (February-March).

Compas. 13 April 2022. Salah Satu Brand Favorit Millennial, Angka Penjualan Emina Tembus Rp4,5 Miliar. https://compas.co.id/article/data-penjualan-emina/ . Diakses Pada Tanggal 20 Oktober 2022.

GoodStats. 18 September 2022. 7 Merek Kosmetik Lokal Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2022. https://goodstats.id/article/7-merek-kosmetik-lokal-paling-banyak- digunakan-di-indonesia-2022-36qU3. Diakses Pada Tanggal 20 Oktober 2022.

Kemenperin RI Official Website. 27 Januari 2022. Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri Kosmetik. https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong- Industri-Kosmetik. Diakses Pada Tanggal 20 Oktober 2022.

Downloads

Published

2024-07-06

How to Cite

Lisnawati, I. ., & Julaeha, L. . (2024). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK EMINA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(04), 128–136. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i04.1529

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.