ANALISIS PEMBELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 5 TULUNGAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v3i04.1537Keywords:
Pembelajaran PPKN, Penerapan PBL, Hasil Penerapan PBLAbstract
Pendidikan adalah aspek krusial yang harus diperoleh setiap anak di Indonesia. Pendidikan berperan penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan potensi mental, moral, dan fisik. Namun, saat ini ada tantangan dalam proses pendidikan, seperti di SMPN 5 Tulungagung, di mana banyak siswa kurang memahami materi jika guru hanya menggunakan metode ceramah. Siswa juga kurang percaya diri dan tidak berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan di SMPN 5 Tulungagung, Jawa Timur, dengan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi, berfokus pada penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran PPKN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL memberikan hasil belajar yang signifikan melalui lima langkah: Mengorientasikan Siswa pada Masalah, Mengorganisasi Siswa untuk Belajar, Membimbing Penyelidikan Siswa, Mengembangkan Solusi, serta Menyajikan dan Mengevaluasi Hasil Karya. Dari hasil penelitian menunjukkan dari kelas 7B siswa yang memperoleh nilai Sangat Baik ada 9 siswa, siswa yang mendapat nilai Baik (B) sejumlah 18 siswa, Siswa yang mendapat Cukup (C) sejumlah 6 siswa. Sedangkan pada data yang diperoleh pada kelas 7C menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai Sangat Baik (A) sejumlah 9 siswa, siswa yang mendapatkan Baik (B) sejumlah 16 siswa, siswa yang mendapat nilai Cukup (C) sejumlah 8 siswa. Kesimpulannya hasil belajar menunjukkan bahwa terbukti nilai dari banyak siswa naik diatas rata-rata dan siswa lebih meningkatkan kepercayaan diri serta dapat memecahkan permasalahan dengan baik.
References
Admin SMP. (2022). Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Pemulihan
Pembelajaran. 2022. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka- sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/
Amaliyah, I. (2022). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents.
BSKAP. (2023). Surat Edaran Pendaftaran Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri Tahun Ajaran 2023/2024. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 021, 2022–2024. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/rujukan
Creswell, J. W. (2018). Penelitian kualitatif dan desain riset. Danny, T. (2011). Bab 7 SUBJEK PENELITIAN. 71–82.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Hakim, H. L. (2020). Peran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Calon Pemimpin Di Era Global. Civics Education and Social Science Journal (Cessj), 1(2), 129–143. https://doi.org/10.32585/cessj.v1i2.760.
Julyanti, E. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7–11. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1942
Kementerian, & Kebudayaan, P. dan. (n.d.). Kemendikbud: Sistem Zonasi Mempercepat Pemerataan di Sektor Pendidikan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2018/06/kemendikbud-sistem- zonasi-mempercepat-pemerataan-di-sektor-pendidikan
Kisandi, P. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Menciptakan Daya Berfikir Kritis Peserta Didik Pada.
Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal
Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mardianto. (2018). Kajian Hasil Belajar. Psikologi Pendidikan, 12–36. http://repository.uinsu.ac.id/408/5/BAB II.pdf
Moleong, L. J. (2009). Penelitian kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Simpkb. (2018). Pembelajaran 1. Konsep Dasar, Prinsip, dan Prosedur
Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kompetensi. 7–26.
Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif . bandung: Alfabeta. Google Scholar Alfabeta.
Trisiana, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v10i2.9304
Yarmayani, A., & Afrila, D. (2018). Analisis Faktor Lingkungan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 8(1), 135. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v8i1.95