Strategi Pemasaran dalam Upaya Meningkatkan Penjualan di Cafe Bucu Sanur
DOI:
https://doi.org/10.56127/jukim.v2i02.759Keywords:
Analisis, Strategi, PemasaranAbstract
Bucu Sanur adalah cafe yang terletak di Jalan Danau Buyan No.49, Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali. Dalam menjalankan usahanya Bucu Sanur dihadapkan pada masalah kurangnya strategi pemasaran yang tepat sehingga menyebabkan kurangnya brand awareness yang dapat memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dapat dilakukan Bucu Sanur untuk menghadapi ketatnya persaingan di Sanur, Bali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi dan wawancara. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, And Threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis matriks SWOT dan diagram Cartesius SWOT menempatkan Bucu Sanur pada kuadran I, yang menunjukkan kekuatan yang berorientasi pada pertumbuhan (Growth Oriented Strength).
References
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Satu Nusa: Bandung.
Fajar Nur’aini Dwi Fatimah. 2016. Teknik Analisis SWOT. Penerbit Anak Hebat Indonesia.
Jobber, D., & Fahy, J. (2019). Foundations of marketing. McGraw-Hill Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of marketing (17th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control (15th ed.). Pearson Education Limited.
Stanton, W. J. (2018). Fundamentals of Marketing. McGraw-Hill Education.
Tandenga, R., Lapian, J, V, H, L, S., dan Soegoto, S, A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pengguna Kopi Bubuk Fortorang Pada Pt. Fortuna Inti Alam. Jurnal EMBA, Hal. 1258 - 1267. Manado: Universitas Sam Ratulangi.
Watae, H, R., Worang, G, F., dan Soepeno, D. (2017). Pengaruh Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Rumah Kopi Billy Samrat Di Manado. Jurnal EMBA, Hal. 4245-4254. Manado: Universitas Sam Ratulangi.