PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARUNG BAKSO GAJAH MUNGKUR MAS BEJO WONOGIRI JAKARTA

Authors

  • Ratna Susilowati Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.155

Abstract

Bakso adalah makanan yang sangat popular di Indonesia. Hampir di seluruh jalan terdapat penjual bakso. Bakso dapat dinikmati dengan membeli pada pedagang kaki lima ataupun disajikan oleh restoran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi baik secara parsial ataupun bersama-sama terhadap kepuasan konsumen pada Warung Bakso Gajah Mungkur Mas Bejo Wonogiri. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen Warung Bakso Gajah Mungkur Mas Bejo Wonogiri Jakarta, sebanyak 114 responden berkontribusi pada penelitian ini. Data kemudian diolah dengan menggunakan SPSS Versi 25.0. Uji yang dilakukan adalah uji kuesioner, uji asumsi klasik, uji t, uji F dan uji determinasi. Hasil uji menunjukkan persamaan regresi linier berganda Y = - 0,117 + 0,258 X1 + 0,357X2 + 0,043X3. Variabel kualitas pelayanan dan harga berpengaruh parsial dan signifikan, sementara lokasi tidak berpengaruh secara parsial dan tidak signikan terhadap kepuasan konsumen Warung Bakso Gajah Mungkur Mas Bejo Wonogiri. Kontribusi kualitas pelayanan, harga dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Warung Bakso Gajah Mungkur Mas Bejo Wonogiri sebesar 81,4%.

References

Dania, Rachma. (2019). “Sejarah Bakso Berawal dari Kasih Anak kepada Ibu”. https://tirto.id/sejarah-bakso-berawal-dari-kasih-anak-kepada-ibu-eebC.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke13. Jilid 1&2. Alih Bahasa: Bob Sabran. Erlangga: Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15e Global Edition. New York: Pearson Education Limited.

Kotler, Philip And Gary Armstrong. (2018). Principle Of Marketing, 17e Global Edition. New York: Pearson Education Limited.

Rao, Purba. (2006). Measuring Consumer Perception Through Factor Analysis. The Asian Manager (February-March).

Sholikah, Isnaini., Safitri, Unna Ria., Ariestanto, A. Fidhdiarr. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

(Studi Kasus Pada Konsumen Paras Snack Di Kabupaten Boyolali Tahun 2019). Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi. Volume 8 No. 2. Halaman 41- 48.

Sofyan, Chairudin., Sepang, Jantje., Loindong, Sjendry. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WHT’S UP CAFÉ MANADO. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi. Volume 7 No. 3. Halaman 4230-4240.

Stanton, William J. (2003). Prinsip Pemasaran (terjemahan). Edisi 7, Jilid 1.Jakarta: Erlangga.

Sumarwan, Ujang, Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2022-07-31

How to Cite

Susilowati, R. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA WARUNG BAKSO GAJAH MUNGKUR MAS BEJO WONOGIRI JAKARTA. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(04), 54–63. https://doi.org/10.56127/jukim.v1i04.155

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.