HADIS DAN KONTEN MEDSOS

Authors

  • M. Fajri Yusuf Khujaimah UINSU
  • Rahmi Syahriza UINSU
  • Asrar Mabrur Faza UINSU

DOI:

https://doi.org/10.56127/jukim.v3i06.1886

Keywords:

Content analysis, Konten hadis, Media Sosial

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya bentuk konten hadis yang tersebar pada akun Lughoty.com, dan @RisalahMuslimID, tidak selalu lengkap dalam struktur sebuah hadis dan tidak selalu dinilai shahih. Penelitian ini bertujuan untuk membahas konten hadis di media sosial dalam jejaring social Facebook, Twitter, dan Instagram dengan sampel akun Lughoty.com, dan @RisalahMuslimID,. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif melalui studi pustaka yang melakukan analisis terhadap konten hadis di media sosial dengan menggunakan metode analisis isi. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah pemahaman terhadap hadis secara kontekstualisasi pada abad ke-21 dengan kemajuan teknologi di bidang informasi marak dilakukan, dan bentuk konten hadis pada Akun Lughoty.com, dan @RisalahMuslimID, tidak selalu memiliki kelengkapan struktur dalam sebuah hadis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konten-konten hadis yang terdapat di media sosial dalam jejaring sosial Facebook, dan Twitter, pada akun Lughoty.com, dan @RisalahMuslimID, tidak selalu dinilai shahih ataupun hasan begitu pula tidak semua hadis yang terdapat pada jejaring sosial memiliki kelengkapan sehingga perlu diteliti kembali hadis yang didapat untuk menemukan kebenaran atas kualitas sebuah hadis.

References

Al-Ayyubi, M. Z. (2019). Etika bermedia sosial dalam menyikapi pemberitaan bohong (hoax) perspektif hadis. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 19(2), 148. doi:10.14421/qh.2018.1902-02

Cahyana, I. M., Aeres, I., & Rijalul Fahmi, R. M. (2021). Silaturahmi melalui media sosial perspektif hadits metode syarah hadits bil ra’yi. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 3(2), 213-224.

Darmalaksana, W. (2020). Kelas menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020. Jurnal Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin, 1(2), 1-8.

Darmalaksana, W. (2021). Takhrij and syarah hadith about agrotechnology: Senna leaf plant in COVID-19 infection. International Journal of Culture and Modernity, 2, 18-22.

Edosomwan, S. (2011). SocialMedia-JAME. The Journal of Applied Management and Entrepreneurship, 16(3).

Elmatsani, H. M., Badan, P. D., & PenerapanTeknologi. (2019). JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika) desain sistem informasi kehumasan terintegrasi situs media sosial. JEPIN (Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika), 5(1), 24-31.

Ferdiansyah, A., Adrianto, L., & Sartono, B. (2017). Permodelan dinamik dan peramalan tarif angkutan pelayaran curah kering dynamic modeling and forecasting the drybulk freight. Warta Penelitian Perhubungan, 29(2), 201-218.

Handoko, I. (2017). A case study of knowledge exchange in a hierarchical mechanism. Gadjah Mada International Journal of Business, 19(1), 35-57. doi:10.22146/gamaijb.22555

Kosasih, E., Raharusun, A. S., Dalimunthe, R. P., & Abdul Kodir, A. (2020). Literasi media sosial dalam pemasyarakatan moderasi beragama dalam situasi pandemi COVID-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Lutfie, H., Suzanti, E. P. P., Sharif, O. O., & Alamanda, D. T. (2016). Which is more important? Halal label or product quality. Isclo, 2016, 224-229. doi:10.2991/isclo-15.2016.41

Mastori, M., Arifin, Z., & Iman, S. B. (2021). Historical review of ulama and umara’ relations and its implications for Islamic da’wah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 15(1), 103-126. doi:10.15575/idajhs.v15i1.9824

Mulyati, S., Dwl, V., Frp, D., ... Wdvdxi, G. (n.d.). The development of Islamic spirituality in Indonesia.

Murharyana, M., Al Ayyubi, I. I., Rohmatulloh, R., & Ikromi, S. N. (2024). The effects of Islamic religious education learning on students’ motivation. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 3(1), 1-14. doi:10.59373/attadzkir.v3i1.44

Prabowo, Y. (2021). Beragam pendekatan dalam memahami hadis nabi. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 18(1), 1. doi:10.22373/jim.v18i1.10300

Sumadi, E. (2016). Dakwah dan media sosial : Menebar kebaikan tanpa diskriminasi. At-Tabsyir, 4(1), 173-190. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/viewFile/2912/2083

Sumadi, K. (2016). Tourism development basis in traditional village of Kuta. International Journal of Linguistics, Literature and Culture, 2(3), 102. doi:10.21744/ijllc.v2i3.237

Syahputra, A., Sukmawati, E., Syafitri, R., ... Riau, U. M. (2023). Dampak buruk era teknologi informasi dan komunikasi pada remaja usia sekolah (dalam perspektif pendidikan Islam). Journal of Education Research, 4(3), 1265-1271. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/402

Syahputra, M. R. (2022). Book chapter of proceedings journey-liaison academia and society application of technology in the process of learning multimedia based hadis penerapan teknologi dalam proses pembelajaran hadis berbasis multimedia. 1(2), 271-285.

Thorstad, R., & Wolff, P. (2019). Predicting future mental illness from social media: A big-data approach. Behavior Research Methods, 51(4), 1586-1600. doi:10.3758/s13428-019-01235-z

Tsuriel, K., Gvirsman, S. D., Ziv, L., Afriat-Aviv, H., & Ivan, L. (2021). Servant of two masters: How social media editors balance between mass media logic and social media logic. Journalism, 22(8), 1983-2000. doi:10.1177/1464884919849417

Westerman, D., Spence, P. R., & Van Der Heide, B. (2012). A social network as information: The effect of system generated reports of connectedness on credibility on Twitter. Computers in Human Behavior, 28(1), 199-206. doi:10.1016/j.chb.2011.09.001

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Khujaimah, M. F. Y., Syahriza, R. ., & Faza, A. M. . (2024). HADIS DAN KONTEN MEDSOS . Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(06), 99–105. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i06.1886

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.